4 Cara Menghapus Virus Di Flashdisk Paling Mudah

Virus komputer dapat menyerang semua media peenyimpanan seperti hardisk, memory card dan juga flashdisk. Yang sering membuat kita jengkel adalah ketika flashdisk milik kita memiliki data-data penting seperti tugas kuliah, kantor atau data lainnya namun terkena virus komputer.

Virus komputer tidak bisa masuk dengan sendirinya ke flashdisk namun ada faktor yang menyebabkan flashdisk kita terkena virus komputer, misalnya saat sobat menghubungkan flashdisk sobat ke komputer yang sudah terinfeksi virus maka virus yang ada dikomputer bisa masuk ke komputer sobat atau saat sobat menyalin file yang telah disisipi virus ke flashdisk sobat maka flashdisk sobat juga akan terinfeksi virus komputer.

4 Cara Membersihkan Virus Di Flashdisk Paling Mudah

Lalu bagaimana cara mengatasi virus komputer yang sudah masuk ke flashdisk kita? Pada artikel kali ini, admin akan membahas dan menjelaskankan 4 cara membersihkan virus di flashdisk. Jika flashdisk sobat sedang memiliki masalah yang sama, silahkan simak uraian kali ini.

4 Cara Membersihkan Virus Di Flashdisk Paling Mudah.

1. Scan dan hapus virus di Flashdisk menggunakan antivirus.

Langkah pertama yang perlu sobat lakukan saat flashdisk sobat terserang virus adalah dengan men-scan flashdisk sobat menggunakan antivirus yang telah terupdate dengan database yang terbaru. Proses scanning berfungsi untuk memindai apakah flashdisk sobat benar-benar telah terinfeksi virus atau tidak. Jika terdeteksi adanya virus di flashdisk, segera lakukan penghapusan virus di flashdisk sobat.

Sobat bisa menggunakan antivirus yang telah terinstal dikomputer sobat atau menggunakan antivirus portable jika dikomputer belum terinstal antivirus.

2. Menggunakan fungsi CMD.

Beberapa jenis virus yang menyerang flashdisk adalah dalam bentuk shortcut aplikasi ataupun shortcut folder dalam jumlah yang banyak. Maka dari itu, ketika sobat menghubungkan flashdisk ke komputer dan terdapat banyak shortcut, maka itu adalah virus. Selain menggunakan antivirus, kita juga dapat menggunakan cara lain untuk menghapus virus pada flashdisk, yakni menggunakan CMD.

Dengan menggunakan perintah-perintah khusus pada CMD, kita dapat menghilangkan virus tanpa harus takut kehilangan data-data penting yang tersimpan pada komputer. Cara menghilangkan virus di flashdisk menggunakan CMD adalah sebagai berikut.

-Masukan flashdisk pada komputer

-Setelah flashdisk terpasang, selanjutnya Anda klik “hidden file” pada menu toolbar. Dengan begitu, beberapa file tersembunyi yang berpotensi virus dapat dimunculkan.

-Selanjutnya, bukalah program CMD dengan cara membukanya langsung pada menu-> All Program-> Accessories -> Command Prompt. Atau sobat juga bisa menulis kata “CMD” pada kotak “Search”. Nanti akan muncul CMD dengan sendirinya dan sobat tinggal klik untuk membukanya.

-Setelah CMD dibuka, cek kembali lokasi flasdisk terbuka pada partisi mana. Jika flashdisk terbuka pada partisi F, maka sobat ketik “f” pada CMD. Begitu juga jika flashdisk terbuka pada partisi G, Anda tinggal ketik “g” pada CMD.

-Berikutnya, Anda tinggal ketikan “-s -r -h /s /d” di depan partisi yang telah sobat tulis sebelumnya. Jika sudah, tinggal klik enter.

Apabila sobat sudah melakukan langkah di atas, lihatlah kembali pada flashdisk. Umumnya, data-data penting akan kembali ke semula. Namun, sobat jangan senang dulu sebab cara ini bersifat sementara. Untuk berjaga-jaga agar virus tidak muncul kembali, sebaiknya pindahkan semua file yang ada di dalam flashdisk agar nantinya kita akan format kembali.

3. Menggunakan aplikasi Removal.

Selain menggunakan antivirus yang terinstal atau antivirus portable, sobat juga bisa menggunakan aplikasi removal tool yang biasanya dikhususkan untuk menghapus jenis-jenis virus tertentu. Jadi jika sobat menggunakan aplikasi removal tool, sobat sudah memastikan terlebih dahulu jenis virus apa yang menyerang flasdisk sobat dan ada aplikasi removal tools yang dikhususkan untuk menghapus virus tersebut

4. Hapus virus secara manual.

Maksud dari hapus virus secara manual adalah sobat tidak mengandalkan bantuan apa-apa, semua murni menggunakan keahlian sobat dalam memahami sistem kerja dari virus-virus komputer. Oleh karena itu, cara yang keempat ini memerlukan keahilan khusus dan sobat sudah ahli dalam bidang komputer.

Virus komputer lebih banyak diciptakan untuk sistem operasi windows. Oleh karena itu, admin sendiri sering menghapus virus komputer secara manual pada sistem operasi linux karena virus tidak dapat aktif jika berbeda sistem operasi.

Silahkan sobat ikuti langkah-langkah diatas, jika database ativirus yang sobat gunakan sudah mampu mendeteksi virus yang menyerang flashdisk sobat maka virus yang ada di flashdisk sobat dengan mudah untuk dihapus. 

0 komentar

Post a Comment