4 Langkah Mengatasi PC Atau Laptop Yang Lemot

Komputer personal atau PC dan laptop merupakan sebuah perangkat elektronik yang cukup banyak digunakan saat ini, banyak sekali manfaat dari PC adan juga laptop. Apalagi untuk seorang mahasiswa tentunya keberadaan laptop dan juga PC sangat membantu proses belajar sebagai seorang mahasiswa.

PC dan juga laptop merupakan perangkat elektronik yang juga tak luput dari masalah, masalah yang sering terjadi pada komputer dan juga laptop adalah lemot atau lola. Lemot atau lola pada komputer dan laptop disebabkan oleh banyak faktor, dan faktor yang paling dominan adalah karena panas atau overheating.

4 Langkah Mengatasi PC Atau Laptop Yang Lemot

Meski panas pada PC atau laptop yang sering menjadi penyebab utama Pc dan laptop menjadi lemot , tentunya sobat jangan mengabaikan penyebab lainnya seperti masalah pada hardware dan juga software.

Pada artikel kali ini, admin tidak akan membahas penyebab dari kompute atau laptop yang lemot karena sudah dibahas pada artikel sebelumnya. Buat sobat yang belum membacanya, silahkan klik Disini. Kali ini admin akan menjelaskan langkah-langkah cara mengatasi PC dan laptop yang lemot. Apa saja caranya? berikut penjelasan selengkapnya.

4 Langkah Mengatasi PC Atau Laptop Yang Lemot.

1. Jika komputer atau laptop sobat karena overheat atau panas yang berlebih tentunya sobat perlu membersihkan debu dan kotoran yang menjadi penyebab komputer atau laptop menjadi cepat panas. Selain debu dan kotoran yang membuat komputer atau laptop cepat panas tentunya sirkulasi udara pada casing Pc dan juga laptop juga harus diperhatikan.

Sebaiknya jangan menggunakan laptop di tas kasur karena akan membuat sirkulasi udara didalam laptop menjadi terhambat. Dan untuk pengguna PC, sobat bisa menambahkan kipas casing komputer untuk memperlancar sirkulasi udara yang ada didalam casing komputer. Selain itu, jangan letakkan casing komputer ditempat yang memiliki sirkulasi udara yang tidak bagus.

2. Uninstal aplikasi yang tidak dibutuhkan.

Aplikasi-aplikasi yang tidak sobat butuhkan sebaiknya uninstal, karena selain membuat penyimpanan dihardisk menjadi penuh, juga bisa membuat sistem operasi sobat bermasalah jika terjadi error pada aplikasi yang tidak sobat gunakan bermasalah.

3. Pasang satu antivirus.

Antivirus memiliki sistem yang akan men-scan sistem operasi setiap ada file atau aplikasi baru yang masuk, bahkan antivirus bisa disetting akan selalu melakukan scan secara otomatis secara berkala, hal tersebut tentunya membuat kerja memory RAM bertambah saat antivirus sedang melakukan proses scanning. 

Apa jadinya jika sobat memasang antivirus lebih dari satu, tentunya akan membuat kerja memory RAM semakin bertambah berat. Hal tersebut tentunya akan membuat kinerja komputer atau laptop sobat menjadi menurun dan imbasnya komputer atau laptop sobat akan menjadi lemot.

Admin menyarankan untuk memasang antivirus satu saja namun wajib terupdate setiap ada pembaharuan agar database di antivirus yang sobat instal bisa mengenali jenis-jenis virus yang baru. Dan yang paling utama adalah dengan memasang antivirus satu maka tidak begitu membebani kerja memory RAM.

4. Naikkan/Upgrade Spek PC/Laptop.

Tips yang satu ini sangat ampuh untuk mengatasi PC atau laptop yang lemot. Dengan mengupdrage beberapa kompnen pada PC atau laptop tentunya performanya akan menjadi meningkat. Untuk pengguna laptop, komponen yang bisa sobat upgrade adalah RAM dan hardisk. 

Sedangkan untuk PC, hampir seluruh komponennya bisa sobat upgrade seperti prosessor, RAM, hardisk, mainboard dan juga VGA. Untuk mengupgrade komponen PC tentunya harus disesuaikan juga dengan kebutuhan, Jika hanya untuk mengatasi komputer yang lemot tentunya dengan mengupgrade RAM sudah mampu untuk mengatasinya.

5. Defragment hardisk secara rutin.

Harddisk komputer sobat akan terfrakmentasi ke dalam ratusan bagian file di berbagai lokasi seiring berjalannya waktu dan penggunaan. Hal ini akan memperlambat respons dan kinerja komputer sobat.

4 Langkah Mengatasi PC Atau Laptop Yang Lemot

Untuk mempercepat kinerja komputer, sobat harus melakukan defragment. Dengan proses ini, semua data yang tersebar akan dikumpulkan berdasarkan tipenya sehingga membuat komputer tidak terlalu banyak memakan waktu dan lebih mudah mencarinya.

6. Cek kesehatan hardsik.

Komputer yang lemot sangat erat kaitannya dengan hardisk, hardisk yang tidak sehat seperti adanya bad sektor sangat berpengaruh dengan komputer yang lemot. Jika komputer atau laptop sobat menjadi lemot, sebaiknya cek kesehatan hardisk sobat, salah satu aplikasi yang cukup bagus untuk mengecek kesehatan hardisk adalah dengan aplikasi Hardisk Sentinel. Cara menggunakan aplikasi hardisk sentinel untuk mengecek kesehatan hardisk, silahkan klik Disini.

Demikian penjelasan mengenai 6 langkah mengetasi komputer/PC dan laptop yang lemot. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.

Post a Comment

Previous Post Next Post