Pengertian Rekber Dan Pulber Serta Tata Cara Pelaksanaannya

Pengertian rekber dan pulber-Saat sobat mendalami dunia OLShop atau tentunya tidak asing dengan istilah-istilah rekber dan juga pulber, namun buat sobat yang baru mendalami dunia OLShop lewat website, blog atau media sosial seperti facebook, instagram tentunya sangat asing dengan istilah-istilah yang admin sebutkan diatas.

Apa itu rekber dan juga pulber?
Istilah rekber dan pulber memang sangat sering dilontarkan oleh pelaku atau pegiat OLShop, baik itu dari pembeli ataupun dari penjual atau seller. Rekber dan Pulber biasanya digunakan untuk mengamankan sebuah transaksi online agar tidak terjadi tindak penipuan.

Sebenarnya apa sih arti dan pengertian dari rekber dan pulber?
Untuk menjelaskan pengertian Rekber dan Pulber, kali ini admin akan merangkum secara detail, lengkap dan jelas mengenai pengertian Rekber dan Pulber serta bagaimana cara pelaksanaannya. Berikut penjelasan selengkapnya.

Pengertian Rekber.
Rekber merupakan kependekan dari rekening bersama yang berarti rekening bersama yang digunakan kedua belah pihak yakni si penjual dan si pembeli untuk bertransaksi. Rekber disini merupakan orang yang memegang rekening bersama sebagai pihak ketiga yang bertugas menyimpan sementara pembayaran dari pembeli sebelum nantinya akan diteruskan kepada penjual.

Setelah barang diterima oleh pembeli maka uang yang ada ditangan pihak ketiga sebagai pemegang rekber akan ditransferkan kepada si penjual. Pihak Rekber sendiri akan mendapat komisi atau fee dari si penjual ataupun dari si pembeli (tergantung kesepakatan).

Pengertian Pulber.
Pulber merupakan kependekan dari Pulsa Bersama. Secara sistem, tidak ada perbedaan antara Rekber dan Pulber, hanya saja pada Pulber yang digunakan sebagai alat pembayarannya adalah Pulsa dan untuk Rekber berupa Uang.

Meski transaksi jual beli menggunakan sistem Rekber atau Pulber ini tergolong aman tapi ada saja celah yang bisa digunakan untuk menipu. Salah satu celah penipuan saat transaksi menggunakan sistem Rekber atau Pulber adalah si penjual atau pembeli menggunakan akun Cloningan dari jasa Rekber yang terpercaya untuk menyamar sebagai penyedia jasa Rekber tersebut. 
Pengertian Rekber Dan Pulber Serta Tata Cara Pelaksanaannya
Akun cloningan tersebut digunakan untuk menipu si pembeli atau si penjual (biasanya terjadi pada media sosial facebook). Oleh karena itu, sebelum sobat melakukan transaksi jual beli melalui sistem Rekber atau Pulber, sebaiknya sobat pastikan terlebih dahulu bahwa akun Rekber pihak ketiga adalah akun asli dan bukan akun cloningan.

Tata cara pelaksanaan Rekber atau Pulber.
Disini admin anggap sudah ada penjual dan pembeli yang ingin bertransaksi dengan jenis barang yaitu gamis. Tata caranya yaitu, pembeli harus mengirimkan uang kepada admin Rekber ataupun pulsa kepada admin Pulber.

Jika uang atau pulsa sudah diterima oleh admin Rekber atau Pulber maka langkah kedua yaitu penjual harus mengirimkan gamis kepada pembeli. Jika pembeli sudah menerima gamis dan sesuai dengan kriteria maka sekarang tinggal admin Rekber/Pulber mengirimkan uangnya kepada penjual.
Pengertian Rekber Dan Pulber Serta Tata Cara Pelaksanaannya
Dalam Rekber dan Pulber dikenal istilah fee yaitu biaya atau ongkos untuk admin Rekber atau Pulber. Jika yang membayar fee pihak penjual maka uang/pulsa tinggal dipotong saja oleh adminnya. Jika yang membayar fee pihak pembeli maka pengiriman uang/pulsa ditambah dengan biaya fee. Penjelasan selengkapnya mengena tata cara Rekber dan Pulber silakan baca artikel berikut ini Tips transaksi belanja aman menggunakan jasa Rekber dan Pulber.

Demikian penjelasan mengenai pengertian Rekber dan Pulber serta bagaimana tata cara pelaksanaannya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.

Related Posts

Pengertian Rekber Dan Pulber Serta Tata Cara Pelaksanaannya
4/ 5
Oleh