Apa Itu Hotspot? Pengertian Hotspot, Fungsi dan Macam Jenis hotspot (Lengkap)

Pengertian hotspot, fungsi dan jenis-jenisnya dapat sobat dapatkan pada artikel kali ini-Istilah hotspot mungkin sudah tidak asing lagi ditelingga kita, apalagi buat sobat yang selalu mengandalkan hotspot untuk berinternet ria.

Lalu sebenarnya apa sih pengertian hotspot itu sendiri?
Sebagian dari kita memang sering mengucapkan istilah istilah asing seperti hal-nya hotspot namun tidak paham artinya. Hotspot itu sendiri berasal dari bahasa inggris namun kita mengadopsi kata-kata tersebut untuk penyebutan suatu kata.
Apa Itu Hotspot? Pengertian Hotspot, Fungsi dan Macam Jenis hotspot (Lengkap)
Pengertian Hotspot.
Hotspot merupakan area dimana seseorang bisa terhubung ke internet secara wireless (nirkabel atau tanpa kabel) dari PC, laptop, netbook ataupun perangkat gadget dalam jangkauan radius yang terbatas. Perangkat yang digunakan untuk menghubungkan komputer, laptop atau gadget secara wireless adalah WiFi.

Lokasi-lokasi atau area hotspot biasanya banyak ditemukan di tempat-tempat umum seperti, sekolah, bandara, universitas, toko, cafe, mall, hotel, supermarket dan tenpat-tempat umum lainnya.

Fungsi Hotspot.
Dari penjelasan mengenai pengertian hotspot maka dapat diambil kesimpulan fungsi hotspot adalah agar sobat dapat mengakses internet seperti browsing, chating, transaksi bank dan lain sebagainya.

Hotspot biasanya memiliki area yang terbatas, namun sobat dapat mempeluas area hotspot dengan menggunakan bantuan atau alat seperti antena omni eksternal.

Jenis-jenis atau macam-macam hotspot.
Hotspot terbagi menjadi beberapa jenis yang kesemua-nya memiliki perbedaan, jenis-jenis atau macam-macam hotspot tersebut antara lain :

1. Free Hotspot.
Free Hotspot atau hotspot gratis ini merupakan jenis hotspot yang biasanya dapat di akses secara publik, dimana orang-orang yang berada diarea free hotspot tersebut dapat mengaksesnya dengan bebas tanpa tarif.

Free hotspot atau hotspot gratis ini biasanya disediakan sebagai fasilitas tambahan untuk pelanggan yang dioperasikan di hotel, restoran, taman bermain, stasiun kereta, cafe, dan fasilitas lainnya

2. Hotspot Berbayar
Tidak semua Hotel, Cafe atau perusahaan mau memberikan layanan hotspot secara gratis dikarnakan biaya sewa yang cukup mahal. Sebab itulah, mereka biasanya memutuskan untuk menyediakan fasilitas hotspot berbayar kepada pengguna untuk menutupi biaya layanan internet yang mereka sewa dari Internet Service Provider (ISP).

3. Hotspot Berbayar ke Operator WiFi Hotspot
Jenis Hotspot berbayar ini seperti Wifi ID, Hyper Hotspot, Biznet Hotspot, Maxindo, NusaNet, D~NET merupakan layanan jaringan internet Indonesia yang memiliki banyak pengguna mobile. Jenis HotSpot ini biasanya sangat diminati oleh orang-orang yang sering bepergian jauh seperti traveler atau pengusaha yang sering melakukan bisnis.

Demikian penjelasan mengenai pengertian hotspot, fungsi serta jenis-jenisnya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.














Related Posts

Apa Itu Hotspot? Pengertian Hotspot, Fungsi dan Macam Jenis hotspot (Lengkap)
4/ 5
Oleh