5 Penyebab Komputer Mati Sendiri Saat Booting

Pernahkah sobat mengalami sendiri komputer yang tiba-tiba mati sendiri saat proses booting. Masalah seperti itu tentunya tidak bisa dipandang remeh karena banyak penyebab yang menyebabkan komputer yang tiba-tiba mati sendiri saat booting.

Sebelum menjelaskan penyebab komputer mati sendiri saat booting, admin akan menjelaskan sedikit mengenai apa itu proses booting pada komputer.

5 Penyebab Komputer Mati Sendiri Saat Booting

Secara singkat, Booting adalah proses perjalanan perjalanan menyala komputer dari awal sampai pengambilalihan sistem operasi secara penuh terhadap perangkat komputer, dan bisa juga diartikan sebagai proses pemasukan arus listrik kedalam perangkat komputer sehingga komputer dapat berkomunikasi dengan pengguna.

Proses booting yang tidak berjalan dengan sempurna seperti mati sendiri tentunya ada kendala pada perangkat komputer itu sendiri. Disini admin akan menjelaskan 5 penyebab komputer mati sendiri saat booting. Berikut penjelasan selengkapnya.

5 Penyebab Komputer Mati Sendiri Saat Booting

1. Overheating.

Overheating atau panas berlebih pada perangkat komputer terutama pada prosessor sangat mempengaruhi proses booting. Jika panas pada prosesessor mengalami overheating maka akan terjadi gagal booting. Secara otomatis, prosessor akan mematikan sistem jika ada suhu panas yang berlebihan untuk mencegah kerusakan lain pada perangkat komputer lainnya.

2. Arus listrik tidak stabil.

Arus listrik yang tidak stabil sangat berpengaruh saat proses booting, diantara penyebab arus listrik yang tidak stabil adalah dari komponen power supply yang sudah mengalami kerusakan atau karena arus listrik dari PLN yang memang tidak stabil. Kurangnya pasokan arus listrik ke komponen komputer bisa menyebabkan komputer mengalami gagal booting.

3. Kerusakan hardware komputer.

Hardware yang mengalami kerusakan mempengaruhi sekali proses booting. Hardware-hardware yang berkaitan dengan proses booting antara lain : Power supply, Motherboard, RAM, VGA onboard atau offboard dan hardisk.

Untuk mengetahui hardware mana yang berbasalah tentunya sobat harus mempunyai skill atau pengetahuan tentang komponen-komponen komputer serta pengalaman sobat dalam menangani masalah-masalah yang ada dikomputer. Semakin sering menangani masalah-masalah pada komputer terutama masalah komputer mati sendiri saat proses booting tentunya akan memudahkan sobat dalam mengindentifikasi suatu masalah.

4. Komputer jarang dibersihkan.

Penyebab keempat yang sering terjadi adalah komputer jarang dibersihkan sehingga menyebabkan debu-debu menempel pada berbagai kompunen CPU. Seperti yang telah diketahui bahwa komponen CPU yang terlalu banyak debu yang menempel dapat berpengaruh terhadap kinerja komputer itu sendiri.

5 Penyebab Komputer Mati Sendiri Saat Booting

Contohnya saja debu yang menempel pada bagan pendingin komputer seperti pendingin komputer dapat menghambat aliran udara yang harusnya dapat mendinginkan komponen-komponen komputer seperti processor. Akibat dari debu yang menumpuk pada kipas pendingin dapat membuat udara panas di dalam komputer tidak dapat keluar sehingga beberapa komponen komputer akan cepat panas. Oleh sebab itum tidaklah mengherankan jika komputer akan mengalami kerusakan bahkan sebelum booting berlangsung.

5. Terkena Virus.

Virus komputer merupakan salah satu dari jenis malware dan virus komputer juga termasuk program yang tidak diinginkan kehadirannya pada komputer kita. Kenapa demikian? Karena virus komputer sudah pasti akan merusak program atau sistem operasi yang ada dikomputer sobat.

Adanya virus pada komputer dapat kita ketahui dengan ciri-cirinya. Salah satu ciri-ciri komputer yang terkena virus adalah komputer selalu mati sendiri ketika dinyalakan. 

Untuk mengatasi virus pada komputer ada 2 cara yaitu melakukan scanning secara menyeluruh atau melakukan instal ulang komputer itu sendiri.

Itulah 5 penyebab utama komputer yang mati sendiri saat proses booting, utnuk dapat mengatasi masalah-maslah yang admin sebutkan diatas tentunya sobat perlu memiliki keahilan khusus dalam bidang teknisi komputer. Tapi dengan membaca artikel ini, setidaknya sobat dapat memahami berbagai kemungkinan penyebab dari komputer yang sering mati sendiri saat proses booting.











0 komentar

Post a Comment