4 Penyebab dan Cara Mengatasi Kipas Prosessor/CPU Berisik

Penyebab dan Cara Mengatasi Kipas Prosessor Berisik dan mendengung keras sekali-Kipas prosessor merupakan sebuah komponen yang berfungsi untuk membuang suhu panas yang dihasilkan oleh prosessor saat bekerja. Komponen kipas prosessor ini sangat vital sekali fungsi serta keberadaanya.

Tanpa adanya sistem pendinginan pada prosessor (baik itu sistem HSF, Air Cooling, Thermo Electric Cooling dan lain sebagainya) tentunya komponen prosessor tidak bisa bekerja secara optimal. Beberapa masalah saat sistem pendingin pada prosessor tidak bekerja antara lain Komputer atau laptop akan mati sendiri setelah suhu prosessor berada diambang batas normal (Biasanya 80 derajat C), komputer tiba-tiba hang dan berbagai masalah yang disebabkan oleh panas.
Penyebab dan Cara Mengatasi Kipas Prosessor/CPU Berisik

Perlu sobat ketahui, sistem pendingan pada prosessor bukan hanya berbentuk kipas saja, ada beberapa jenis sistem pendingin prosessor yang ada saat ini. Untuk penjelasan selengkapnya mengenai jenis jenis sistem pendinginan pada prosessor silahkan baca artikel berikut ini : Jenis-jenis sistem pendingin prosessor.

Kipas prosessor atau yang biasa disingkat dengan HSF merupakan sebuah komponen komputer yang tidak luput juga dari suatu masalah. Masalah yang kerap sekali terjadi adalah kipas prosessor berbunyi berisik sekali saat pertama komputer atau laptop dinyalakan, admin sendiri pernah mengalami kipas prosessor yang berisik serta mendengung sangat keras saat pertama kali dinyalakan.

Sebenarnya apa sih penyebab dari kipas cpu atau prosessor yang berisik itu? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, admin akan menshare penyebab dari kipas prosessor yang berisik. Artikel yang akan admin tulis ini berdasarkan pengalaman admin sendiri selama menjadi teknisi komputer, jadi apa yang akan admin share disini bisa menjadi acuan buat sobat saat akan menganalisa kerusakan yang sama yang terjadi pada kipas CPU atau prosessor tersebut. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai penyebab kipas CPU atau prosessor berisik saat komputer atau laptop dinyalakan.

Penyebab dan cara mengatasi kipas prosessor berisik.
1. Pengaturan Di BIOS.
secara sederhana, processor jaman sekarang sudah memiliki tekhnologi yang bernama thermal trottling yang dimana kalau processor sedang dalam keadaan idle maka kipas processor akan berjalan pelan. Namun saat sedang full load maka kipas processor akan berjalan kencang. Jadi masalah yang sobat hadapi adalah masalah yang normal.

Lalu kenapa kok saat sebelumnya tidak seperti itu? Hal tersebut dikarenakan thermal paste yang ada sudah lama tidak di ganti yang dimana processor lebih panas daripada seharusnya yang yang menyebabkan thermal throttling akan aktif saat adanya panas yang berlebih pada prosessor. Karena processornya agak panas otomatis kipas harus berjalan lebih kencang agar suhu processor tetap terjaga.

kalau sobat mau tidak seperti itu, sobat bisa buka BIOS untuk menonaktifkan teknologi thermal throttling (caranya saat startup, sobat tekan f2/delete secara terus menerus sampai menu bios muncul) dan sobat cari menu thermal throttling. Biasanya nama tekhnologi tersebut berbeda-beda, kalau di Intel namanya tetap thermal throttling. Namun beberapa kadang ada yang bernama qfan, xfan dsb. Saran admin biarkan saja. Toh ini tidak rusak dan juga yang terpenting adalah suhu processor tetap terjaga.

2. Debu dan kotoran.

Debu atau kotoran merupakan salah satru faktor utama penyebab kipas prosessor menjadi berisik. Hal tersebut dikarenakan debu yang menempel pada baling-baking kipas prosessor menghambat putaran dari kipas itu sendiri sehingga proses pelepasan panas dari prosessor ke luar menjadi terhambat.

Terhambatnya perpindahan panas dari prosessor dapat menyebabkan suhu panas pada prosessor menjadi naik dan tentunya dengan adanya teknologi thermal throttling yang telah disebutkan diatas menyebabkan kinerja dari kipas prosessor akan digenjot untuk menstabilkan panas, hal tersebut membuat suara bising pada kipas karena berputar terlalu kencang.

Cara mengatasi :
Untuk mengatasinya sobat cukup membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada kipas prosessor secara berkala. Sobat bisa membersihkan kipas prosessor setiap 3 bulan sekali.

2. Kipas prosessor sudah saatnya diganti.
Kipas prosessor yang sudah memiliki usia cukup tua sangat rentan sekali dengan masalah kerusakan. Putaran kipas yang sudah tidak stabil serta menimbulkan suara yang cukup bising saat menjalankan komputer juga merupakan sebab dari kondisi kipas prosessor yang sudah memiliki masa aktif yang seharusnya sudah diganti dengan yang baru.

Cara mengatasi :
Untuk mengatasinya adalah dengan mengganti kipas tersebut dengan yang baru. Untuk masalah yang satu ini tidak ada jalan lain selain menggantinya.

3. Baling-baling Kipas kendor.
Baling-baling kipas prosessor merupakan komponen HSF yang bergerak, dari pergerakan itu pasti akan menimbulkan suara bising meski dalam keadaan normal sebuah putaran kipas prosessor menghasilkan suara yang senyap atau tidak terlalu berisik.

Namun apa jadinya jika baling-baling kipas prosessor tersebut kendor? Hal tersebut sudah pasti akan menimbulkan suara bising, berisik dan biasanya mendengung yang cukup memekakkan telinga kita.

Cara mengatasi :
Saran dari admin sebaiknya ganti kipas prosessor dengan kipas yang baru. Meski sobat bisa saja memperbaiki baling-baling yang kendor tersebut tapi hal tersebut tidak tahan lama.

4. Prosessor bekerja terlalu ekstra.
Untuk poin yang terakhir tidak jauh berbeda dengan point pertama namun prosessor yang bekerja terlalu ekstra disini disebabkan oleh penggunaan komputer itu sendiri yang terlalu memaksakan hardware komputer. Misalnya sobat menjalankan game-game atau aplikasi yang banyak menguras kinerja prosessor tapi tidak diimbangi dengan kondisi hardware yang pas-passan dari segi RAM, prosssor dan komponen lainnya seperti VGA.

Kinerja prosessor yang bekerja terlalu ekstra akan menimbulkan panas yang membuat putaran kipas prosessor menjadi lebih cepat dan secara otomatis akan menimbulkan suara berisik.

Cara mengatasi :
Untuk mengatasi masalah ini sebenarnya cukup sederhana, sobat jalankan atau gunakan komputer yang sobat punya sesuai dengan kemampuan hardware itu sendiri.

Demikian penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi kipas prosessor atau CPU yang berisik saat dijalankan. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.

























Related Posts

4 Penyebab dan Cara Mengatasi Kipas Prosessor/CPU Berisik
4/ 5
Oleh