8 Cara Mengatasi Komputer Nyala Tapi Tidak Tampil Di Monitor Paling Ampuh

Mengatasi Komputer Nyala Tapi Tidak Tampil Di Monitor atau no signal-Masalah pada perangkat komputer memang sangat beragam sekali, mulai dari permasalah yang ringan seperti nge-hang hingga permasalah yang cukup berat seperti komputer mati total.

Banyak permasalahan-permasalahan pada komputer dan laptop yang sudah admin share pembahasannya pada blog forum komputer ini, dan salah satu permasalahan yang akan admin bahas kali ini adalah komputer bisa menyala atau hidup namun tidak tampil dilayar monitor.
Cara Mengatasi Komputer Nyala Tapi Tidak Tampil Di Monitor Paling Ampuh

Permasalah komputer yang hidup tapi layar monitor tidak menampilkan apa-apa alias blank hitam memang bikin pusing kepala karena banyak faktor yang menyebabkan permasalah itu terjadi.
Faktor-faktor atau penyebab komputer nyala tapi tidak tampil dilayar monitor antara lain :

1. Monitor bermasalah.
Monitor yang rusak tentu sangat berpengaruh dengan masalah yang sedang kita bahas kali ini karena monitor itu sendiri adalah perangkat komputer yang berfungsi untuk menampilkan gambar. Sebelum sobat mengecek komponen-komponen komputer lainnya sebaiknya sobat cek monitor komputer milik sobat terlebh dahulu.

2. Kabel VGA bermasalah.
Selain VGA yang mempengaruhi tampilan layar monitor, kabel VGA juga turut andil dalam mentransfer data dari VGA untuk ditampilkan di layar monitor. Pemasangan kabel VGA pada port VGA di monitor maupun di port motherboard yang kendor atau tidak menancap dengan benar bisa menjadi penyebab monitor tidak menampilkan apa-apa.
Cara Mengatasi Komputer Nyala Tapi Tidak Tampil Di Monitor Paling Ampuh
Selain itu, kabel monitor yang memang sudah rusak juga bisa menjadi penyebab komputer hidup namun tidak menampilkan gambar pada layar monitor.

3. VGA bermasalah.
VGA berfungsi untuk menampilkan gambar pada layar monitor, oleh karena itu faktor dari VGA sering kali menjadi penyebab layar monitor blank alias tidak menyala sama sekali meski komputer hidup.

4. RAM bermasalah.
RAM merupakan salah satu komponen yang berfungsi untuk mentransfer data dan sebagai media penyimpanan sementara. RAM yang bermasalah dapat menyebabkan layar monitor tidak menampilkan apa-apa.

5. Motherboard bermasalah.
Jika sudah masuk ke pembahasan motherboard maka akan sangat komplek sekali permasalahannya karena didalam motherboard itu sendiri terdiri dari berbagai macam komponen yang satu dengan lainnya saling berkaitan. Kerusakan pada motherboard juga dapat menyebabkan komputer hidup tapi tidak dapat menampilkan apa-apa pada layar monitor.

Setelah menjelaskan berbagai macam penyebab dari komputer hidup tapi tidak dapat menampilkan gambar pada layar monitor, selanjutnya admin akan menjelaskan mengenai cara mengatasinya. Berikut penjelasan selengkapnya.

Cara mengatasi komputer nyala atau hidup tapi tidak tampil di layar monitor.
Untuk memperbaiki dan mengatasi komputer nyala tapi tidak tampil dilayar monitor, silahkan sobat ikuti beberapa langkah pengecekan komponen komputer untuk memastikan komponen manakah yang bermasalah.

1. Sebelum sobat mengecek komponen lain, silahkan sobat cek monitor sobat terlebih dahulu. Kadang permasalahan yang diluar perkiraan kita bisa menjadi penyebabnya.
Silahkan sobat cek komputer sobat dengan menggunakan monitor yang lain, jika hanya punya satu, silahkan pinjam ke tetangga, teman atau saudara yang memiliki monitor. Hal tersbeut bertujuan untuk memastikan apakah monitor sobat yang bermasalah atau ada komponen lain yang bermasalah.

2. Jika monitor sobat tidak bermasalah, silahkan sobat lakukan pengecekan yang kedua yaitu mengecek kabel VGA/HDMI. Cek juga pemasangan dari kabel tersebut dari CPU ke monitor apakah kendor, tidak terpasang dengan benar atau ada pin pada konektor kabel VGA atau pada slot yang patah.

Selain pengecekan diatas, coba sobat ganti kabel VGA dengan kabel VGA yang lainnya untuk memastikan apakah ada kerusakan pada kabel VGA yang sobat pakai.

3. Pengecekan yang ketiga adalah pengecekan pada VGA card. VGA card atau kartu grafis yang bermasalah menyebabkan monitor tidak tampil sama sekali. Silahkan sobat copot VGA card atau kartu grafis yang terpasang pada CPU sobat dan sambungkan kabel VGA ke VGA onboard untuk memastikan apakah VGA card yang sobat pakai bermasalah atau tidak.

4. Cek kondisi RAM.
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kerusakan pada RAM dapat menyebabkan monitor tidak bisa menampilkan apa-apa. Selain rusak, pemasangan RAM yang tidak benar juga dapat menyebabkan komputer hidup tapi tidak ada tampilan gambar di layar monitor.
Cara Mengatasi Komputer Nyala Tapi Tidak Tampil Di Monitor Paling Ampuh
Pengecekan kerusakan yang paling sederhana adalah dengan memindahkan RAM ke slot lain yang masih kosong atau dengan mengganti dengan RAM yang benar-benar terjamin masih normal. Selain pengecekan diatas, cek juga kondisi dari RAM itu sendiri, apakah ada pin pada kaki-kaki RAM yang terkena korosi atau berdebu.

5. Ada satu hal yang disepelekan namun bisa menjadi penyebab komputer menyala namun tidak dapat menampilkan gambar pada layar monitor yaitu kondisi tegangan listrik PLN. Soalnya admin pernah mengalami permasalahan tersebut. Waktu itu ada teman admin yang membeli seperangkat komputer baru, saat ditest di toko masih normal tak ada masalah apapun tapi saat dinyalakan di rumah tidak ada tampilan pada layar monitor meski komputer sudah dihidupnya.

Setelah di cek satu persatu ternyata tegangan listrik PLN dirumah teman admin yang hanya 450W dan digunakan untuk berbagai keperluan bisa menyebabkan power supply kekurangan daya, hal tersebut tentunya menyebabkan komputer bisa hidup namun tidak dapat menampilkan gambar dilayar monitor.

6. Cek motherboard komputer sobat.
pengecekan motherboard yang bisa sobat lakukan adalah dengan melihat fisik dari elco-elco apakah ada yang hamil sehingga arus listrik bocor, sedangkan pengecekan pada motherboard yang lebih spesifik seperti chipset dan lainnya sebaiknya serahkan kepada ahlinya untuk memastikan apakah motherboard yang sobat gunakan bermasalah atau tidak.

7. Cek PSU.
Turunnya suplay listrik dari PSU ke motherboard dan perangkat lainnya menyebabkan  monitor tidak dapat menampilkan gambar sama sekali, cek apakah arus listrik dari power suplly ke CPU stabil atau tidak.

8. Kembalikan pengaturan BIOS ke default.
Langkah terakhir yang dapat sobat ambil kalau cara-cara mengatasi komputer yang nyala tapi tidak tampil di monitor sebelumnya tidak berhasil adalah kembalikan pengaturan atau setting BIOS ke default. Pasalnya, BIOS yang salah dapat memicu gangguan, termasuk monitor komputer yang tidak bisa menampilkan apa pun. Bagaimana caranya?

Untuk mengembalikan pengaturan BIOS ke default, lepaskan baterai CMOS dan pasang lagi ke PC. Dengan begitu, pengaturan BIOS pada PC sobat akan menjadi default. Namun, sobat harus hati-hati melakukannya supaya komponen PC yang lain tidak mengalami kerusakan.

Demikian penjelasan mengenai cara mengatasi komputer nyala atau hidup tapi tidak menampilkan gambar dilayar monitor. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.

Related Posts

8 Cara Mengatasi Komputer Nyala Tapi Tidak Tampil Di Monitor Paling Ampuh
4/ 5
Oleh