Penyebab Tombol Keyboard Komputer dan Laptop Rusak, Error, Tidak Berfungsi

Penyebab Tombol Keyboard Komputer dan Laptop Rusak, Error, Tidak Berfungsi-Keyboard adalah alat input yang merupakan salah satu perangkat keras komputer dan mempunyai macam-macam tombol serta memiliki fungsi yang berbeda-beda tergantung pada penekanan tombol yang dapat menghasilkan proses sesuai dengan keinginan kita.

Jika dilihat dari sisi kegunaan, perangkat keyboard merupakan salah satu komponen yang cukup penting. Apalagi buat seorang penulis atau kegiatan lainnya yang berhubungan dengan keyboard tentunya sangat penting sekali keberdaan keyboard ini.
Penyebab Tombol Keyboard Komputer dan Laptop Rusak, Error, Tidak Berfungsi
Sebenarnya sobat masih bisa melakukan kegiatan ketik-mengetik saat keyboard komputer atau laptopnya rusak yaitu menggunakan keyboard virtual tapi jika menggunakan keyboard virtual, kita tidak bisa mengetik dengan cepat karena untuk mengakses keyboard virtual harus menggunakan perangkat mouse.

Berbicara mengenai kerusakan pada keyboard, ada banyak sebab yang menyebabkan keyboard komputer atau laptop rusak. Kerusakan yang sering terjadi pada keyboard laptop adalah tombol-tombol pada keyboard yang tidak berfungsi, baik itu tidak berfungsi hanya sebagian saja ataupun tidak berfungsi semuanya.

Lantas apa saja penyebab dari kerusakan pada keyboard?
Untuk menjawab pertanyaan yang satu ini, kali ini admin akan mengulas secara lengkap, detail dan jelas mengenai penyebab tombol keyboard komputer atau laptop yang rusak, error, dan tidak berfungsi. Berikut penjelasan selengkapnya.

Penyebab Tombol Keyboard Komputer dan Laptop Rusak, Error, Tidak Berfungsi.
1. Kotoran atau Debu dibawah keyboard.
Penyebab pertama yang sering terjadi saat keyboard mengalami kerusakan adalah adanya debu atau kotoran yang menempel dibagian bawah keyboard. Deb atau kotoran yang sedikit mungkin masih dianggap remeh namun jika dibiarkan terus-menerus tanpa mau membersihkan, bukan hal yang mustahil jika sewaktu-waktu tombol-tombol pada keyboard komputer atau laptop sobat mengalami kerusakan.

Selain debu yang menumpuk, keyboard yang terselip pasir atau kotoran lainnya juga merupakan menyebab keyboard menjadi error. Oleh karena itu sebaiknya sobat rajin-rajin membersihkan bagian dalam dari keyboard komputer atau laptop. Untuk membersihkan keyboard laptop sebaiknya sobat lebih berhati-hati karena tombol-tombol pada keyboard lebih mudah terlepas dari pada tombol-tombol pada keyboard PC atau komputer.

2. Keyboard ketumpahan cairan.
Penyebab kedua adalah keyboard yang tertumpah atau ketumpahan cairan, baik itu cairan air mineral, atau air lainnya seperti air raksa (hehehhe) bisa menyebabkan keyboard komputer atau laptop menjadi error.

Admin sendiri sering menjumpai keyboard yang bermasalah pada tombol-tombolnya yang tidak berfungsi karena tertumpah cairan. Untuk mengatasi hal ini jika keyboard komputer atau laptop milik sobat ketumpahan cairan maka sesegera mungkin untuk dibersihkan dan dikeringkan. Jika keyboard laptop maka segera lepas dari perangkat laptop itu sendiri dan dibersihan lalu sesegera mungkin untuk dikeringan.

3. Karet pada tombol keyboard yang mengalami kerusakan
Kerusakan lainnya juga bisa saja disebabkan karena karet-karet pada tombol keyboard mengalami kerusakan. Biasanya hal ini terjadi karena keyboard laptop sobat terlalu banyak dan sering digunakan secara tidak wajar, ataupun karena pengaruh usia dari laptop sobat. hal ini menyebabkan bagian karet yang terletak di balik tombol keyboard menjadi getas dan menipis, sehingga tidak dapat menekan dengan optimal.

Untuk mengatasi hal ini, maka sobat dapat mengganti tombol keyboard sobat dengan yang baru dan original, sehingga keyboard laptop sobat bisa digunakan lagi secara optimal

4. Terlalu sering memencet salah satu tombol keyboard.
Penyebab seperti ini biasanya terjadi pada gamer. Para gamer yang menggunakan keyboard sebagai media untuk memainkan game biasanya sering memencet tombol tertentu secara terus-menerus, kondisi seperti ini bisa menyebabkan tombol keyboard mengalami kerusakan. Diatara kerusakan yang ditimbulkan dari menekan tombol tertentu secara terus menurus ialah huruf-huruf pada keyboard hilang, tombol keyboard terlepas dan bahkan tombol bisa menjadi tidak berfungsi sama sekali.

Penyebab lainnya seperti laptop terjatuh, keyboard terlalu panas memang bisa menyebabkan keyboard mengalami kerusakan namun pengaruhnya kerusakan pada keyboard jika laptop terjatuh atau terlalu panas tidak begitu besar tapi sobat harus tetap hati-hati jika menggunakan laptop karena laptop, notebook ataupun netbook merupakan perangkat elektronik yang sangat rentan terhadap kerusakan.

Demikian penjelasan mengenai penyebab tombok keyboard komputer atau laptop mengalami kerusakan, error atau tidak berfungsi. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.





















Related Posts

Penyebab Tombol Keyboard Komputer dan Laptop Rusak, Error, Tidak Berfungsi
4/ 5
Oleh