Cara Screenshot Layar Laptop Atau PC Paling Mudah

Tangkapan layar atau biasa disebut dengan SC/Screenshot merupakan suatu gambar yang diambil oleh komputer untuk merekam tampilan layar komputer atau laptop dan piranti visual lainya seperti smartphone.

Men-screenshot tampilan layar komputer atau laptop perelu sobat lakukan jika akan membuat sebuah artikel atau memberikan informasi ke orang lain yang tampil dilayar laptop atau komputer sobat. Meski men-screenshot layar komputer atau laptop terbilang cukup mudah, namun ada diantara kita yang masih belum paham bagaimana caranya.

Sebenarnya sistem operasi windows sudah menyediakan tools screenshot yang bernama snipping tool, namun untuk menggunakan tool yang satu ini bisa dibilang cukup ribet karena sobat harus membuka aplikasi snipping tool tersebut untuk mulai menggunakannya.

Pada artikel kali ini, admin akan memberikan tips cara screenshot layar komputer yangsangat mudah, sobat hanya perlu menekan tombol yang ada dikeyboard untuk menscreenshot layar komputer atau laptop sobat. Bagaimana caranya? berikut tutorial selengkapnya.

Cara Screenshot Layar Laptop Atau PC menggunakan tombol PrtSC.

Tombol PrtCs pada keyboard berfungsi untuk menscreenshot layar komputer sobat, namun untuk mengaktifkan tombol tersebut tentunya sobat harus menginstal aplikasi screenshoot terlebih dahulu. Aplikasi yang admin gunakan untuk mengaktifkan tombol PrtSc pada keyboard adalah Lighshot.

Cara Screenshot Layar Laptop Atau PC Paling Mudah

Ya, aplikasi lightshot merupakan aplikasi screenshot layar komputer atau laptop yang bisa dibilang cukup praktis penggunaanya, sobat hanya perlu menekan tombol "PrtSc" untuk dapat mengambil tangkapan layar menggunakan aplikasi tersebut, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

1. Pertama silahkan sobat download aplikasi Lighshot Disini.

2. Setelah terunduh, silahkan sobat langsung instal aplikasi lighshot seperti biasa.

3. Setelah terinstal kemudian restart komputer atau laptop sobat. Setelah selesai restart maka aplikasi lighshot akan langsung bisa sobat gunakan.

Cara Screenshot Layar Laptop Atau PC Paling Mudah

Seperti yang telah admin jelaskan diatas, untuk menggunakan aplikasi ini, sobat hanya perlu menekan tombol "PrtSc" pada keyboard maka aplikasi lightshot akan langsung menampilkan menu untuk menscreenshot layar laptop atau komputer sobat.

Demikian penjelasan mengenai cara screenshot layar komputer atau laptop menggunakan tombol "PrtSc". Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.

Post a Comment

Previous Post Next Post