Mengatasi PC Nyala/Hidup Terus Mati Lagi

Mengatasi PC Nyala/Hidup Terus Mati Lagi-Permasalahan pada komputer atau PC memang sering membuat kita pusing sendiri. Kadang ada permasalah yang sebenarnya sepele namun sangat susah untuk di tuntaskan. Seperti halnya permasalah pada PC yang akan kita bahas pada artikel kali ini.

Permasalah PC atau komputer yang bisa hidup tapi selang beberapa detik akan mati lagi sering disebabkan oleh hal sepele yang sering kita abaikan. Salah satu hal sepele dari permasalahan tersebut adalah CPU mengalami over heat atau panas yang berlebih.

Tapi permasalahan PC yang hidup sebentar kemudian mati lagi juga bia disebabkan oleh faktor lainnya yang bukan perkara sepele lagi seperti permasalahan pada motherboard. Jika motherboard sudah bermasalah tentu tidak bisa dianggap permasalahan yang sepele karena didalam motherboard itu sendiri terdiri dari berbagai komponen yang satu dengan lainnya saling berkaitan.

Penyebab komputer menyala kemudian mati lagi juga bisa disebabkan oleh faktor lain seperti permasalahan pada RAM, tegangan listrik dari PLN tidak stabil, PSU bermasalahan. Nah, untuk dapat mengatasi komputer atau PC yang hidup kemudian mati lagi maka sobat harus mengetahui dulu faktor atau penyebab hal tersebut. Jika sobat sudah bisa menganalisa penyebab dari masalah tersebut maka sobat akan lebih mudah memperbaiki komputer atau PC yang hidup sebentar lalu mati lagi.

Pada artikel kali ini, admin akan menjelaskan penyebab dari PC menyala sebentar kemudian mati lagi dan bagaimana cara mengatasinya. Berikut penjelasan selengkapnya.

Penyebab dan cara mengatasi PC atau komputer hidup lalu mati lagi.

1. Overheat. Overheat atau panas yang berlebih pada CPU merupakan faktor utama dari komputer atau PC yang mati setelah dihidupkan. Overheat pada CPU bisa disebabkan oleh kipas CPU atau prosessor yang mati, atau kecepatan putar dari kipas prosessor tersebut menurun. Batas normal kecepatan putar dari kipas prosessor adalah 2000-2500 rpm.
Mengatasi PC Nyala/Hidup Terus Mati Lagi
Jika kipas prosessor berhenti berputar maka panas yang dihasilkan oleh CPU tidak terbuang dengan sempurna sehingga CPU akan mengalami overheat. Selain rusaknya kipas prosessor, sirkulasi udara yang tidak baik pada casing komputer juga bisa menjadi penyebab CPU menjadi overheat.

Dan debu yang menumpuk pada HSF juga dapat menjadi penyebab CPU mengalami overheat.
Untuk mengatasi masalah tersebut, silahkan sobat cek satu persatu dari penyebab yang telah admin sebutkan diatas. Jika kipas prosessor mati maka sebaiknya ganti dengan yang baru.

2. Tegangan listrik PLN naik turun/tidak stabil. Tegangan listrik dari PLN yang naim turun sangat berpengaruh sekali pada komputer yang menyala kemudian mati lagi, bahkan dari beberapa pengalamana yang admin alami sendiri terkadang komputer atau PC tidak mau menyala sama sekali saat tegangan listrik PLN sedang down. Biasanya masalah tersebut sering terjadi pada daya listik 450kwh.

Cara mengatasinya adalah dengan memasang stabilizer untuk memantau kestabilan arus listrik dari PLN dan sebaiknya naikkan kapasitas dari yang memakai 450Kwh menjadi 900Kwh atau diatasnya lagi.

3. PSU bermasalah. PSU/Power supply bermasalah seperti arus bocor dari elco bisa menjadi penyebab berkurangnya pasokan listrik ke motherboar sehingga dapat membuat komputer menyala sebentar kemudian mati lagi.
Mengatasi PC Nyala/Hidup Terus Mati Lagi

Cara mengatasinya adalah dengan mengganti elco yang bocor dengan elco yang baru, jika sobat ada dana lebih maka lebih baik mengganti PSU yang rusak dengan yang baru yang memenuhi standar (bukan PSU abal-abal).

4. Motherboard bermasalah. Jika motherboard yang bermasalah maka bisa dipastikan untuk mengganti dengan motherboard yang baru karena meski sobat men-service motherboard yang rusak bisa jadi hanya bisa bertahan beberapa bulan saja.
Mengatasi PC Nyala/Hidup Terus Mati Lagi
Berdasar pengalaman admin sendiri saat memperbaiki motherboard yang rusak seperti pada chipset atau komponen lainnya, motherboard tersebut hanya bertahan beberapa bulan saja kemudian rusak lagi.

Tapi jika kerusakan pada motherboard tergolong ringan seperti kerusakan pada elco yang bocor atau hanya kotor saja maka sobat hanya perlu men-service nya saja, tidak perlu membeli motherboard baru.

Demikian penjelasan mengenai cara mengatasi komputer atau PC hidup sebentar kemudian mati lagi. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.

0 komentar

Post a Comment