17 Tips Cara Merawat Batre HP Agar Awet

17 Tips Cara Menghemat Agar Batre HP Awet-Batre merupakan salah satu perangkat keras handpone/HP yang cukup penting keberadaanya, hp adalah sumber arus utama pada hp. Meski sobat bisa menggunakan power bank atau charger untuk menyalakan HP, tapi tanpa adanya batre, kedua perangkat tersebut tidak berfungsi saat tidak ada batre didalam Hp sobat.


Oleh karena itu, sobat perlu merawat batre hp sobat agar awet, tidak cepat ngedrop saat digunakan. Agar batre hp sobat awet, tentunya sobat harus mengikuti prosedur penggunaan batre hp dari produsen hp tersebut serta melakukan beberapa tips yang akan admin berikan supaya batre hp sobat awet dari segi daya dan juga masa pemakaian.

10 Tips Cara Merawat  Batre HP Agar Awet


Pada artikel kali ini, admin akan khusus membahas mengenai tips cara menghemat daya batre dan merawat batre hp awat awet. Tips-tips yang akan admin sampaikan cukup jitu dalam menjaga agar batre hp sobat tetap awet. Apa saja tips-tipsnya? berikut ulasan selengkapnya.


10 Tips Cara Menghemat Agar Batre HP Awet.

1. Matikan GPS jika tidak digunakan.

Tips yang pertama adalah mematikan GPS jika tidak digunakan. Saat GPS aktif dan terhubung ke internet maka fitur GPS tersebut akan selalu mengupadate lokasi sobat, untuk mengupdate lokasi lewat GPS tentunya sangat menguras daya batre. Oleh karena itu, matikan fitur GPS saat tidak sobat gunakan agar pemakaian daya batre tidak boros.


2. Jangan gunakan hp saat sedang di cas/charger.

Tips yang satu ini sering kali dilanggar, dalam artian, kita sering menggunakan hp meski sedang di cas. penggunaan hp saat sedang di cas sangat beresiko memperpendek usia dari batre hp. Bukan saja batre hp sobat yang cepat ngedrop melainkan perangkat hp lainnya juga bisa mengalami kerusakan. 

Oleh karena itu sebaiknya jangan menggunakan hp saat sedang di cas, kecuali sesekali saja misalnya sedang ada keperluan mendesak atau keperluan lainnya yang memang dirasa penting.


3. Aktifkan fitur penghemat daya batre.

Pada hp dengan merk tertentu (tidak menyebutkan merk), memiliki fitur penghemat daya batre. Fitur tersebut sangat perlu untuk dimanfaatkan agar daya batre sobat menjadi lebih irit penggunaannya. Fitur penghemat daya batre akan menjalankan perangkat keras hp seperti prosessor dan lainnya pada mode low performa. Biasanya fitur penghemat daya batre bisa di setting otomatis aktif saat daya batre dibawah 15%.


4. Gunakan aplikasi dengan versi lite.

Aplikasi dengan versi lite merupakan aplikasi yang dibuat dengan fitur yang sederhana dibandingkan dengan aplikasi standartnya. Meski memiliki fitur yang dipangkas namun aplikasi dengan versi lite sangat efektif untuk menghemat daya batre. 

Aplikasi versi lite biasanya ditujuan untuk smartphone-smartphone jadul dengan kapasitas penyimpanan yang kecil serta memiliki daya batre yang rendah. Oleh karena itu tidak ada salahnya sobat menggunakan aplikasi versi lite untuk menghemat daya batre sobat.


5. Batasi penggunaan aplikasi yang berjalan dibelakang layar/background.

Kebanyakan aplikasi yang sobat buka ternyata masih aktif meski telah sobat tutup. Aplikasi-aplikasi tersebut berjalan dibelakang layar dan tanpa sobat ketahui akan menguras daya batre sobat sekalipun tidak benar-benar digunakan.


Untuk membatasi aplikasi tersebut agar tidak berjalan di latar belakang caranya cukup sederhana. Sobat hanya perlu ke Notifikasi > Aplikasi dan Notifikasi > Lanjutan > Baterai > Pembatasan latar belakang. Jika itu dirasa terlalu rumit, maka sobat bisa mencoba lewat aplikasi third-party bernama Greenify.


6. Hindari menginstal aplikasi yang banyak iklan.

Selain membuat batre menjadi boros, dalam jangka panjang aplikasi yang terlalu banyak iklan juga bisa memperpendek usia batre itu sendiri. 


7. Atur kecerahan layar hp.

Saat sobat mengatur kecerahan layar hp pada posisi paling rendah maka konsumsi daya batre menjadi berkurang, hal tersebut sangat membantu sobat dalam menghemat penggunaan daya batre hp. Tentunya sobat perlu pengatur kecerahan layar ponsel sobat sesuai dengan kondisi cuaca. Selain mengurangi penggunaan daya batre, mengatur kecerahan layar hp juga sangat berpengaruh terhadap mata sobat.


 8. Gunakan wallpaper statis.

Tips berikutnya untuk menghemat penggunaan daya batre adalah dengan menggunakan wallpaper yang bersifat statis. Statis dalam hal ini adalah wallpaper diam. Jika sobat menggunakan live wallpaper memang sangat terlihat keren, namun hal tersebut sangat menguras daya batre hp.

10 Tips Cara Merawat  Batre HP Agar Awet


9. Matikan pembaharuan otomatis dengan paket data.

10. Gunakan kamera seperlunya, hindari penggunaan dengan durasi lama.

11. Matikan mode getar.

12. Matikan notifikasi.

13. Hindari permukaan panas.

14. Jangan biasakan smarthpone overheat.

15. Atur sinkronisisasi.

16. Nonaktifkan fitur google assistant.

17. Aktifkan dark mode.


Demikian penjelasan mengenai tips dan cara merawat  batre hp agar awet. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.


Post a Comment

Previous Post Next Post