Bahaya Memakai Laptop Tanpa Menggunakan Baterai

Bahaya Menggunakan Laptop Tanpa Baterai-Biasanya saat seseorang membeli laptop baru maka akan melakukan berbagai macam cara untuk menjaga agar laptop tersebut bisa awet dan tahan lama. Namun ada salah satu cara yang salah kaprah dalam menjaga keawetan laptop yaitu melepas atau mencopot baterai saat menggunakan laptop.

Banyak yang beranggapan bahwa melepas baterai merupakan salah satu cara untuk menjaga keawetan dari baterai laptop dan anggapan tersebut memang sangat benar namun efek dari melepas baterai laptop saat menggunakannya sangat berbahaya untuk komponen laptop lainnya.
Bahaya Memakai Laptop Tanpa Menggunakan Baterai
Jika dilihat dari sisi penggunaan baterai, melepas atau mencopot baterai laptop memang sangat mampu menjaga keawetan namun admin tekankan sekali lagi hal tersebut akan membawa dampak yang cukup berbahaya bagi komponen lain. Diantara bahaya menyalakan laptop tanpa menggunakan baterai antara lain.

1. Motherboard cepat rusak.
Danpak penggunaan laptop tanpa memasang baterai yang pertama adalah pada motherboard. Komponen pada laptop dan motherboard memiliki sedikit perbedaan, perbedaan yang paling mendasar adalah dari daya listrik yang didapatnya  pada komputer, sumber arus listrik tidak langsung diterima pada komponen komputer tetapi melewati power supply terlebih dahulu.

Fungsi power supply komputer disini adalah untuk memberikan kestabilan dari sumber listrik ke komponen komputer. Begitu juga dengan perangkat laptop yang memiliki baterai. Jadi fungsi baterai pada laptop tidak hanya digunakan untuk memberikan daya pada laptop saja, namun juga sebagai penyaring arus listrik sehingga motherboard laptop dapat menerima daya listrik dengan stabil.

Jika laptop sering dihidupkan tanpa menggunakan baterai, maka arus listrik akan langsung diterima pada motherboard laptop. Akibatnya motherboard akan menerima daya listrik secara berlebihan dan bisa mengakibatkan motherboard akan cepat rusak.

2. Beberapa chipset laptop dapat rusak.
Masalah yang akan terjadi jika menggunakan laptop yang memasang baterai adalah terjadinya kerusakan pada chipset. Beberapa chipset didalam laptop akan mudah mengalami kerusakan jika langsung menerima arus listrik tanpa memang barerai.

Kualitas adapter juga sangat berpengaruh terhadap komponen laptop. jika sobat menggunakan kualitas adapter yang tidak bagus maka hal tersebut dapat memberikan kerusakan yang lebih cepat. Maka dari itu, jika adaptor yang digunakan sebelumnya pernah rusak, sebaiknya sobat membeli adaptor original. Dari segi harga pun, rata-rata adaptor original cukup murah.

3. Laptop langsung mati saat listrik mati.
Dampak yang ketiga adalah dampak yang paling mudah sobat rasakan yaitu laptop akan mati jika arus listrik dari PLN mati. Seperti yang kita tahu sendiri bahwa komponen laptop dan komputer jangan sampai mati mendadak karena hal tersebut dapat merusak hardware lebih cepat.

Memang dampaknya sendiri tidak akan terasa pada saat itu juga. Akan tetapi, dalam jangka panjang hardware yang sudah dimakan usia akan lebih mudah rentan dari kerusakan. Bahkan sobat harus mengganti hardware lama dengan hardware yang baru. Tentunya akan ada biaya lagi yang harus dikeluarkan. Itu pun belum ditambah dengan data-data yang ada di dalam harddisk yang bisa saja hilang secara permanen.

4. Sistem inverter tidak dapat berfungsi.
Sistem inverter pada laptop juga tidak akan berfungsi dengan baik jika laptop digunakan tanpa menggunakan baterai. Sistem inverter berfungsi untuk mengatur tegangan listrik yang masuk ke dalam laptop. perlu diketahui bahwa sistem inverter ini terdapat di dalam baterai laptop. sistem ini lah yang menjaga tegangan listik yang berasal dari arus liatrik dapat disaring sehingga tidak merusak komponen laptop.

Jika baterai pada laptop tidak digunakan dan laptop langsung dihubungkan pada arus listrik, maka arus listrik tidak akan mendapatkan penyaringan dari sistem inverter. Akibatnya komponen laptop akan menerima tegangan listrik yang tidka stabil. Akibat buruknya tidak hanya membuat komponen mati, tetapi juga  dapat menyebabkan laptop terbakar dengan mudah.

5. Rawan terjadinya korsleting listrik.
Untuk poin ini bisa dikatakan adalah dampak yang paling berbahaya dari beberapa poin yang telah disebutkan. Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa laptop yang menggunakan daya listrik secara langsung maka akan memberikan efek buruk pada laptop itu sendiri.

Jika efek buruk yang terjadi adalah kerusakan komponen komputer masih bisa ditangani dengan memperbaikinya. Akan tetapi, jika terjadi korsleting listrik, maka hal ini lah yang paling berbahaya. Korselting listrik bisa membuat laptop terbakar secara mendadak atau hal yang paling berbahaya lagi adalah laptop meledak saat digunakan. tentunya hal tersebut bisa mengancam keselamatan kita dan juga orang lain.

Demikian penjelasan mengenai bahaya menggunakan laptop tanpa memasang baterai. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.

Referensi dosenit.com







Related Posts

Bahaya Memakai Laptop Tanpa Menggunakan Baterai
4/ 5
Oleh