Cara Menampilkan Ekstensi File Pada Windows 10

Bagaimana cara menampilkan ekstensi file di windows-Ekstensi file adalah sebuah penanda yang ditetapkan sebagai akhiran untuk sebuah nama file komputer. Ekstensi file memperlihatkan karakteristik dari isi file serta tujuan penggunaannya. Contohnya ekstensi file .exe berfungsi sebagai file eksekusi dari sebuah program atau aplikasi.

Secara umum, ekstensi file mengandung 3 (tiga) karakter. Terdiri dari gabungan antara huruf dan angka yang secara textual mewakili jenis dari file tersebut. Ekstensi file terletak di akhir nama file dengan karakter titik sebagai pemisah keduanya.

Sebagai contoh file dengan nama Musik.mp3. Ini dapat diartikan bahwa Musik adalah nama file dan mp3 adalah ekstensinya, sedangkan tanda titik digunakan sebagai pemisah diantara keduanya.
Ekstensi file pada windows secara default sifatnya adalah tersembunyi atau terhidden. Jika sobat ingin merubah ekstensi dari sebuah file ke ekstensi lainnya maka sobat perlu menampilkan dulu ekstensi file yang terhidden atau tersembunyi tersebut.

Lalu bagaimana cara menampilkan ekstensi file pada windows 10?
Untuk menampilkan ekstensi file pada windows 10, sobat hanya perlu melakukan beberapa langkah yang akan admin jelaskan berikut ini.

Cara menampilkan ekstensi file yang tersembunyi di windows 10. 1. Buka menu "Windows Explorer", kemudian "View".
Cara Menampilkan Ekstensi File Pada Windows 10

2. Kemudian ceklis atau centang pada "File Name Extensions".
Cara Menampilkan Ekstensi File Pada Windows 10

Jika sobat ingin menampilkan juga file atau folder yang tersembunyi pada windows 10, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Pertama silahkan sobat klik windows explorer, kemudian klik tab "View" lalu klik menu "Options" selanjutnya klik "Change folder and search options" (lihat gambar dibawah ini).
Cara Menampilkan Ekstensi File Pada Windows 10

2. Kemudian pada halaman yang muncul, silahkan sobat klik tab "View" lalu ceklis pilihan "Show hidden files, folders, and drives" kemudian klik "Apply" lalu klik "Ok" (lihat gambar dibawah ini).
Cara Menampilkan Ekstensi File Pada Windows 10

Demikian penjelasan mengenai cara menampilkan ekstensi file pada windows 10. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.















Related Posts

Cara Menampilkan Ekstensi File Pada Windows 10
4/ 5
Oleh