Inilah Perbedaan Windows 32Bit Dan 64Bit Serta Kelebihan Dan Kekurangan Yang Wajib Kalian Ketahui

Inilah Perbedaan Windows 32Bit Dan 64Bit-Windows merupakan salah satu system operasi terbaik saat ini. System operasi windows pertama kali diluncurkan pada tahun 1985 dan dijuluki dengan Windows Graphic Environment 1.0 atau dengan nama Windows 1.0. Windows 1.0 bukanlah sebuah sistem operasi yang lengkap, namun hanya memperluas kemampuan MS-DOS dengan tambahan antarmuka grafis berbasis 16-bit.
Inilah Perbedaan Windows 32Bit Dan 64Bit Serta Kelebihan Dan Kekurangan Yang Wajib Kalian Ketahui
Dari waktu ke waktu, sistem operasi windows terus mengalami perkembangan yang sangat pesat hingga versi yang terakhir adalah windows 10 yang dikenal dengan berbagai fitur yang mumpuni serta kestabillannya yang bisa diandalkan. Selain itu, sistem operasi windows juga umumnya terbagi menjadi dua yaitu sistem operasi windows 32Bit dan sistem operasi windows 64Bit.

Lantas apa yang perbedaan dari windows 32Bit dan windows 64Bit tersebut?
Berdasarkan informasi-informasi yang admin peroleh, windows 32Bit dan Windows 64Bit memiliki perbedaan yang cukup mendasar meski jika dilihat dari tampilannya tidak ada perbedaan sama sekali. Dua versi sistem operasi windows itu juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Setiap Microsoft meluncurkan sistem operasi windows terbaru pasti tentunya merilis versi 32Bit dan juga Versi 64Bit. Kedua versi sistem operasi windows itu sendiri pastinya memiliki pangsa pasar masing-masing.

Sebelum menjelaskan mengenai perbedaan antara windows 32Bit dengan windows 64Bit, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai apa itu Bit?

Bit merupakan pengertian dari cara komputer dalam mengolah informasi yang dijelaskan dalam bentuk kode binary, dimana serangkaian kode angka yang terdiri dari angka tersebut dihitung sebagai satuan bit per 1 digit. Sebagai contoh prosessor ukuran 32bit dapat memproses sebesar 32 digit sekaligus dalam pemakaiannya.

Sedangkan pada sistem OS 64 bit harus memiliki CPU yang kuat untuk menjalankan windows versi ini. Pasalnya dalam pemakaian OS 64 bit maka membutuhkan RAM kapasitas besar. Sehingga OS 64 bit lebih efisien daripada OS 32 bit. Processor 32 bit biasanya hanya mampu bekerja untuk mengolah data dengan maksimal kapasitas memori 4 GB dan dengan 1 DIIM memory kapasitas 2 GB.

Buat sobat forum komputer yang masih binggung mengenai perbedaan dari windows 32Bit dan 64Bit, kali ini admin akan menjelaskan secara detail, lengkap dan jelas mengenai perbedaan dari keduanya serta kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut penjelasan selengkapnya.

Perbedaan antara windows 32Bit dan Windows 64Bit.
1. Jika dilihat dari jumlah RAM.
Perbedaan yang pertama antara windows 32Bit dengan Windows 64Bit adalah dari jumlah maksimal pemakaian RAM. Perbedaan ini juga yang paling banyak dijadikan patokan oleh orang-orang untuk membedakan windows 32Bit dengan Windows 64Bit.

Windows 32Bit dan 64Bit memiliki batasan maksimal pemakaian RAM yang berbeda. Untuk Windows 32Bit hanya memiliki batas maksimal penggunaan ram kurang dari 4Gb (sekitar 3,2Gb), walaupun sobat telah memasang perangkat RAM dengan kapasitas lebih dari 4Gb, maka yang terbaca dikomputer atau laptop sobat tetap sekitar 3,2Gb

Sedangkan Windows 64 bit dapat membaca RAM hingga dan bahkan lebih besar dari 4 GB. Perbedaan tersebut didasari karena adanya perbedaan arsitektur prosesor antara basis 32 bit dan 64 bit. Oleh sebab itu, jangan heran jika RAM 4 GB anda hanya terbaca sekitar 3 GB saja. Itu menandakan Windows yang anda gunakan adalah Windows berbasis 32 bit.

2. Jika dilihat dari Kemampuan Dalam Memproses Data.
Perbedaan arsitektur pada Windows dan prosesor 32 bit dan 64 bit tentu akan terlihat sangat jelas. Bahkan, perbedaan arsitektur tersebut juga akan sangat mempengaruhi kinerja komputer itu sendiri. Angka 32 dan 64 itu sebenarnya mewakili jumlah data yang dapat diproses komputer dalam satu kali putaran.

Seperti Windows 32 bit, yang berarti setiap satu kali putaran suatu komputer hanya dapat memproses data sebesar 32 bit saja. Berbeda dengan 64 bit, yang dapat memproses data hingga 64 bit. Hal inilah yang membuat data, Windows, dan prosesor 64 bit dapat bekerja lebih cepat dan maksimal jikalau dibandingkan dengan Windows berbasis 32 bit.

3. Jika dilihat dari Performa Prosesor.
Perbedaan basis sistem Windows 32 bit dan 64 bit sebenarnya terletak pada kemampuan kinerja prosesor-nya. Apabila kita bandingkan dua basis tersebut, tentu saja teknologi prosesor 64 bit lebih unggul ketimbang teknologi prosesor yang dimiliki 32 bit.

Prosesor Windows 32 bit rasanya hanya ditujukkan untuk melakukan pekerjaan ringan saja, dan hanya dapat membuka aplikasi yang tidak terlalu berat. Hal ini jauh berbeda dengan teknologi prosesor Windows  berbasis 64 bit, yang memang cocok digunakan untuk mengoperasikan pekerjaan yang lebih berat, seperti bermain game HD, desain, video editing, dll.

4. Jika dilihat dari Kompatibilitas Software.
Salah satu perbedaan yang juga terlihat sangat jelas adalah kompatibilitas suatu software yang dapat diinstal. Secara singkat, Windows 32 bit tidak dapat menjalankan software 64 bit. Sementara Windows 64 bit dapat leluasa menjalankan software 32 maupun 64 bit.

Sistem operasi Windows 32Bit dan 64Bit juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Diantara kelebihan dan kekurangannya adalah sebagai berikut.

Kelebihan Sistem operasi Windows 32Bit.
  • Bisa menjalankan semua jenis aplikasi yang berbasis processor dibawahnya seperti basis 8 bit dan 16 bit.
  • Lebih kompatible.
  • Dapat digunakan pada driver lama dengan ram kurang dari 4GB dan laptop/notebook versi lama.
  • Kinerja lebih optimal jika digunakan pada RAM kapasitas 2GB.
Kelebihan Sistem operasi Windows 64Bit.
  • Proses pengolahan data lebih cepat dan efisien bahkan 2 kali lipat daripada 32 bit.
  • Kinerja lebih optimal.
  • Sangat support dan kompatible segala program basis 32 bit.
  • Sangat support menjalankan program aplikasi dan game game berat.
Kekurangan Sistem operasi Windows 32Bit
  • Tidak support menggunakan RAM diatas 4GB.
  • Tidak support menjalankan program basis 64 bit atau lebih.
  • Tidak support menjalankan aplikasi atau game dengan ukuran yang besar.
Kekurangan Windows 64 Bit.
Sayangnya penggunaan processor 64 bit tidak rekomendasi untuk pc versi lama. Agar kinerja lebih optimal penggunaan processor 64 bit harus memiliki spesifikasi pc yang tinggi.

Demikian penjelasan mengenai Perbedaan Windows 32Bit dan 64Bit serta kelebihan dan kekurangannya, jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.









































Related Posts

Inilah Perbedaan Windows 32Bit Dan 64Bit Serta Kelebihan Dan Kekurangan Yang Wajib Kalian Ketahui
4/ 5
Oleh