4 Cara Melihat Kapasitas RAM Laptop Paling Mudah

Cara melihat kapasitas RAM laptop-RAM  merupakan singkatan dan Random Access Memory merupakan salah satu komponen komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.

RAM sendiri memiliki kapasitas memory yang beragam yang sangat berpengaruh juga dengan kecepatan dalam mengakses data. Tentunya semakin besar kapasitas yang juga semakin cepat pula kemampuannya dalam mengakses sebuah perintah.

Sejak awal pembuatan teknologi RAM, peningkatan kapasitas dari memory RAM sangat singnifikan sekali. Saat ini sebuah RAM dapat memiliki kapasitas memory hingga mencapai 16Gb perkeping. Itu artinya kemampuan RAM dalam mengkases data memiliki perkembangan yang luar biasa dibanding awal pembuatannya.

Bagaimanakah cara mengetahui kapasitas RAM laptop kita? Untuk mengetahui kapasitas RAM laptop kita, sobat perlu melihat fisik RAM itu sendiri. Biasanya pada fisik RAM terdapat keterangan kapasitas RAM dan keterangannya lainnnya seperti jenis RAM serta merk-nya. Selain melihat secara fisik, sobat juga dapat melihat kapasitas RAM dengan cara sebagai berikut :

1. Cek DirectX Diagnostic tool. Informasi mengenai RAM juga dapat sobat ketahui melalui DirectX Diagnostic Tool. Caranya adalah sebagai berikut.
  • Tekan tombol "Win+R" untuk membuka menu "Run" kemudian ketik "dxdiag" (tanpa tanda kutip) pada kolom yang tersedia, lalu tekan "Ok".

Cara Melihat Kapasitas RAM Laptop
  • Pada tampilan DirectX Diagnostic Tool terdapat mengenai kapasitas dari RAM laptop sobat.

Cara Melihat Kapasitas RAM Laptop

2. Cek Computer Properties atau System Information. Lewat menu system information pada windows, sobat dapat mengecek kapasitas dari RAM laptop milik sobat, caranya adalah sebagai berikut.
  • Tekan tombol "Win + Pause"untuk membuka "System Information".
  • Pada jendela System Information terdapat informasi mengenai kapasitas RAM dan kapasitas yang dapat digunakan.

Cara Melihat Kapasitas RAM Laptop
Tidak semua kapasitas RAM dapat digunakan oleh laptop, misalnya jika pada suatu laptop terpasang RAM 4GB sedangkan sistem operasi yang digunakannya berarsitektur 32-bit, maka yang terpakai hanya kurang-lebih 3,2GB saja.

3. Menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi yang dapat sobat gunakan untuk mengecek kapasitas RAM laptop sobat adalah CPU Z.  Aplikasi CPU Z bukan hanya bisa mengecek kapasitas RAM, namun juga dapat mengecek informasi lainnya seperti informasi mengenai prosessor, kartu grafis atau VGA dan berbagai informasi lainnya yang terdapat pada laptop sobat.

Aplikasi CPU Z merupakan aplikasi freeware alias gratis sehingga sobat bisa dengan bebas menggunakannya serta bebas pula untuk menyebarluaskannya. Silahkan klik link dibawah ini untuk mengunduh aplikasi CPU Z.
Cara Melihat Kapasitas RAM Laptop

4. Cek kapasitas RAM menggunakan CMD.
CMD merupakan singkatan dari Command Prompt. Istilah ini bisa didefinisikan sebagai suatu perintah DOS yang disampaikan dalam bentuk text. Dengan CMD, sobat bisa mengakses komputer sebagaimana sobat mengaksesnya melalui windows explorer.

Tapi perlu diketahui juga, ternyata CMD ini memiliki fungsi lain yang begitu signifikan. Salah satu fungsi lain dari CMD adalah untuk mengecek kapasitas RAM dan informasi lainnya dari hardware laptop sobat. Untuk mengecek kapasitas RAM menggunakan CMD, silahkan sobat ikuti langkah-langkah dibawah ini.
  • Buka menu Start dan ketikan Command Prompt di box search.
  • Selanjutnya klik kanan dan pilih Run As Administrator.

Cara Melihat Kapasitas RAM Laptop

Lalu ketikan perintah systeminfo dan tekan Enter.
Cara Melihat Kapasitas RAM Laptop
Setelah sobat meng-klik enter maka akan terlihat informasi yang ada pada laptop sobat, salah satunya adalah informasi mengenai kapasitas RAM laptop sobat. Demikian informasi mengenai 4 cara melihat kapasitas RAM laptop yang paling mudah. Jika ada link yang rusak silahkan sampaikan dikolom komentar.

Related Posts

4 Cara Melihat Kapasitas RAM Laptop Paling Mudah
4/ 5
Oleh