Cara Menulis Atau Input KK, No.KTP dan NO.HP Ke Microsoft Excel

Microsoft excel merupakan sebuah aplikasi yang sudah terbundel dalam software microsoft office. Aplikasi yang satu ini sangat berguna sekali untuk membantu pembuatan sebuah tabel atau dokumen lainnya yang melibatkan aplikasi microsoft excel ini.

Aplikasi microsoft excel ini dirancang auto calculate secara default, jadi ada beberapa teks yang jika ditulis dalam sebuah cells maka yang nampak bukan yang sobat tulis, melainkan apa yang dituju dari penulisan tersebut. Hal itu karena sistem membaca yang kita tulis diterjemahkan secara otomatis dan terbaca sebagai formula.

Contohnya jika sobat menginput atau memasukkan no.KK, Nik KTP atau angka dengan jumlah lebih dari 12 huruf maka yang terbaca akan tampak seperti tampilan dibawah ini.

Cara Menulis Atau Input KK, No.KTP dan NO.HP Ke Microsoft Excel

Lalu bagaimana cara mengatasi agar penulisan angka ktp, kk no.hp atau angka lainnya yang lebih dari 12 digit tidak terjadi error. Nah pada artikel kali ini, admin mempunya 2 trik yang cukup mudah dalam mengtasi masalah tersebut. Yang pertama adalah dengan menambahkan kode string atau tanda petik diawal angka, dan cara satu lagi adalah dengan pengaturan format text. Berikut penjelasan selengkapnya.

2 Cara Menulis Atau Input KK, No.KTP dan NO.HP Ke Microsoft Excel.

1. Menggunakan tanda petik (').

Tanda petik satu (') bisa sobat gunakan agar nomor KK, Nik.KTP atau nomor dengan digit lebih dari 12 tidak error saat diinputkan ke microsoft excel. Cara yang pertama ini dirasa sangat cukup mudah dan simple sekali, sobat tidak perlu melakukan pengaturan apa-apa selain tanda petik yang telah admin sebutkan diatas. Cara menambahkan tanda petik satu bisa sobat lihat gambar dibawah ini.

Cara Menulis Atau Input KK, No.KTP dan NO.HP Ke Microsoft Excel

2. Menggunakan format cells.
Cara diatas memang sangat mudah untuk dilakukan, namun jika sobat akan menambahkan banyak angka pada tabel-tabel berikutnya maka sobat harus mengetikkan tanda petik ' tersebut secara manual. Nah, jika sobat tidak ingin repot untuk menambahkan tanda petik agar bisa memasukkan No.KTP, KK, No.telp atau nomor lainnya yang lebih dari 12 digit maka admin mempunyai trik yang cukup jitu lagi agar sobat tak perlu memasukkan kode apa-apa. Bagaimana caranya, berikut penjelasannya.

Cara yang kedua agar sobat dapat memasukkan atau menambahkan angka lebih dari 12 digit di microsoft excel adalah dengan melakukan sedikit pengaturan pada spreadsheet yang sedang sobat kerjakan. Sobat perlu menggunakan format teks. Berikut langkah-langkahnya.

1. Pertama blok semua Cells atau tabel dengan mengklik tanda segitiga dipojok kiri atas lalu klik kanan pada sembarang cells dan pilih "Format Cells".
Cara Menulis Atau Input KK, No.KTP dan NO.HP Ke Microsoft Excel

Cara Menulis Atau Input KK, No.KTP dan NO.HP Ke Microsoft Excel
2. Kemudian pada menu "Number" silahkan sobat pilih "Text" lalu klik "Ok".
Cara Menulis Atau Input KK, No.KTP dan NO.HP Ke Microsoft Excel

Jika sobat sudah selesai melakukan pengaturan seperti contoh diatas, maka sobat akan dengan mudah memasukkan nomor dengan digit lebih dari 12 di cells dan tabel manapun tanpa mengalami error.

Demikian penjelasan mengenai cara menulis atau input KK, Nik KTP, No.Hp dan nomor lainnya dengan jumlah lebih dari 12 digit. Jika ada pertanyaan, silahkan sampaikan dikolom komentar.













Post a Comment

Previous Post Next Post