5 Software Gratis Terbaik Cek Suhu Prosessor Komputer Dan Laptop

5 Software Gratis Terbaik Cek Suhu Prosessor Komputer Dan Laptop-Saat komputer atau laptop beroperasi tentu nya akan ada beberapa komponen laptop atau komputer yang menghasilkan panas saat bekerja, salah satunya adalah prosessor atau disebut juga dengan Procy atau CPU.

Suhu pada prosessor tentunya harus tetap dijaga dan dipantau kestabillannya, karena jika suhu pada prosessor melebihi batas minimal yaitu sekitar (+-80 derajat C) itu berarti prosessor mengalami overheat. Jika hal tersebut terjadi maka bisa menyebabkan komputer atau laptop restart dengan sendirinya saat sedang digunakan.

Saat ini sudah banyak aplikasi yang berfungsi untuk memantau suhu pada prosessor. Diantara beberapa aplikasi tersebut, kali ini admin akan mereview 5 aplikasi atau software terbaik dan gratis untuk memantau suhu pada prosessor. Berikut ulasan selengkapnya.

5 software terbaik cek suhu prosessor komputer atau laptop.
1. HWMonitor.
Aplikasi terbaik pertama adalah HWMonitor. Aplikasi ini dikembangkan oleh CPUID memiliki banyak fitur da fungsi didalamnya. Diantara fitur-fitur tersebut antara lain : memonitor suhu prosessor, voltase, dan pengecekan kecepatan kipas prosessor.
 Software Gratis Terbaik Cek Suhu Prosessor Komputer Dan Laptop
Software ini menyediakan informasi suhu CPU secara realtime, termasuk juga jumlah clockspeed yang sedang berjalan. Hal terbaiknya adalah, HW Monitor tersedia secara gratis dan bisa sobat unduh kapan saja dengan sajian bentuk file yang sangat kecil. Klik Disini Untuk mengunduhnya.

2. SpeedFan.
SpeedFan bisa dibilang software yang cukup lawas dan sudah sangat familiar ditelinga pengguna komputer. Selain bisa menampilkan kecepatan dari kipas prosessor, aplikasi ini juga dapat menampilkan suhu pada prosessor.
 Software Gratis Terbaik Cek Suhu Prosessor Komputer Dan Laptop
Tampilan yang ringkas dan sederhana menjadi nilai plus tersendiri untuk aplikasi yang satu ini. Admin sendiri juga cukup puas saat menggunakan aplikasi SpeedFan ini. Silahkan klik Disini untuk mengunduhnya.

3. AIDA 64 Extreme.
Aplikasi yang satu ini memiliki fitur yang tidak bisa diremehkan. Selain memiliki fitur yang cukup lengkap, termasuk juga fitur pengecekan suhu komputer, aplikasi AIDA 64 juga memiliki tampilan yang cukup sederhana dan mudah digunakan.
 Software Gratis Terbaik Cek Suhu Prosessor Komputer Dan Laptop
Silahkan klik Disini jika sobat ingin mencoba aplikasi AIDA 64 Extreme.

4. Open Hardware Monitor.
Open Hardware Monitor sebenarnya sama saja dengan HWMonitor namun dengan tambahan fitur. Selain menampilkan berapa suhu pada hardware, Open Hardware Monitor juga menampilkan frekuensi prosesor dan GPU, informasi RAM, bahkan status pada harddisk atau SSD.
 Software Gratis Terbaik Cek Suhu Prosessor Komputer Dan Laptop
Open Hardware Monitor juga dapat dikustomisasi misalnya bisa me-rename atau menyembunyikan value dan merubah offset. Sobat dapat unduh Open Hardware Monitor secara gratis di website resminya. Pastikan sobat menjalankan aplikasi ini sebagai Administrator agar dapat menggunakan fitur secara keseluruhan. Silahkan klik Disini untuk mengunduhnya.

5. Speccy.
Speecy memiliki fitur yang sangat lengkap. Bukan saja berfungsi untuk memantau atau mengecek suhu prosessor, aplikasi speecy juga dapat menampilkan berbagai informasi dari hardware yang sobat pakai.
 Software Gratis Terbaik Cek Suhu Prosessor Komputer Dan Laptop
Meski terbilang kaya akan fitur, namun aplikasi Speecy kurang detail saat menampilkan informasi suhu prosessor dibandingan dengan aplikasi lain yang telah admin sebutkan sebelumnya. Silahkan klik Disini untuk mengunduhnya.

Demikian penjelasan mengenai 5 software gratis terbaik cek suhu komputer atau laptop. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.

0 komentar

Post a Comment