Cara Mudah Mengetahui Metadata Sebuah Foto

Cara Mengetahui Metadata Sebuah Foto-Secara garis besar, metadat merupakan informasi terstruktur yang menjelaskan, mendeskripsikan, menemukan atau setidaknya menjadikan suatu informasi mudah untuk ditemukan kembali. Penjelasan selengkapnya mengenai pengertian metadata, silahkan sobat baca pada artikel ini Pengertian metadata, fungsi dan jenis-jenisnya.


Untuk peretas atau peneliti OSINT yang mengumpulkan bukti digital, foto dapat menjadi sumber data yang kaya. Selain apa yang terlihat dalam gambar itu sendiri, metadata tentang kapan dan di mana foto itu diambil juga dapat dipulihkan. Data ini dapat mencakup perangkat tempat foto diambil, geolokasi gambar, dan karakteristik unik lainnya , sebagai sidik jari gambar sebagai tempat persinggahan yang diambil oleh orang atau perangkat yang sama.


Suatu foto memiliki metadata yang dapat sobat gali keterangannya mulai dari kapan dibuat, ukuran, serta keterangan-keterangan lainnya yang berhubungan dengan foto tersebut. Lalu bagaimana cara mengetahui metadata sebuah foto? 


Untuk mengetahui metadata sebuah foto sebenarnya cukup mudah sekali, sobat tidak perlu menggunakan tool-tool yang rumit untuk mengetahui metadatanya. Nah, pada artikel kali ini, admin akan menjelaskan secara gamblang cara mengetahui metadata sebuah foto. Berikut ulasan selengkapnya


Cara Mudah Mengetahui Metadata Sebuah Foto.

Pada artikel kali ini, admin akan memberikan cara mengetahui metadat sebuah foto lewat online atau lewat situs. Bagaimana langkah-langkahnya? Berikut ulasan selengkapnya.

Silahkan sobat buka situs berikut https://www.verexif.com/en/. Pada tampilan awal situs tersebut, sobat akan diminta untuk memasukkan foto yang akan sobat lihat metadatanya dengan cara "Upload Picture" kemudian klik "View Exif".


Setelah sobat mengklik "View Exif" maka informasi metadata yang ada difoto tersebut akan terlihat. Selain lewat situs online, sobat juga dapat melihat metadata sebuah foto menggunakan aplikasi. Disini admin menggunakan aplikasi PhoteME. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Pertama silahkan sobat download aplikasi PhotoME lewat situs berikut https://www.photome.de/download_en.html.

2. Setelah terdownload silahkan sobat instal aplikasi tersebut seperti biasa lalu jalankan aplikasi tersebut.

3. Pada tampilan awal silahkan sobat klik "Open file" lalu cari foto yang akan sobat lihat metadatanya. Maka informasi disebelah kiri merupakan informasi metadata dari foto yang sobat pilih tadi.

Demikian penjelasan mengenai cara mengetahui metadata sebuah foto, jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.






Post a Comment

Previous Post Next Post