10 Cara Mengatasi CPU Usage 100% Di Windows 7, 8 Dan 10

10 Cara Mengatasi CPU Usage 100% Di Windows 7, 8 Dan 10-Perangkat komputer terdiri dari berbagai macam komponen, komponen-komponen komputer tersebut memiliki fungsi dan tugas yang berbeda. Salah satu komponen komputer yang memiliki fungsi yang cukup penting adalah CPU atau prosessor.
10 Cara Mengatasi CPU Usage 100% Di Windows 7, 8 Dan 10
Prosessor atau CPU pada komputer bisa dibilang otak dari sebuah komputer. Fungsi dari CPU antara lain :
  • Melaksakanan proses logika dan arimatika data yang ada pada komputer.
  • Mengatur kerja perangkat keras dan perangkat lunak komputer.
  • Mempercepat proses pengolahan data pada perangkat komputer.
  • Dan memproses seluruh data yang ada dalam perangkat komputer.

Vitalnya fungsi dari CPU ini membuat komponen CPU ini perlu mendapat perhatian khusus agar tidak terjadi masalah. Masalah yang sering terjadi yang berkaitan dengan CPU adalah CPU usage 100%.

Apa itu CPU usage 100%?
CPU usage 100% adalah suatu kondisi dimana penggunaan memory yang ada pada CPU menjadi full load 100% sedangkan kita tidak menggunakan atau tidak menjalankan program berat yang membuat CPU atau prosessor bekerja terlalu ekstra.

Adanya kondisi penggunaan memory CPU hingga 100% atau CPU usage 100% terbagi menjadi 3 keadaan, antara lain :
  • Kondisi ketika komputer baru menyala dan akan turun kembali dalam jangka waktu tertentu.
  • Kondisi ketika komputer sedang dipakai dan akan sulit turun.
  • Kondisi saat muncul random atau acak, baik saat pertama kali komputer dinyalakan atau saat sedang dipakai.

Dalam keadaan normal, kondisi CPU usage 100% biasanya akan normal kembali saat komputer dalam kondisi idle. Namun yang jadi permasalah adalah kondisi CPU usage 100% meski komputer dalam kondisi idle atau hanya menjalankan aplikasi-aplikasi ringan.

Kondisi tersebut diatas tentu bukan hal yang normal, biasanya masalah yang sering terjadi jika penggunaan memory CPU mencapai 100% adalah komputer menjadi lambat, hardware panas dan bahkan sering terjadi not responding.

Untuk mengatasi CPU usage 100%, admin memiliki beberapa trik yang cukup ampuh yang bisa sobat terapkan. Penjelasan selengkapnya, silahksn ikuti tutorial berikut ini.

Cara Mengatasi CPU usage 100%.
1. Matikan program atau aplikasi yang tidak perlu di msconfig.

Mematikan program atau aplikasi yang tidak diperlukan lewat msconfig perlu dilakukan. Cara mematikan program lewat msconfig adalah sebagai berikut.
1 Buka menu "Run">>Kemudian ketik "msconfig" >> Pergi ke tab "services" >> Centang "hide all Microsoft Services" >> Lalu hilangkan centang pada aplikasi yang tidak diperlukan..
10 Cara Mengatasi CPU Usage 100% Di Windows 7, 8 Dan 10
2. Lakukan hal yang sama di tab startup..Khusus pengguna Windows 10, disable aplikasi startup ini harus dilakukan di task manager.. Buka task manager >> Klik tab "startup" >> Klik kanan aplikasi yang tidak diperlukan >> Klik "disable".

2. Lakukan pembersihan malware dan virus. 
Scanning atau pemindaian virus dan malware pada komputer atau laptop sobat perlu dilakukan jika terjadi CPU usage 100%. Sobat bisa menggunakan antivirus yang terupdate untuk scanning virus dan untuk scanning malware, sobat dapat menggunakan tool malwarebyte anti malware atau tool lainnya yang dikhususkan untuk pembersihan malware.

3. Matikan komputer.
CPU usage 100% juga dapat disebabkan oleh komputer yang terlalu lelah bekerja. Peforma komputer yang telah menyala dalam jangka waktu lama tentunya akan berbeda dengan komputer yang baru dinyalakan.

Oleh karena itu, jika terjadi CPU usage 100% pada komputer sobat maka sobat perlu mematikan komputer sobat agar komputer dapat beristirahat sementara waktu untuk menormalkan kembali peforma dari komputer atau laptop sobat.

4. Hapus antivirus yang tidak diperlukan.
Jika sobat menginstal antivirus lebih dari satu pada komputer sobat sebaiknya hapus salah satu antivirus yang tidak diperlukan. System scanning pada antivirus dapat memperlambat kinerja dari system operasi dan membuat pengguaan memory CPU menjadi melonjak. Lebih baik sobat memasang satu antivirus yang terupdate daripada memasang antivirus lebih dari satu.

5. Matikan program di system Tray.
Perlu sobat ketahui, saat komputer kita berjalan atau dinyalakan maka ada program yang berjalan dibalik kayar atau background (system Tray) yang tidak diketahui. Nah program-program yang berjalan dibalik layar yang dirasa tidak terlalu penting maka sobat bisa mematikannya untuk meringankan kerja prosessor atau CPU.

Cara untuk mematikannya adalah masuk ke Windows Task Manager kemudian masuk ke tab Processes, silahkan sobat lihat pada kolom CPU. Disitu akan ada presentasi penggunaan CPU, program dengan presentasi paling besar adalah program yang paling memberatkan processor.
10 Cara Mengatasi CPU Usage 100% Di Windows 7, 8 Dan 10
Disini sobat bisa menghentikan beberapa program yang menurut sobat tidak terlalu penting namun memiliki presentasi CPU yang sangat besar atau memberatkan processor. Cara untuk menghentikan program tersebut adalah dengan klik pada program tersebut kemudian pilih End Process.

6. Ubah power plan menjadi high performance (untuk laptop).
Untuk pengguna laptop, cara mengatasi cpu usage 100% yang cukup ampuh adalah dengan mengubah power plant pada laptop menjadi high performance. Dengan ini maka windows akan mengeluarkan semua tenaganya untuk memastikan sistem berjalan dengan baik. Cara mengubah power plant menjadi high performance adalah sebagai berikut.
1. Masuk ke "Control Panel", kemudian klik "Hardware and sound", setelah itu pilih "Power Options".
10 Cara Mengatasi CPU Usage 100% Di Windows 7, 8 Dan 10
2. Kemudian silahkan sobat ceklis atau klik pada "High Performance".
10 Cara Mengatasi CPU Usage 100% Di Windows 7, 8 Dan 10

7. Ubah pengaturan registry.
Registri pada windows perlu di optimasi jika terjadi kondisi CPU usage 100%, caranya adalah sebagai berikut.
1. Buka menu "Run", kemudian ketik "regedit" lalu tekan "Enter".
2. Kemudian silahkan sobat buka “HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Session Manager\Memory Management”.
3. Pada kolom sebelah kanan, silahkan sobat klik dua kali pada "ClearPageFileAtShutDown"
10 Cara Mengatasi CPU Usage 100% Di Windows 7, 8 Dan 10
4. Ubah Value datanya dari 0 menjadi 1. Pastikan Base datanya berada pada posisi "Hexadecimal" kemudian klik "Ok".
10 Cara Mengatasi CPU Usage 100% Di Windows 7, 8 Dan 10

8. Matikan semua background apps (untuk windows 10).
Untuk pengguna Windows 10, sejumlah aplikasi bawaan dan aplikasi universal secara konsisten berjalan di sistem latar sejak komputer menyala. Bagi pengguna dengan spesifikasi minimal, mematikan Background Apps dapat mengurangi beban CPU cukup signifikan.

Cara mematikan Background Apps adalah sebagai berikut.
1.Klik menu pencarian.
2. Lalu cari dengan kata kunci "choose which apps can run in the background"
10 Cara Mengatasi CPU Usage 100% Di Windows 7, 8 Dan 10
3. Jalankan programnya lalu slide ke "Off".
10 Cara Mengatasi CPU Usage 100% Di Windows 7, 8 Dan 10

Langkah tersebut akan mematikan seluruh Background Apps Windows 10.

9. Bersihkan heatsink CPU dari debu.
Debu pada heatsink fan prosesor dapat menghambat sirkulasi udara yang ada pada CPU. terhambatnya sirkulasi udara dapat menyebabkan CPU menjadi cepat panas dan bisa berakibat juga CPU usage 100%.

10. Instal ulang system operasi.
Instal ulang sistem operasi merupakan jalan terakhir jika langkah-langkah yang telah admin jelaskan sebelumnya tidak membuahkan hasil. Dengan meng-instal ulang sistem operasi berarti mengganti system operasi lama dengan system operasi baru yang masih fresh.

Dan perlu sobat ketahui, setelah melakukan proses instal ulang sebaiknya ikuti langkah-langkah yang telah admin jelaskan pada artikel sebelumnya yaitu Apa saja yang perlu diinstal setelah instal ulang system operasi. Langkah yang wajib saat selesai menginstal ulang system operasi adalah memasang antivirus yang terupdate.

Demikian penjelasan mengenai 10 cara mengatasi CPU usage 100%. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.

Related Posts

10 Cara Mengatasi CPU Usage 100% Di Windows 7, 8 Dan 10
4/ 5
Oleh