2 Cara Menambahkan Angka 0 Agar Tidak Hilang Di Microsoft Excel

Microsoft excel merupakan sebuah aplikasi yang merupakan bagian dari sebuah paket software microsoft office. Microsoft excel berfungsi untuk mengolah angka menggunakan spreadsheet yang terdiri dari baris dan kolom untuk mengeksekusi sebuah perintah.

Aplikasi microsoft excel ini sangat penting dan bagus sebagai aplikasi perkantoran, oleh karena itu, sobat perlu mempelajari microsoft excel ini agar bisa mahir menggunakannya. Salah satu kesulitan bagi pemula saat menggunakan aplikasi microsoft excel ini adalah ketika menambahkan angka 0 didepan angka lainnya. 

Contohnya jika sobat akan memasukkan angka 07, maka yang terbaca di microsoft excel hanya angka 7 saja. Mengapa bisa begitu? karena dalam perhitungan di microsoft excel, angka 0 didepan angka selain 0 itu dianggap tidak ada.

Kadang kita memerlukan angka 0 didepan angka lain seperti untuk memasukkan tanggal lahir atau lainnya. Nah untuk mengakali masalah tersebut, admin mempunya 2 trik agar sobat bisa memasukkan angka 0 didepan angka selian 0 di microsoft excel. Cerikut penjelasan selengkapnya.

2 Cara menambahkan angka 0 didepan angka selain 0 di microsoft excel.

Cara yang pertama adalah dengan menambahkan tanda petik (') didepan angka 0. Tips yang satu ini memang sangat musah sekali untuk sobat terapkan. Sebelum sobat mengetikkan angka 0, terlebih dahulu sobat menambahkan tanda petik satu (') didepannya. lihat contoh gambar dibawah ini. 

Cara Menambahkan Angka 0 Di Microsoft Excel
Hasilnya akan tampak seperti gambar dibawah ini.

Cara diatas meang sangat mudah untuk dilakukan, namun jika sobat akan menambahkan banyak angka 0 depan angka lainnya maka sobat harus mengetikkan tanda petik ' tersebut secara manual. nah, jika sobat tidak ingin repot untuk menambahkan tanda petik agar bisa memasukkan angka 0 didepan angka lainnya, admin mempunyai trik yang cukup jitu lagi agar sobat tak perlu memasukkan kode apa-apa saat akan menambahkan angka 0 didepan angka lainnya, Bagaimana caranya, berikut penjelasannya.

Cara yang kedua agar sobat dapat memasukkan atau menambahkan angka 0 didepan angka lainnya di microsoft excel adalah dengan melakukan sedikit pengaturan pada spreadsheet yang sedang sobat kerjakan. Sobat perlu menggunakan format teks agar bisa menambahkan angka 0 didepan angka selain 0. Berikut langkah-langkahnya.

1. Pertama blok semua Cells atau tabel dengan mengklik tanda segitiga dipojok kiri atas lalu klik kanan pada sembarang cells dan pilih "Format Cells".


Cara Menambahkan Angka 0 Agar Tidak Hilang Di Microsoft Excel

2. Kemudian pada menu "Number" silahkan sobat pilih "Text" lalu klik Ok.
Cara Menambahkan Angka 0 Agar Tidak Hilang Di Microsoft Excel

Jika sudah selesai melakukan pengaturan seperti diatas maka sobat bisa langsung mengetikkan atau menambahkan angka 0 didepan angka lainnya tanpa memasukkan karakter string apapun. Demikian artikel mengenai cara menambahkan angka 0 angar tidak hilang di mocrosoft excel, jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.


Post a Comment

Previous Post Next Post