Apa itu Malware, Pengertian Malware, Bahaya Dan Jenis-Jenisnya (Lengkap)

Apa itu Malware, Pengertian Malware, Bahaya Dan Jenis-Jenisnya-Apa itu malware? Apa perbedaan malware dengan virus? Apa saja jenis-jenis malware? Mungkin pertanyaan tersebut yang muncul ketika sobat mendengar kata malware atau memang saat ini sobat sedang mencari pembahasan mengenai malware? Jika jawabannya Iya, maka sobat tidak salah membuka blog ini karena pada artikel kali ini, admin akan membahas secara detail, lengkap dan jelas mengenai pengertian malware, jenis-jenis serta bahayanya.

Pengertian Malware.
Malware merupakan singkatan dari maliciuos Software adalah perangkat lunak yang dibuat atau dirancang untuk menyusup dan tentu saja untuk merusak sebuah sistem. Malware berbentuk program atau script yang dapat mengeksploitasi file-file penting dalam sebuah sistem komputer.
Apa itu Malware, Pengertian Malware, Bahaya Dan Jenis-Jenisnya (Lengkap)
Lalu apa perbedaan antara malware dengan Virus?
Jika melihat penjelasan mengenai malware diatas tentunya virus dan malware tidak ada bedanya karena virus itu sendiri termasuk program yang berbahaya dan biasanya sebuah virus dibuat untuk merusak dan untuk menunjukan eksistensinya.

Virus itu sendiri merupakan salah satu dari jenis-jenis malware karena ada malware yang tidak menampakkan diri jika menyerang sebuah sistem operasi namun dampakknya juga sangat merugikan si korban yang bernama Trojan. (Untuk pembahasan selengkapnya mengenai apa itu Trojan, silahkan baca artikel berikut ini : Pengertian Trojan Horse dan jenis-jenisnya).

Berbeda dengan virus yang biasanya menampakkan diri dengan merusak sebuah sistem komputer yang diserang dengan memberikan peringatan dalam sebuah pesan atau dalam gelaja-gejala yang ditimbulkan.

Trojan Horse dan Virus merupakan bagian dari jenis-jenis malware namun kedua memiliki karakteristik yang berbeda, contohnya virus dibuat untul merusak sistem komputer dan menunjukkan eksistensinya pada komputer korban. SedangkanTrojan dibuat tidak untuk merusak komputer, jika Trojan masuk atau menyerang sebuah sistem komputer, dia akan menyembunyikan dirinya dan memindai komputer korban untuk mencuri berbagai informasi yang ada di komputer korban seperti data-data kartu kredit, akun-akun penting dan lain sebagainya.

Jenis-jenis malware.
Selain kedua jenis malware yang telah admin sebutkan diatas, Malware memiliki jenis-jenis yang lain yang tentunya jika menyerang sebuah sistem pasti akan merugikan si korban. Diantara jenis-jenis malware antara lain :
1. Virus Komputer.
Seperti yang telah disebutkan diatas, Virus Komputer merupakan salah satu dari jenis-jenis malware. Virus Komputer merupakan salah satu jenis malware yang paling dikenal oleh orang-orang, bahkan sebagian dari kita memahami segala macam program yang merusak komputer dianggap sebagai virus.

Virus Komputer sendiri sebenarnya tidak berbahaya jika sobat menyimpan file virus tersebut dikomputer selama sobat tidak mengeksekusi file .exe. Bahkan admin sendiri menyimpan lebih dari 6ribu sample virus yang pernah menyebar diindonesia. Buat sobat yang ingin mengkoleksi file virus-virus tersebut, silahkan klik link berikut ini untuk mengunduhnya : Download kumpulan virus berbahaya.

2. Trojan Horse.
Berdasar ilmu dan informasi yang admin peroleh Trojan Horse merupakan program buatan yang bekerja pada komputer (baik dalam bentuk game, crack, atau program aplikasi lainnya) yang memata-matai hingga mencuri data pada komputer yang telah terinfeksi Trojan tersebut. 

Tak jarang pula, ketukan keyboard dapat terkirim ke alamat tujuan yang telah ditentukan pembuatnya tanpa sepengetahuan si pengguna komputer tersebut. Dengan kata lain, program ini bekerja seperti ‘siluman’ yang proses kerjanya tak dapat diketahui oleh si pengguna komputer dalam keadaan sadar.
Sama halnya seperti virus pada umumnya dan Worm, Trojan ini juga bersifat merusak komputer yang diserang dan tentu saja memberi kerugian bagi pengguna. Bentuk fisik dari Trojan ini seperti perangkat lunak pada umumnya, terlihat biasa saja namun ketika diaktifkan maka akan langsung muncul kerusakan pada sistem atau jaringan komputer sobat.
Apa itu Malware, Pengertian Malware, Bahaya Dan Jenis-Jenisnya (Lengkap)
Asal usul penamaan Trojan Horse atau Kuda Troya.
Asal usul pemberian nama Trojan Horse atau Kuda Troya pada jenis virus yang satu ini adalah merujuk pada sejarah atau peristiwa tentang jatuhnya benteng kerjaan Troya yang pada mulanya tidak bisa ditembus.

Untuk menembus benteng Troya, maka prajurit Sparta menggunakan strategi menyusup pada patung kuda besar yang mereka buat sendiri. Dan ketika sudah memasuki kota, di malam hari mereka keluar dari persembunyian didalam patung kuda tersebut dan menghancurkan kerajaan Troya. Konsep penyerangan seperti itu pula yang diterapkan malware Trojan Horse ini. Penjelasan selengkapnya mengenai Trojan Horse, silahkan baca artikel berikut ini : Pengertian Trojan Horse, jenis-jenis, bahaya serta cara pencegahannya.

3. Worm.
Worm merupakan salah satu jenis malware yang memiliki kemampuan berkembang biak seperti layaknya seekor cacing, cacing  merupakan salah satu hewan yang bisa berkembang biak dengan cara membelah diri dan masuk ke dalam tubuh manusia.

Begitu juga dengan salah satu jenis malware ini. Worm mampu masuk ke dalam komputer melalui kelemahan atau vulnerability dari jaringan komputer, yang kemudian menggandakan dirinay didalam komputer dan menginfeksi komputer sobat secara perlahan hingga keseluruh bagian komputer.

4. Keylogger.
Keylogger merupakan sebuah program yang diciptakan untuk mencatat semua aktifitas dari menekanan atau inputan tombol keyboard. Program ini sebenarnya mempunyai nilai positif jika digunakan dengan cara baik, contohnya seperti untuk mengawasi aktivitas anak ketika sedang main komputer, memantau karyawan yang bekerja, memantau siswa yang sedang belajar dengan menggunakan komputer, dan sebagainya.

Namun akhir-akhir ini sudah banyak orang yang menyalah gunakan keylogger untuk tujuan yang tidak baik atau untuk tindak kejahatan seperti mencuri data / informasi penting punya orang lain dengan cara membobol password atau PIN mereka, membajak, dan sebagainya.

5. Adware.
Secara bahasa, Adware berasal dari dua suku kata yaitu Ad yang artinya adalah iklan dan Ware artinya perangkat atau aplikasi. Jika disimpulkan, Adware adalah sejenis perangkat lunak yang mampu menginstalasi dirinya sendiri ke komputer user tanpa diketahui oleh user itu sendiri, dan akan menampilkan iklan-iklan saat si user mengakses internet.

Iklan-iklan yang ditampilkan pun sangat bervariasi, ada yang sangat mengganggu seperti menutup hampir seluruh halaman browser, ada iklan jenis pop-up di desktop komputer, dan ada juga iklan yang muncul dibrowser dengan menampilkan mesin pencari khusus. Penjelasan selengkapnya mengenai Adware, bisa dibaca pada artikel berikut ini : Pengertian Adware, contoh serta bahayanya.

6. Spyware.
jenis malware yang keenam adalah Spyware, Apa itu Spyware? Spyware merupakan sebuah jenis malware atau software yang fungsinya adalah memata-matai segala hal yang dilakukan oleh user atau dalam hal ini adalah korban.

Tentunya hal tersebut sangat membahayakan, terutama bagi sobat yang sering kali menyimpan kepentingan dan informasi pribadi dan rahasia didalam komputer. Spyware akan mengcopy aktivitas yang sobat lakukan.

7. Rootkit.
Buat sobat yang suka menggunakan software bajakan atau suka mengunduh software bajakan yang terdapat crack, keygen ataupun patch, maka berhati-hatilah terhadap malware yang satu ini. Rootkit merupakan program yang bersembunyi didalam program patch, crack ataupun keygen yang dapat masuk ke kompute sobat dan mencuri informasi-informasi penting didalam komputer sobat dan tentunya hal tersebut sangat merugikan komputer korban.

8. Phising.
Kata-kata Phising mungkin untuk saat ini sudah tidak asing lagi ditelinga sobat. Ya, Phising merupakan sebuah program ataupun situs yang dibuat untuk menyamar atau meniru dari program asli atau situs asli, dimana didalam program atau situs phising tersebut, sobat diminta untuk memasukkan berbagai informasi mengenai data-data sobat, baik itu email, password ataupun data lainnya.

Buat orang yang masih awam dalam hal komputer tentunya akan sangat kesulitan untuk membedakan sebuah situs asli dengan situs tiruan atau phising sehingga banyak orang yang terjebak situs phising tersebut sehingga dapat dengan mudah akun email, password atau data lainnya dicuri oleh si pembuat phising itu sendiri.

Bahaya malware.
Jika komputer terserang Malware, maka sobat harus waspada dan segera lakukan pembersihan dengan antimalware atau dengan antivirus yang terupdate. Jika tidak maka akan banyak sekali program, aplikasi, software, dan bahkan data di dalam komputer yang rusak dan hilang dengan sendirinya. Akan menjadi masalah besar ketika data atau program yang rusak sangat penting dan berhubungan dengan pekerjaan atau bisnis Sobat.

Biasanya ancaman Malware bisa masuk dari internet, kemudian menyebar ke dalam sistem komputer. Bahaya dari serangan Malware memang menimbulkan risiko dan dampak buruk yang luar biasa. Bahkan pada tahun 2000 terjadi serangan Malware dengan nama virus ILOVEYOU yang merusak jutaan komputer perusahaan ternama di Amerika, salah satunya milik CIA dan malware yang sedang booming saat ini adalah ancaman dari Ransomware.

Demikian penjelasan mengenai pengertian malware, jenis-jenis malware serta bahayanya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.

Related Posts

Apa itu Malware, Pengertian Malware, Bahaya Dan Jenis-Jenisnya (Lengkap)
4/ 5
Oleh