Pengertian Metadata, Fungsi Dan Jenis-Jenisnya Lengkap

Pengertian Metadata, Fungsi Dan Jenis-Jenisnya-Pernahkah sobat mendengar istilah medatadata? atau mungkin saat ini sedang penasaran mengenai pengertian dari metadata itu sendiri. Istilah metadata memang sering digunakan dalam suatu kalimat, apalagi jika sobat sering berkecimpung dalam dunia IT, komputer atau bidang yang ada hubungannya dengan foto dan juga video.

Pengertian Metadata, Fungsi Dan Jenis-Jenisnya Lengkap


Pada artikel kali ini, admin akan membahas secara khusus mengenai pengertian metadata, fungsi metadata dan jenis-jenisnya. Admin akan jelaskan secara terperinci dan diambil dari berbagai sumber agar apa yang admin bahas lebih berbobot nilainya. Berikut penjelasan selengkapnya.


Pengertian metadata.

Menurut power digital marketing, metadata merupakan gabungan dari 2 suku kata yaitu "meta" yang berarti deskripsi atau definisi mendasar, dan "data" yang berarti sekumpulan informasi. Jadi secara singkat, metadata adalah ringkasan detail mendasar tentang suatu data.


Jika dijabarkan secara lengkap, metadata merupakan informasi terstruktur yang menjelaskan, mendeskripsikan, menemukan atau setidaknya menjadikan suatu informasi mudah untuk ditemukan kembali, digunakan ataupun dikelola.


Metadata sering disebut sebagai data tentang data atau informasi tentang suatu informasi. Metadata mengandung informasi mengenai isi dari suatu data yang dipakai untuk keperluan managemen data/file. Jika data itu berbentuk teks, matadatanya biasanya berupa keterangan mengenai nama ruas (field), panjang field, dan tipe field.


Untuk jenis data gambar (image), metadata mengandung informasi mengenai siapa pemotretnya, kapan pemotretannya, dan setting kamera pada saat dilakukan pemotretan. Satu lagi untuk jenis data berupa kumpulan file, metadatanya adalah nama-nama file, tipe file, dan nama pengelola (administrator) dari file-file tersebut.

Pengertian Metadata, Fungsi Dan Jenis-Jenisnya Lengkap

Metadata tergolong penting karena digunakan untuk mengenali dan memproses beberapa tipe informasi penting. Hal itu dapat digunakan dalam banyak hal, khususnya untuk bidang marketing dan sales. Tidak hanya itu, metadata juga keamanan, rangking mesin pencari seperti google, organisasi dokumen dan masih banyak lagi.


Fungsi metadata.

Beberapa fungsi dari metadata antara lain :

  1. Identifikasi
  2. Managemen dan informasi
  3. Pencarian konten yang tepat
  4. Melacak dan memantau penggunaan konten
  5. mengelompokkan sumberdaya yang serupa
  6. memberikan informasi lokasi
Jenis-jenis metadata.
Metadata memiliki beberapa jenis, diantaranya ialah :
  1. Metadata administratif yaitu memberikan informasi untuk membantu mengelola sumberdaya semisalnya mengenai kapan dan bagaimana suatu informasi itu diciptakan, tipe dokumen dan teknis lainnya, serta siapa yang dapat mengaksesnya.
  2. Metadata deskriptif yaitu metadata yang mampu mengidentifikasi dan mendiskripsikan suatu informasi, biasanya metadata deskriptif juga digunakan untuk mencari dan menyeleksi sumber.
  3. Metadata struktural yaitu jenis metadata yang berguna untuk menyatukan objek digital menjadi satu kesatuan yang terstruktur dan terhubung satu sama lainnya.
Nah itulah sekilas tentang pengertian metadata, fungsi serta jenis-jenisnya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.

















Post a Comment

Previous Post Next Post