Cara Ampuh Memperbaiki RAM Yang Mati Total

Cara Memperbaiki RAM Yang Mati Total-Tidak bisa dipungkiri lagi, RAM merupakan komponen komputer yang cukup vital keberadaannya. Jika sebuah RAM mengalami masalah maka bisa menyebabkan komputer tidak bisa menyala sama sekali alias mati total. Meski kerusakan pada RAM hanya ringan atau sepele namun tetap saja membawa dampak yang signifikan buat komputer itu sendiri. Diantara tanda-tanda RAM bermasalah antara lain :
1. Komputer mati total.
2. Komputer sering restart sendiri.
3. Bluescreen of the death (BSOD).
4. Komputer menyala sebentar terus langsung mati sendiri.
5.  Black screen.

Dari tanda-tanda RAM yang bermasalah diatas tentunya kondisi RAM dalam keadaan bisa digunakan namun memiliki masalah yang tergolong ringan seperti berdebu, korosi pada pin RAM, atau mungkin hanya pemasangan RAM yang tidak benar pada slot RAM. Namun apa jadinya jika sebuah RAM sudah mati total, tentunya hal tersebut membuat komputer tidak bisa dinyalakan sama sekali.

Jika RAM komputer mati total biasanya jika dibawa ke tukang service maka akan langsung diganti dengan RAM yang baru. Tapi sebelum sobat memutuskan untuk membawa ke tukang service komputer, alangkah baiknya jika sobat menerapkan tips yang akan admin bagikan yaitu cara memperbaiki RAM yang mati total.

Dalam tips ini tentunya tidak sepenuhnya bisa diterapkan pada semua RAM yang mati total. Ada sebagian RAM yang mati total namun masih bisa diperbaiki, namun banyak juga RAM yang mati total dan tidak bisa diperbaiki lagi karena mengalami kerusakan yang sangat parah seperti pin pada kaki-kaki RAM yang sudah tidak utuh lagi seperti tergores, korosi yang sangat fatal ataupun pin pada kaki RAM ada yang sudah patah namun sedikit ataupun sebagian.

Admin sendiri pernah iseng-iseng memperbaiki RAM yang mati total dengan tips yang akan admin bagikan, hasilnya 6 dari 8 RAM yang admin perbaiki bisa normal kembali alias bisa digunakan lagi. Bagaimana caranya? Silahkan simak penjelasannya dibawah ini.

Cara ampuh memperbaiki RAM yang mati total.
1. Langkah pertama silahkan sobat coba melakukan perbaikan ringan dengan cara bersihkan seluruh Pin konektor yang ada pada kaki-kaki RAM. Sobat bisa membesihkan Pin RAM dengan menggunakan penghapus pensil.
Cara Ampuh Memperbaiki RAM Yang Mati Total
Gosok-gosokkan penghapus pensil tersebut ke seluruh bagian pin konektor RAM secara teratur dan hati-hati, sampai pin konektor tersebut benar-benar bersih dan mengkilap kembali.
Jika sobat rasa sudah cukup bersih anda bisa segera tes hasilnya!. Jika hasilnya masih nihil maka silahkan sobat lakukan perbaikan berikut ini.

2. Langkah kedua.
Persiapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan seperti Tiner jenis B, dan kuas kecil.
Jika bahan-bahannya sudah tersedia, silahkan sobat tuangkan tiner ke permukaan RAM dan gunakan kuas kecil tadi untuk menggosok seluruh permukaan RAM hingga ke sela-sela RAM tersebut sampai benar-benar bersih, terutama pada bagian pin konektor RAM.

Kemudian keringkan RAM tersebut sampai benar-benar kering. Jika sudah kering, selanjutnya silahkan test apakah perbaikan RAM tersebut berhasil atau tidak.
Jika dua langkah diatas sudah sobat praktekkan, namun belum juga membuahkan hasil maka silahkan sobag ikuti langkah yang ketiga berikut ini.

3. Langkah ketiga.
Bersihkan semua pin konektor RAM dengan menggunakan Cottonbud atau kapas dan jangan lupa pula untuk membasahi cottonbud atau kapas tersebut dengab cairan alkohol atau bisa juga menggunakan tiner. Tujuannya agar kotoran yang menempel pada kaki-kaki RAM tersebut bisa hilang.

Selanjutnya gunakan Multitester atau Avometer, arahkan switch Avimeter ke :x1(Ohm), x10(Ohm) atau x100(Ohm). Tempelkan konektor pada Avometer yang berwarna hitam/minus (-) pada kaki-kaki Pin konektor RAM.
Cara Ampuh Memperbaiki RAM Yang Mati Total
Selanjutnya gesek-gesekkan konektor pada Avometer yang berwarna merah/plus(+) satu arah secara perlahan-lahan ke kaki-kaki/pin IC RAM. Tujuan dari langkah diatas adalah agar baterai pada Avometer dapat membantu mengembalikan arus listrik yang menyumbat pada IC memory RAM tersebut. Ulangi langkah-langkah tersebut hingga dirasa sudah cukup dan RAM pun siap untuk ditest kembali.

Demikian penjelasan mengenai cara memperbaiki RAM yang mati total. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.

Related Posts

Cara Ampuh Memperbaiki RAM Yang Mati Total
4/ 5
Oleh