Penyebab Baterai HP Android Cepat Panas Dan Cara Ampuh Mengatasinya

Penggunaan smartphone atau ponsel pintar saat ini sudah menjadi kebutuhan primer. Bukan hanya untuk sekedar bermain game atau bersosial media, ponsel juga bisa digunakan untuk kebutuhan perkerjaan, bisnis dan aktifitas lainnya. 

Saat ini hampir setiap orang memiliki ponsel namun banyak yang bersifat hanya pemakai. Disaaat ponsel yang dimiliki mengalami masalah, banyak diantara kita yang tidak tahu bagaimana cara mengatasinya. Salah satu masalah yang sering terjadi pada ponsel android adalah Panas.

Ya, smartphone android terutama untuk merk-merk tertentu sering sekali cepat panas jika digunakan dalam waktu yang cukup lama. Sebenarnya apa sih penyebab dari HP android (terutama pada baterai) yang cepat panas dan bagaimana cara mengatasinya?

Panas dalam perangkat-perangkat elektronik apapun sebenarnya adalah hal yang sangat wajar. Karena panas merupakan salah satu bentuk energi yang “dilepas” sebagai konsekuensi dari energi yang disalurkan oleh baterai untuk menghidupi perangkat sobat, begitu pula ponsel cerdas sobat.

Namun sobat pun harus cerdas dalam mengenali gejala-gejala penyakit yang ada terkait panas pada ponsel. Bisa jadi panas yang kadang berlebihan adalah gejala-gejala adanya kerusakan di ponsel sobat.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pada artikel kali ini admin forum komputer akan menjelaskan penyebab HP android cepat panas dan bagaimana cara mengatasinya. Berikut penjelasan selengkapnya.

Penyebab Baterai HP android cepat panas dan cara mengatasinya.
1. Banyak aplikasi yang dibuka.
Faktor yang sering menjadi penyebab baterai HP android cepat panas adalah terlalu banyak membuka apikasi secara bersamaan, kemudian menutup aplikasia-aplikasi yang dibuka hanya dengan menekan tombol "home". 

Meski terlihat sepele dan sederhana, terlalu banyak membuka aplikasi secara bersamaan sangat mudah membuat baterai Hp android sobat cepat panas karena jika sobat membuka aplikasi lalu menekan tombol home untuk keluar dan membuka aplikasi lainnya lagi, sebenarnya aplikasi yang sobat buka sebelumny abelum sepenuhnya terclose, aplikasi tersebut masih aktif dibalik layar atau background dan hal tersebut tentunya akan menguras baterai HP android sobat apalagi jika sobat membuka banyak aplikasi secara bersamaan.

Cara mengatasinya.
Jika sobat tidak ingin baterai HP android tidak cepat panas maka kegiatan yang admin sebutkan sangat tidak disarankan. Solusinya, jika sobat pengguna Android, maka tekan bagian berbentuk kotak, untuk membuka aplikasi yang masih berjalan, kemudian menutupnya. Bagi sobat pengguna iOS cukup menekan tombol home dua kali, kemudian menutupnya dengan cara menggeser aplikasi ke atas.

2. Digunakan pada suhu udara yang panas.
Jika sobat menggunakan smartphone android pada kondisi suhu udara yang panas dalam waktu yang lama maka hal tersebut juga akan berpengaruh terhadap smartphone sobat yang menjadi cepat panas. Saat sobat sedang menggunakan HP sebaiknya hindari kontak langsung dengan matahari, selain membuat baterai HP cepat panas dan cepat habis, paparan sinar matahari secara langsung dapat merusak layar sentuh pada smartphone sobat.

3. Memakai HP sambil Di charger.
Aktifitas meng-charger/Cas HP sambil digunakan sudah menjadi aktifitas yang rutin dilakukan bagi sebagian penggunna smartphone. Penggunaan HP sambil di Charger sangat mudah membuat baterai smartphone sobat cepat panas. Selain itu, memakai HP sambil dicas juga dapat membuat komponen-komponen pada smartphone sobat cepat rusak.
Penyebab Baterai HP Android Cepat Panas Dan Cara Ampuh Mengatasinya
Untuk mengatasi hal ini sebaiknya rubah aktifitas sobat yang menggunakan smartphone sambil di charger. Tidak menggunakan HP sambil di charger membuat umur baterai serta komponen-komponen lain pada smartphone sobat akan lebih awet.

4. Masalah pada sinyal.
Masalah pada sinyal HP seperti kesulitasn mencari sinyal atau sinyal tidak stabil akan membuat baterai HP cepat panas, Kenapa? Karena pada sinyal HP yang tidak stabil membuat perangkat smartphone sobat akan terus-menerus mencari sinyal, hal tersebut membuat pemakaian baterai menjadi boros dan baterai Hp sobat cepat panas. 
Penyebab Baterai HP Android Cepat Panas Dan Cara Ampuh Mengatasinya

5. Bug pada aplikasi.
Bagi sobat pengguna smartphone, bug yang ada di dalam aplikasi dan software akan menjadi penyebab hp panas dan baterai cepat habis karena prosesor tidak akan bekerja dengan optimal. Itu mengapa selalu ada pembaruan atau update. 

Sobat harus rajin melakukan update pada software dan aplikasi di hp. Dengan melakukan update atau pembaruan, akan banyak bug yang akan diperbaiki ulang, sehingga prosesor dapat bekerja secara optimal.

6. Baterai HP bermasalah.
Selain disebabkan oleh beberapa faktor yang telah disebutkan diatas, penyebab baterai HP cepat panas adalah adanya masalah pada baterai itu sendiri. Selain faktor usia, penggunaan baterai abal-abal atau baterai KW membuat baterai HP yang sobat gunakan menjadi cepat panas dan tentunya akan cepat rusak.

7. Charger bermasalah.
Jika bagian hp yang cepat panas ada di dekat port charger, maka bisa jadi penyebab hp cepat panas adalah karena charger yang bermasalah. Charger yang tidak sesuai dengan spesifikasi hp akan menyuplai daya lebih tinggi atau lebih rendah dari yang dibutuhkan. Karena arus tegangan yang diterima tidak sesuai akan menyebabkan hp cepat panas meski baterai sudah terisi penuh.
Penyebab Baterai HP Android Cepat Panas Dan Cara Ampuh Mengatasinya


8. Lupa mematikan mode "Overclock".
Beberapa tipe hp terbaru atau hp gaming dibekali fungsi ‘overclock’ yang tujuannya untuk memacu performa processor agar bisa bekerja lebih kencang dari biasanya. Fungsi ini punya banyak julukan mulai dari Performance Mode hingga Turbo Mode. 

Apapun namanya, intinya fungsi ini akan memaksa processor bekerja di kecepatan maksimal. Jika mode overclock terus menerus digunakan akan membuat processor cepat panas dan baterai terkuras lebih cepat. Solusi terbaiknya adalah matikan mode overclock ketika tidak dibutuhkan dan jangan sampai lupa mematikannya.

Demikian penjelasan mengenai penyebab baterai HP android cepat panas dan bagaimana cara mengatasinya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.

0 komentar

Post a Comment