4 Cara Masuk Safe Mode Windows 10 Paling Mudah

Masuk Ke Save Mode Windows 10-Saat sistem operasi mengalami masalah biasanya salah satu jalan untuk mengatasi masalah tersebut adalah masuk ke menu Safe Mode. Apa itu Safe Mode? Safe Mode atau mode aman adalah mode atau cara aman yang digunakan oleh pengguna ketika hendak memperbaiki kerusakan yang terjadi pada sistem komputer. Mode ini tentunya bertujuan untuk menangani kesalahan yang terjadi dengan mode aman.

Apabila diartikan secara bahasa adalah safe (bahasa Inggris) berarti aman, sedangkan mode (bahasa Inggris) berarti cara atau mode. Sesuai dengan namanya, mode safe ini hanya digunakan dalam keadaan darurat dengan cara yang aman. Dengan fitur safe mode ini, pengguna dapat mengetahui kesalahan yang terjadi terhadap komputernya. Tidak heran jika fitur safe mode ini juga dikenal sebagai Windows minimal atau emergency version.

Fitur Safe Mode dalam sistem operasi windows ini biasanya digunakan oleh orang-orang untuk memperbaiki atau melakukan troubleshoting jika ada permasalahan pada windows seperti crash, error atau terserang virus.

Lalu bagaimana cara masuk ke safe mode pada sistem operasi windows 10?
Mungkin sobat forum komputer sudah paham dan sangat familiar sekali untuk cara masuk ke safe mode pada windows-windows sebelummnya!! Ya, cara masuk ke safe mode pada windows-windows sebelumnya adalah dengan menekan tombol f8 pada keyboard pada proses POST, kemudian klik Safe Mode.

Namun pada windows terbaru yaitu windows 10, cara masuk ke safe mode memiliki beberapa cara. Cara-cara tersebut akan admin bahas pada artikel kali ini. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai 4 cara masuk ke safe mode pada windows 10.

Cara pertama : Menggunakan tombol kombinasi "Shift+Restart".
Cara yang pertama adalah dengan menggunakan tombol shift pada keyboard kemudian restart komputer atau laptop sobat. Berikut langkah-langkahnya.
1. Buka menu "Start" dan klik menu "Power".
2. Tekan dan tahan tombol "Shift" pada keyboard sambil mengklik "Restart".
3. Setelah selesai, maka akan muncul 3 pilihan. Silahkan pilih "Troubleshot".
 Cara Masuk Safe Mode Windows 10
4. Pada layar "Troubleshot" silahkan pilih "Advanced Options".
 Cara Masuk Safe Mode Windows 10

5. Kemudian pada layar Advanced Options, silakan sobat pilih "StartUp Settings".
 Cara Masuk Safe Mode Windows 10

6. Selanjutnya windows akan memberitahu agar melakukan Restart untuk mengubah pengaturan Advanced Boot, termasuk membolehkan Safe Mode. Pilih "Restart".
 Cara Masuk Safe Mode Windows 10

7. Setelah proses restart, sobat akan masuk ke layar StartUp Settings. Silahkan sobat pilih f4 untuk masuk ke Safe Mode Normal.

Cara kedua : Menggunakan System Configuration.
Cara yang kedua adalah dengan menggunakan System Configuration atau yang biasa disebut dengan msconfig.
1. Buka Start Menu pada laptop sobat lalu ketikkan System Configuration. Atau bisa dengan menggunakan fitur Run dengan menekan Windows + R secara bersamaan. Selanjutnya ketik msconfig lalu klik Ok atau tekan Enter.
 Cara Masuk Safe Mode Windows 10
2. Selanjutnya akan muncul jendela System Configuration. Pada menu Boot Options, centang Safe Mode. Terdapat 4 macam Safe Boot yang bisa sobat gunakan. Penjelasan dari ke empat safe boot tersebut adalah sebagai berikut.
  • Minimal: Membuka Safe Mode dengan menjalankan drivers dan juga services yang perlu saja. Tampilanya pun sangat minimal yakni menggunakan Windows GUI.
  • Alternate Shell: Membuka Safe Mode dengan perintah Command Prompt atau tanpa menggunakan Windows GUI. Opsi yang satu ini membutuhkan pengetahuan tentang perintah atau coding Command text.
  • Active Directory Repair: Membuka Safe Mode dengan memberikan berbagai akses informasi terhadap komponen perangkat keras komputer. Fitur yang satu ini biasa digunakan untuk memperbaiki hardware komputer yang bermasalah.
  • Network: Membuka Safe Mode dengan menggunakan tampilan Windows GUI dan juga hanya menjalankan drivers dan services yang diperlukan untuk mengakses jaringan.
3. Setelah memilih opsi Safe Boot yang akan sobat gunakan, selanjutnya klik Ok atau tekan Enter.
 Cara Masuk Safe Mode Windows 10

4. Maka akan muncul jendela konfirmasi apakah sobat akan melakukan restart terhadap komputer sobat saat ini juga atau nanti.
 Cara Masuk Safe Mode Windows 10
5. Untuk mengembalikan ke booting seperti semula. Hilangkan tanda centang/Ceklist pada Safe Boot.

Cara ketiga : Menggunakan "Advanced StartUp".
Cara yang ketiga memiliki cara yang hampir sama dengan cara yang pertama, yang membedakan adalah cara masuk ke "Troubleshot".
1. Pertama silahkan sobat masuk ke Settings dengan menekan Windows + I.
2. Klik Update & Security, dan pilih tab Recovery.
 Cara Masuk Safe Mode Windows 10

3. Pada bagian Advanced Startup, klik tombol Restart now untuk masuk ke layar Troubleshot.
 Cara Masuk Safe Mode Windows 10
4. Langkah selanjutnya untuk masuk ke Safe Mode sama seperti pada cara pertama yang telah admin jelaskan diatas.

Cara keempat : Cara yang terakhir merupakan cara yang paling banyak digunakan oleh pengguna komputer atau laptop yaitu dengan menggunakan tombol F8.
Pada saat prosses POST "Power On Self Test", silahkan sobat tekan f8 berkali-kali hingga muncul pilihan untuk masuk ke menu Safe Mode.

Namun trik yang terakhir ini telah dihilangkan pada sistem operasi windows 10. Entah apa alasannya menghilangkan trik cara masuk ke safe mode dengan menekan f8. Tapi untuk pengguna sistem operasi windows 8 kebawah masih bisa menggunakan trik menekan tombol f8 pada keyboard untuk masuk ke safe mode.

Demikian penjelasan mengenai cara masuk ke safe mode pada windows 10. Jika ada pertanyaan, silahkan sampaikan dikolom komentar.

Related Posts

4 Cara Masuk Safe Mode Windows 10 Paling Mudah
4/ 5
Oleh