Tips Memilih Monitor PC untuk Gaming Yang Berkualitas

Bermain game di komputer tidak lepas dari monitor perangkat yang bernama monitor. Ya, monitor komputer merupakan output pada komputer yang berfungsi menampilkan gambar yang telah di proses oleh CPU. Tanpa adanya monitor tentunya kita tidak dapat menggunakan atau berinteraksi menggunakan perangkat komputer, namun sering kali keberadaan monitor dianggap sebelah mata. Bagi sebagian orang, asal sudah menampilkan gambar pada layar monitor maka sudah cukup.

Tips Memilih Monitor PC untuk Gaming Yang Berkualitas

Sebenarnya monitor komputer memiliki beberapa spesifikasi yang tentunya berbda-beda fungsinya meski sama-sama menampilkan gambar, contohnya jika sobat akan menggunakan komputer untuk kebutuhan gaming tentunya sobat perlu memiliki monitor yang memiliki resolusi yang cukup tinggi serta memiiliki ketajaman layar yang nyaman untuk dipandang. 

Oleh karena itu, pada artikel kali ini, admin akan memberikan beberapa tips dalam memilih layar monitor untuk kebutuhan gaming. Apa saja tips-tips nya? Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Pilih resolusi layar yang sesuai dengan kebutuhan.

Resolusi layar monitor memiliki beberapa jenis, tidak seperti jaman tahun 90an yang hanya memiliki satu jenis monitor yaitu monitor tabung. Umumnya resolusi layar sangat berpengaruh kenyaman pengguna saat sedang menggunakan komputer. Selain itu, resolusi layar juga sangat berpengaruh dengan beberapa profesi seperti desain grafis, fotografer, gammer dan sejenisnya.

2. Teknologi panel yang digunakan.

Sekarang ini, fungsi monitor komputer tidak hanya untuk menampilkan data-data dan informasi didalam CPU saja, Salah satu fungsi yang cukup penting lainnya adalah dapat memberikan kenyamanan serta kualitas gambar yang lebih tajam dan jernih sehingga mampu memanjakan mata.

Teknologi panel pada monitor saat ini ada dua macam yaitu versi TN (Twisted Nematic) dan IPS (In-Plane Switching). Versi TN memiliki keunggulan dari sisi harga dan memiliki pixel serta refresh rate yang cukup cepat. Oleh karen aitu, teknologi panel ini sering digunakan sebagai monitor gaming.

3. Akurasi warna yang dihasilkan.

Bagi sobat yang berprofesi sebagai desain grafis maupun fotografer, akurasi warna akan sangat berpengaruh terhadap hasil gambar yang sudah dibuat. Selain profesi tersebut, akurasi warna juga berpengaruh jika kita menonton film atau bermain game. Maka dari itu, pemilihan akurasi warna yang dihasilkan juga sangat berpengaruh. Untuk itu, pilihlah akurasi warna yang baik saat akan membeli monitor.

4. Kecepatan Refresh rate.

Refresh rate juga perlu menjadi perhatian. Umumnya, refresh rate pada sebuah monitor Pc di antara 60 Hz. Maksud dari “60Hz” ini adalah sobat dapat melihat pergerakan objek sebanyak 60 frame perdetik.  Umumnya, kecepatan ini sangat standar untuk perkerjaan umum.  Akan tetapi, jika profesi sobat berhubungan dengan desain grafis, animator, dan sejenisnya, kecepatan refresh rate tersebut masih tergolong kecil. Minimal kecepatan refresh rate yang harus digunakan adalah 144 Hz. Dengan kecepatan seperti itu, sobat dapat melihat grafis yang lebih smooth dibandingkan biasanya. Bahkan, saat sobat bermain game pun, Anda dapat merasakan perbedaan yang cukup signfikan.

5. Response Time.

Pada poin ini hanya dibutuhkan pada pengguna yang seorang gamer. Pada monitor untuk gaming, response time cukup berpengaruh terhadap kecepatan gerakan pada objek di dalam game. Pada umumnya, response time yang baik ada dibawah 8 ms. Hal ini bisa terlihat saat kita memainkan game-game berat.

6. Ukuran monitor.

Tips Memilih Monitor PC selanjutnya adalah ukuran monitor yang akan dipakai. Ukuran monitor saat ini juga bermacam-macam. Mulai dari ukuran standar hingga ukuran HD atau High Definition. Untuk ukuran pun sama dengan poin sebelumnya, yakni sangat berpengaruh terhadap kenyamanan pengguna dan tentunya biaya yang harus dikeluarkan.

Demikian beberapa tips mengenai cara memilih monitor komputer untuk kebutuhan gaming, banyak sekali situs-situs yang juga memberikan referensi cara memilih monitor untuk keperluan gaming dan semoga penjelasan dari admin sudah cukup untuk mewakili. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.

0 komentar

Post a Comment