Perbedaan Antara Whatsapp Messenger Biasa Dengan Whatsapp Business

Tidak banyak diketahui oleh kebanyakan orang bahwa aplikasi whatsapp memiliki 2 tipe whatsapp yaitu whatsapp messenger biasa dengan whatsapp business atau bisnis. Di negara indonesia sendiri masih jarang orang yang benar-benar memanfaatkan perbedaan fitur dari keduanya yang memang ditujukan untuk kepentingan yang berbeda.

Lalu apa perbedaan dari whatsapp messenger biasa dengan whatsapp business tersebut?
kedua jenis aplikasi whatsapp tersebut memiliki beberapa perbedaan yang cukup mencolok. Perbedaan-perbedaan tersebut akan admin bahas pada artikel kali ini. berikut penjelasan selengkapnya.

Perbedaan Antara Whatsapp Messenger Biasa Dengan Whatsapp Bisnis.
1. Jika dilihat dari logo whatsapp.
Jika sobat melihat logo whatsapp maka akan tampak sekali perbedaan dari keduanya yaitu untuk whatsapp business menggunakan logo huruf kapital "B" dengan latar belakang warna hijau khas dari aplikasi whatsapp. Dan untuk whatsapp messenger menggunakan logo gambar telephone.

2. Perbedaan kedua yaitu untuk aplikasi whatsapp business dapat membalas pesan secara otomatis jika mendapat pesan dari orang lain. Fitur ini sangat cocok sekali buat sobat yang memang bergelut dengan dunia bisnis agar konsumen atau orang yang mengirim pesan kepada sobat bisa langsung mendapat balasan saat mengirim pesan meski balasan tersebut adalah dari robot atau otomatis.

3. Pada whatsapp business dapat menambahkan nomor telpon rumah atau kantor.
Perbedaan yang ketiga adalah pada aplikasi whatsapp business dapat menambahkan nomor rumah atau nomor telpon kantor meskipun sah-sah saja jika sobat hanya ingin menggunakan nomor selular.

4. Adanya profil bisnis.
Aplikasi whatsapp bisnis memang diperuntukkan para pelaku bisnis dalam sekala kecil. Oleh karenanya, aplikasi whatsapp bisnis akan menuntut sobat untuk membuat profil yang berisi deskripsi bisnis, alamat email hingga alamat tempat usaha serta alamat website atau situs. Hal ini berfungsi untuk memudahkan konsumen untuk mendapatkan informasi yang penting.

5. Analisis pesan interaksi antara si penjual dan pembeli.
Pentingnya dat interaksi yang dimiliki pelaku bisnis sepertinya menjadi point yang perlu dipertimbangkan oleh pihak developer whatsapp business. Dalam aplikasi whatsapp business, sobat dapat melihat data statistik yang penting untuk mengembangkan bisnis yang sedang sobat jalankan.

6. kategori pesan masuk melalui label.
Adanya ‘label’ dalam WhatsApp Business memungkinkan sobat untuk dapat mengatur pesan masuk tertentu,. Hal ini semakin memudahkan sobat untuk mengatur komunikasi dengan konsumen agar lebih terorganisir. Fitur ini termasuk baru karena dalam versi WhatsApp biasa memang belum ada. Dengan adanya pembaharuan ini, pebisnis mengaku lebih dimudahkan dalam mengatur hal-hal yang penting.

7. Bisa memilih kategori bisnis.
Selain menginformasikan profil perusahaan seperti situs resmi, jam operasional dan lokasi, pebisnis juga dapat memilih kategori bisnis yang tersedia. Tidak selalu perusahaan besar, whatsapp bisbis juga membuka untuk UKM dan usaha kecil lainnya.

8. Centang Hijau.
Pada pembuatan akun WhatsApp Business membutuhkan verifikasi. Proses verifikasi memang membutuhkan nomor telepon akun yang cocok dengan nomor telepon bisnis milik sobat. Apabila keduanya sudah cocok, maka sobat akan mendapatkan logo centang hijau di samping nama akun. Hal ini juga menjadi pembeda antara WhatsApp Business dan WhatsApp biasa.

9. Nama dalam akun whatsapp business tidak dapat berubah.
Berbeda dengan WhatsApp pada umumnya yang dapat memudahkan sobat untuk merubah nama profil, dalam WhatsApp Business ini justru sebaliknya. Saat memulai aplikasi WhatsApp Business, sobat diminta untuk memasukkan nomor telepon.

Setelah itu kamu akan menerima kode yang dikirimkan sebagai verifikasi data. Lalu, sobat akan diminta untuk memasukkan nama akun bisnis di WhatsApp Business dan tentunya kamu akan mendapatkan peringatan awal bahwa nama dalam akun bisnis tersebut tidak bisa dirubah.

Demikian penjelasan mengenai perbedaan antara aplikasi whatsapp messenger biasa dan aplikasi whatsapp business. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.








Previous Post Next Post