Bagian-bagian Casing Komputer/CPU, Pengertian Dan Fungsinya

Pengertian Casing Komputer/CPU Bagian-bagian Dan Fungsinya-Casing komputer merupakan sebuah wadah atau tempat dimana komponen-komponen komputer ditempatkan atau diletakkan. Biasanya casing komputer berbentuk kotak dan casing komputer ini berfungsi untuk melindungi komponen-komponen komputer atau hardware agar terhindar dari kerusakan dan sentuhan tangan langsung si pemakai.

Casing komputer ini memiliki peranan yang cukup penting, dinatara fungsi-fungsi casing komputer antara lain :

1. Sebagai pelindung hardware komputer yang ada didalam casing komputer tersebut.

2. Sebagai pendingin. 

Selain sebagai pelindung, casing komputer juga didesain untuk mengatur sirkulasi udara yang ada didalam casing agar panas yang dihasilkan oleh komponen-komponen komputer seperti prosessor, vga card dan lainnya tidak mengalami overheat/panas yang berlebih.

3. Memberi nilai estetika.

Selain berfungsi sebagai pelindung dan pendingin, casing komputer juga bisa memberikan nilai lebih dengan desain casing yang elegan, menarik serta sangat indah untuk dilihat. Bahkan produsen-produsen casing komputer berlomba-lomba menyajikan tampilan casing komputer yang sangat menarik.

4. Mengurangi kebisinga.

Meski cukup kecil dalam mengurangi kebisingan yang dihasilkan oleh komponen komputer didalam casing tersebut, namun casing komputer juga sangat membantu dalam mengurangi kebisingan.

Casing komputer didesain sedemikian rupa sehingga komponen-komponen komputer dapat diletakkan didalam casing komputer, meski rata-rata memiliki tampilan berbentuk kotak, namun didalamnya terdapat bagian-bagian casing yang memiliki fungsi masing-masing. Apa saja bagian-bagian casing komputer dan fungsinya? Berikut penjelasan selengkapnya.

Bagian-bagian casing komputer dan fungsinya.

1. Bagian depan casing komputer.

Pada umumnya bagian depan casing komputer berfungsi untuk meletakkan tombol power, restart, jack audio serta port usb dan DVD RW. Untuk casing komputer jadul juga terdapat tempat untuk meletakkan floppy disk.

Pengertian Casing Komputer/CPU Bagian-bagian Dan Fungsinya

2. Bagian dalam casing komputer.

Dibagian dalam casing komputer inilah, hampir seluruh komponen komputer diletakkan, mulai dari power supply, prosessor, dvd drive, vga card, hardisk, ram, kipas prosessor dan komponen lainnya.

Pengertian Casing Komputer/CPU Bagian-bagian Dan Fungsinya
3. Bagian belakang casing komputer.

Dibagian belakang casing komputer juga memiliki fungsi yaitu sebagai tempat menghubungan port-port dari komponen komputer baik menggunakan kabel atau lainnya dengan komponen diluar komputer seperti monitor, mouse, keyboard, dan speaker.
Pengertian Casing Komputer/CPU Bagian-bagian Dan Fungsinya

Pengertian Casing Komputer/CPU Bagian-bagian Dan Fungsinya

Demikian penjelasan mengenai pengertian casing komputer, fungsi serta bagian-bagiannya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.










Post a Comment

Previous Post Next Post