Cara Mengatasi Out Of Range Pada Windows 10 100% Berhasil

Cara Mengatasi Out Of Range Pada Windows 10-Bagaimana cara mengatasi Out Of Range pada windows 10? Mungkin kata-kata tersebut yang sobat ketikkan di mesin pencari google saat menghadapi masalah out of range pada windows. Out of range merupakan suatu kondisi dimana layar monitor menjadi blank dan hanya terdapat pesan "Out Of Range" pada layar monitor.

Pesan out of range pada layar monitor terjadi karena sobat mensetting resolusi layar melebihi dari kemampuan monitor yang sobat gunakan. Biasanya layar blank dan adanya pesan Out Of Range pada layar monitor akan terjadi hanya beberapa detik saja. 

Setelah itu, windows akan mengembalikan settingan resolusi seperti semula. Namun berdasar pengalaman dari admin sendiri, kadang membiarkan beberapa detik saat terjadi out of range pada layar monitor tidak menyelesaikan masalah.

Jika setelah dibiarkan beberapa detik namun layar monitor tetap saja blank maka sobat bisa me-restart komputer atau laptop kemudian tekan f8 berulang-ulang hingga masuk ke menu safe mode.
Didalam safe mode, sobat bisa mengatur resolusi agar normal kembali atau melakukan beberapa pengaturan seperti hapus driver kartu grafis dan lain sebagainya dengan tujuan agar sistem operasi windows berjalan normal kembali saat masuk ke desktop tanpa melalui safe mode.

Namun cara diatas hanya berlaku untuk pengguna sistem operasi windows 8 kebawah. Untuk pengguna sistem operasi windows 10 tidak bisa diterapkan karena fitur untuk masuk ke safe mode menggunakan tombol f8 pada windows 10 telah dihilangkan.

Lalu bagaimana cara mengatasi out of range pada windows 10? Untuk mengatasi out of range pada windows 10, admin mempunyai satu trik yang sangat ampuh untuk, namun trik ini hanya berlaku untuk komputer yang terpasang VGA eksternal atau VGA offboard. Caranya adalah sebagai berikut :

1. Pertama matikan komputer sobat dan silahkan sobat cabut VGA addon yang terpasang pada komputer sobat, kemudian hubungkan kabel VGA dengan VGA onboard yang ada pada motherboard sobat.
Cara Mengatasi Out Of Range Pada Windows 10 100% Berhasil
2. Nyalakan komputer sobat. Dengan trik seperti itu maka komputer akan berjalan dengan normal. Lalu hapus driver dari VGA addon yang tadi sobat lepas dari komputer.

3. Setelah driver VGA di uninstal, kemudian matikan komputer sobat dan pasang kembali VGA addon atau VGA offboard yang tadi sobat copot.

4. Setelah terpasang, nyalakan kembali komputer sobat dan instal driver kembali VGA addon yang tadi sobat uninstal.

Dengan menggunakan trik diatas maka bisa dipastikan komputer sobat akan kembali normal kembali. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.


Related Posts

Cara Mengatasi Out Of Range Pada Windows 10 100% Berhasil
4/ 5
Oleh