Pengertian Trojan Horse, Jenis Jenis Dan Bahayanya, Serta Cara Pencegahannya

Pengertian Trojan Horse, Jenis Jenis Dan Bahayanya, Serta Cara Pencegahannya-Pada masa sekarang ini, aktifitas kita tidak pernah lepas dari teknologi. Aktifitas kerja ataupun kegiatan lainnya sering bergantung pada sebuah aplikasi yang ada di komputer ataupun pada smartphone kita. Jika sobat melihat atau menilik di google playstore maka ada banyak sekali aplikasi-aplikasi atau program yang bisa sobat gunakan untuk menunjang kegiatan sobat.

Namun sobat harus lebih berhati-hati lagi karena tidak semua aplikasi atau program pada komputer atau smartphone memiliki nilai positif. Banyak juga program jahat yang sengaja disebar oleh pembuatnya dengan tujuan untuk merusak komputer, laptop atau smartphone sobat.
Pengertian Trojan Horse, Jenis Jenis Dan Bahayanya, Serta Cara Pencegahannya

Program jahat yang admin maksud disini adalah virus. Ya, virus komputer ataupun virus pada smartphone selalu memberikan dampak yang berbahaya bagi komputer sobat. Virus-virus atau progra jahat itu sendiri terdiri dari beragam jenis yang kesemuanya merugikan korbannnya.

Salah satu jenis virus yang sangat merugikan dan berbahaya yang akan admin bahas kali ini adalah Trojan atau biasa dikenal dengan Trojan horse dan disebut juga kuda troya.

Kenapa virus jenisn Trojan Horse ini disebut sebagai virus yang berbahaya? Seperti apa asal usul dari trojan horse itu sendiri? Lalu bagaimana pencegahan agar kita terhindar dari Trojan tersebut? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, kali ini admin forum komputer atau membahas secara lengkap, detail dan jelas mengenai pengertian Trojan Horse, jenis-jenis, banyanya serta bagaimana cara pencegahannya.

Pengertian Trojan Horse.
Berdasar ilmu dan informasi yang admin peroleh Trojan Horse merupakan program buatan yang bekerja pada komputer (baik dalam bentuk game, crack, atau program aplikasi lainnya) yang memata-matai hingga mencuri data pada komputer yang telah terinfeksi Trojan tersebut. 

Tak jarang pula, ketukan keyboard dapat terkirim ke alamat tujuan yang telah ditentukan pembuatnya tanpa sepengetahuan si pengguna komputer tersebut. Dengan kata lain, program ini bekerja seperti ‘siluman’ yang proses kerjanya tak dapat diketahui oleh si pengguna komputer dalam keadaan sadar.
Sama halnya seperti virus pada umumnya dan Worm, Trojan ini juga bersifat merusak komputer yang diserang dan tentu saja memberi kerugian bagi pengguna. Bentuk fisik dari Trojan ini seperti perangkat lunak pada umumnya, terlihat biasa saja namun ketika diaktifkan maka akan langsung muncul kerusakan pada sistem atau jaringan komputer sobat.

Asal usul penamaan Trojan Horse atau Kuda Troya.
Asal usul pemberian nama Trojan Horse atau Kuda Troya pada jenis virus yang satu ini adalah merujuk pada sejarah atau peristiwa tentang jatuhnya benteng kerjaan Troya yang pada mulanya tidak bisa ditembus.

Untuk menembus benteng Troya, maka prajurit Sparta menggunakan strategi menyusup pada patung kuda besar yang mereka buat sendiri. Dan ketika sudah memasuki kota, di malam hari mereka keluar dari persembunyian didalam patung kuda tersebut dan menghancurkan kerajaan Troya. Konsep penyerangan seperti itu pula yang diterapkan virus Trojan Horse ini.

Jenis-jenis Trojan Horse.
Trojan Horse memiliki beberapa jenis yang kesemuanya sangat berbahaya jika menyerang komputer korban. Diantara jenis-jenis Trojan Horse yang berbahaya dan perlu sobat ketahui antara lain :

1. Remote Access Trojan.
Jenis trojan yang berbahaya yang pertama adalah Remote Access Trojan atau disingkat dengan RAT. Trojan jenis ini dirancang sedemikian rupa untuk memberikan control penuh kepada penyerang terhadap sistem korban. Agar tidak dicurigai, penyerang menyembunyikan Trojan ini ke dalam sebuah game atau program lainnya sehingga pengguna tidak menyadari ancaman tersembunyi di balik aplikasi yang si korban install tersebut.

2. Data Sending Trojan.
Jenis Trojan kedua yang juga berbahaya adalah Data Sending Trojan. Trojan ini memiliki tugas yaitu untuk mendapatkan berbagai data penting seperti akun, password, file, data kartu kredit, email dan lain sebagainya. Dengan misi-misi yang dibawanya, jenis Trojan ini mampu mencari dan mengirimkan data PC maupun komputer sobat. Bisa juga program ini menginstal keylogger serta mengirim segala penekanan tombol yang telah terekam lalu mengirimkannya kembali sebagai informasi kepada penyerang yang sering disebut sebagai hacker yang juga perancang Trojan tersebut.

3. Proxy Trojan.
Selanjutnya yang ketiga adalah Proxy Trojan. Trojan jenis ini dirancang khusus untuk menyusupi ke dalam suatu komputer lalu kemudian membuatnya sebagai Server Proxy. Setelah hal ini terjadi maka keamanan akan menjadi rentan dan memberi peluang bagi penyerang untuk mengeksploitasi komputer korban. Dan yang paling buruk adalah ketika jaringan lain yang diserang akan tetapi menggunakan sistem korban.

4. Destructive Trojan.
Jenis Trojan berbahaya yang ke empat adalah Destructive Trojan. Jika melihat dari namanya sudah dapat diketahui bahwa jenis Trojan yang satu ini memiliki kemampuan untuk merusak. Destructive Trojan ini memang diciptakan untuk menghancurkan serta menghapus file dalam komputer yang sudah disusupi. Terlebih lagi seringkali antivirus tidak mampu mendeteksi kehadrian Trojan jenis  yang satu ini sehingga dianggap sangat merepotkan.

5. DoS Trojan atau Denial Of Service.
Jenis Trojan yang ke lima adalah DoS Trojan. DoS Trojan atau Denial of Service Trojan lebih memfokuskan kerusakan pada jaringan komputer dengan membanjiri lalu lintas sehingga terjadi down. Nama-nama DoS Trojan seperti Teardrop dan Ping of Death biasanya mengeksploitasi keterbatasan IP Protocol pada komputer pada umumnya.

6. FTP Trojan.
Selanjutnya jenis Trojan yang berbahaya bernama FTP atau File Transfer Protocol. Pencipta virus Trojan menjadikan FTP sebagai target serangan dengan membuka FTP (pelabuhan 21). Hal ini memberikan akses koneksi kepada penyerang ke komputer korban dengan menggunakan FTP.

7. Security Software Disabler Trojan.
Jenis-jenis Trojan yang berbahaya yang terakhir adalah Security Software Disabler Trojan. Program Trojan ini dirancang dengan tujuan agar keamanan program layaknya firewall atau antivirus dapat dihancurkan tanpa sepengetahuan pengguna. Jenis virus Trojan satu ini umumnya ditemani jenis lain virus Trojan yang difungsikan sebagai playload.

Cara pencegahan Virus jenis Trojan Horse.
Untuk mencegah Virus jenis Trojan Horse ini, sobat perlu mengambil langkah-langkah atau tindakan seperti berikut ini.

1. Yang pertama tentunya sobat harus memiliki software antivirus dan yang paling penting adalah antivirus tersebut harus selalu terupdate jika ada penambahan database virus baru atau perbaikan program dari antivirus tersebut.

2. Aktifkan juga Firewall bawaan dari OS atau jika perlu untuk menambahkan Firewall tambahan dari luar untuk menambah keamanan atau sekurity pada komputer sobat.

3. Kurangi atau hilangkan kebiasaan mengunduh software-software bajakan karena seringkali si hacker menyusupkan Trojan disitu tanpa sobat sadari.

4. Pendeteksian terhadap Trojan juga dapat dilakukan dengan memeriksa Listening Port dengan menggunakan utilitas tertentu semacam Netstat. Hal ini dikarenakan banyak Trojan yang bekerja di latar belakang (background) sebagai layanan sistem.

5. Saat sobat melihat adanya kejanggalan pada komputer seperti adanya fungsi dari sistem operasi yang tidak jalan atau adanya data-data yang tiba-tiba hilang maka segera lakukan scanning menggunakan software antivirus. Jika hal tersebut masih belum berhasil maka jangan segan-segan untuk menginstal ulang komputer sobat. Namun menginstal ulang sistem operasi merupakan jalan terakhir jika langkah-langkah diatas gagal untuk dijalankan.

Demikian penjelasan lengkap mengenai pengertian Trojan Horse, jenis-jenis Trojan Horse serta bahayanya dan bagaimana cara pencegahannya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.

Related Posts

Pengertian Trojan Horse, Jenis Jenis Dan Bahayanya, Serta Cara Pencegahannya
4/ 5
Oleh