Penyebab Batre HP Android Cepat Habis/Boros Dan Cara Mengatasinya

Batre pada Hp andriod merupakan perangkat keras smartphone yang memiliki fungsi yang cukup vital, dengan adanya batre maka smartphone bisa menyala atau aktif, namun perangkat keras yang satu ini tak luput dari sebuah masalah. Masalah yang sering terjadi adalah batre hp android cepat habis atau boros.

Penyebab Batre HP Android Cepat Habis/Boros Dan Cara Mengatasinya

Sebenarnya apa sih penyebabnya? Untuk menjawab pertanyaan yang satu ini memang banyak sekali faktor atau penyebabnya. Oleh karena itu, pada artikel kali ini admin akan membahas batre android yang cepat habis atau boros. Apa salah penyebabnya? berikut ulasan selengkapnya.

Penyebab Batre HP Android Cepat Habis/Boros Dan Cara Mengatasinya.

1. Batre hp sudah usang.

Perangkat keras yang satu ini juga memiliki batas waktu usia, jika batre hp android sobat sudah berumur cukup lama maka wajar saja jika batre hp android sobat cepat habis atau boros. Cara mengatasinya adalah dengan mengganti batre yang sudah usang dengan batre yang baru.

2. Banyak aplikasi yang berjalan.

Jika banyak aplikasi yang berjalan dibalik layar atau background maka konsumsi daya batre akan meningkat, hal tersebut menyebabkan batre android sobat menjadi boros. Contoh aplikasi adalah Facebook, Whatsapp, Line, Instagram atau aplikasi yang terus aktif notifikasinya. Aplikasi-aplikasi ini nih yang menyedot baterai, dan menyebabkan HP sobat jadi cepat lowbatt. Atasi dengan tutup paksa aplikasi tersebut, agar tidak memakan daya baterai kembali.

3. Charger bermasalah.

Charger adalah komponen yang berhubungan dengan batre android, jika charger hp sobat rusak atau bermasalah maka menyebabkan batre android sobat cepat habis. Charger berpotensi merusak cel-cel pada batre hp, hal ini terjadi jika sobat menggunakan charger dengan amper yang tinggi yang tidak sesuai dengan hp android sobat.

4. Kecerahan layar.

Pengaturan kecerahan layar yang disetel tinggi maka sangat berpengaruh dengan konsumsi daya batre yang cukup tinggi pula, tentunya hal tersebut menyebabkan batre android menjadi boros. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya sobat selalu sesuaikan setelan kecerahan layar agar konsumsi batre tidak tinggi.

5. Kualitas batre.

"Harga barang berbanding lurus dengan kualitasnya", slogan yang satu ini memang tidak salah untuk komponen batre. Jika sobat membeli batre dengan harga yang murah maka bisa dipastikan sobat akan mendapatkan batre kualitas KW. Batre-batre dengan kualitas seperti itu tidak memiliki masa usia yang lama, bahkan admin pernah membeli batre dengan harga murah namun setelah dipakai beberapa bulan saja kualitasnya sudah menurun. Batre terus menjadi cepat habis atau boros.

Untuk mengatasi masalah yang satu ini tidak ada jalan lain selain membeli batre original. Meski memiliki harga yang relatif tinggi tapi kualitas batre tersebut bisa dijamin.

6. Kualitas jaringan.

Jaringan internet dari provider kartu sim sangat berpengaruh dengan daya tahan batre. Jika jaringan kartu sim tidak stabil maka smartphone android sobat dipaksa bekerja keras untuk menangkap sinyal. Hal tersebut tentunya membuat konsumsi batre menjadi meningkat dan imbasnya adalah batre hp android sobat menjadi boros.

7. GPS aktif.

Jika GPS di hp android android sobat selalu aktif maka GPS akan secara berkala mengupdate posisi terkini ponsel melalui koneksi internet, hal tersebut sangat menguras batre hp android sobat. Imbasnya adalah batre hp android sobat menjadi cepat habis. 

Cara mengatasinya adalah dengan mengaktifkan GPS saat diperlukan saja, jika sobat tidak memerlukan GPS, sebaiknya di nonaktifkan.

8. Aplikasi "Pemakan" Baterai.

Sebagai pengguna Android, kalian pasti dimanjakan dengan banyak aplikasi yang bisa digunakan. Namun, harus berhati-hati karena mungkin ada satu atau beberapa aplikasi bisa membuat baterai menjadi super boros.

Untuk mengetahuinya, kalian bisa memeriksa menu Settings > Battery, guna melihat aplikasi yang 'memakan' daya baterai besar.

Adapun untuk pemeriksaan lebih rinci, bisa menggunakan aplikasi khusus monitor baterai seperti GSam Battery Monitor. Aplikasi ini akan menampilkan data pemakaian baterai dari semua aplikasi yang ada di smartphone. Jika menemukan aplikasi kurang penting yang membuat baterai boros, jangan ragu untuk menghapusnya.

9. Hardware bermasalah.

Perangkat keras hp android yang bermasalah dapat membuat batre hp sobat menjadi cepat boros. Untuk memastikan apakah ada perangkat keras hp android yang bermasalah atau rusak sebaiknya bawa smartphone sobat ke service center dari smartphone sobat akan ke teknisi-teknisi ponsel yang sudah berpengalaman.

Demikian penjelasan mengenai penyebab batre hp android sobat cepat habis atau boros. Jika ada pertanyaan, sobat bisa sampaikan dikolom komentar.

Post a Comment

Previous Post Next Post