asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Mengunci Folder Tanpa Aplikasi Di Windows 7, 8 dan 10-Mengunci atau memberikan password pada folder di windows merupakan perkara yang cukup penting bila di komputer atau laptop sobat terdapat banyak data-data penting yang perlu dijaga kerahasiaannya.

Untuk mengunci file atau folder pada windows 7, 8 ataupun windows 10 caranya cukup mudah. Sobat bisa menggunakan aplikasi ataupun bisa juga tanpa menggunakan aplikasi yaitu hanya cukup menggunakan teks dokument yang nantinya akan disisipkan script untuk menjalankan program untuk mengunci folder.

Lalu bagaimana cara mengunci folder di windows?
Nah untuk cara mengunci atau mem-password folder pada windows 7, 8, dan windows 10 kali ini admin forum komputer akan memberikan 2 trik yang cukup mudah. Trik yang akan admin share ini adalah tanpa aplikasi dan menggunakan aplikasi. Berikut penjelasan selengkapnya.

Cara mengunci folder di windows tanpa aplikasi.
Tips yang pertama bisa sobat jalankan di windows Xp, Vista, 7, 8 ataupun windows 10 karena admin hanya akan memanfaatkan program teks dokument, berikut penjelasan selengkapnya.

1. Pertama sobat buat dulu folder yang ingin dikunci. Disini admin membuat folder dengan nama "Forum Komputer". Sobat bisa membuat folder di drive C, D ataupun Drive lainnya.

2. Kemudian masuk ke folder yang tadi sobat buat lalu buat file teks baru dengan cara klik Kanan => New => Teks Dokument.

3. Selanjutnya masukkan script dibawah ini kedalam teks dokument yang sobat buat tadi.

cls @ECHO OFF title Folder Private if EXIST "HTG Locker" goto UNLOCK if NOT EXIST Private goto MDLOCKER :CONFIRM echo Are you sure you want to lock the folder(Y/N) set/p "cho=>" if %cho%==Y goto LOCK if %cho%==y goto LOCK if %cho%==n goto END if %cho%==N goto END echo Invalid choice. goto CONFIRM :LOCK ren Private "HTG Locker" attrib +h +s "HTG Locker" echo Folder locked goto End :UNLOCK echo Enter password to unlock folder set/p "pass=>" if NOT %pass%== PASSWORD_DISINI goto FAIL attrib -h -s "HTG Locker" ren "HTG Locker" Private echo Folder Unlocked successfully goto End :FAIL echo Invalid password goto end :MDLOCKER md Private echo Private created successfully goto End :End

4. Kemudian ganti tulisan "PASSWORD DISINI" dengan password yang sobat inginkan. Disini admin akan mencontohkan dengan menambahkan password "soycyber" pada folder "Forum Komputer".

5. Selanjutnya Save As file teks tadi dan silahkan beri nama locker.bat dan ganti Save As Type menjadi All Files.

6. Setelah berhasil membuat file locker.bat silahkan sobat hapus file New Teks Dokument.

7. Klik dua kali file Locker, maka akan secara otomatis akan muncul folder yang bernama Private. Simpan semua file dan data penting sobat ke dalam folder private.

8. Setelah sobat selesai menyimpan file-file penting ke dalam folder private kemudian jalankan kembali file Locker, sobat akan melihat tampilan dibawah ini. Tekan Y kemudian Enter.

9. Maka secara otomatis folder Private akan hilang. Untuk melihat file Private tersebut maka sobat jalankan kembali file Locker, kemudian masukkan password yang sobat buat tadi untuk membukanya.

Bagaimana jika lupa password?
Jika sobat lupa password untuk membukanya maka sobat tinggal klik Kanan file Locker kemudian pilih Edit. Di menu edit akan terlihat password yang sobat buat. Atau bila perlu ganti password sobat sesuai dengan cara yang telah dijelaskan pada langkah ke 4 diatas.


Mengunci folder menggunakan aplikasi SecretFolder.
Cara mengunci folder menggunakan aplikasi merupakan cara yang cukup mudah untuk mengamankan file dan data sobat dari tangan-tangan jahil, sobat hanya perlu menginstal aplikasi pengunci folder menggunakan sebuah aplikasi. Pada tutorial kali ini, admin akan menggunakan aplikasi ScretFolder sebagai tool-nya.

Pada artikel sebelumnya, admin juga sudah pernah mengulas cara mengunci atau mempassword file atau folder menggunakan aplikasi FolderLock dan aplikasi BitLocker, buat sobat yang ingin membacanya silahkan klik link dibawah ini.

Kembali ke pokok pembahasan. Aplikasi ScreetFolder juga tidak kalah bagus dengan aplikasi-aplikasi pengunci file atau folder yang telah admin bahas. Berikut langkah-langkah menggunakan aplikasi ScretFolder untuk mengunci folder penting.

1. Pertama silahkan sobat unduh aplikasi ScretFolder Disini.
2. Setelah terunduh silahkan sobat instal. Saat proses instal berlangsung, aplikasi akan meminta password dan email recovery. Silahkan sobat buat password untuk aplikasi ScretFolder dan isikan juga email recovery jika suatu saat sobat lupa password pada aplikasi tersebut (lihat gambar dibawah ini). Lalu klik "Ok".
Cara Mengunci Folder Di Windows 7, 8 dan 10 Paling Mudah

3. Selanjutnya +Add untuk memasukkan file atau data ke aplikasi ScretFolder agar dikunci lalu klik Ok. Sebagai contoh, admin akan menambahkan folder film G30S/PKI (lihat gambar dibawah ini).
Cara Mengunci Folder Di Windows 7, 8 dan 10 Paling Mudah
Perlu sobat ketahui, folder yang sudah di lck atau dikunci tidak bisa terlihat di windows explorer. Jika sobat ingin melihat folder yang dikunci maka sobat harus membuka aplikasi ScretFolder terlebih dahulu.

Demikian penjelasan mengenai cara mengunci folder menggunakan aplikasi dan tanpa menggunakan aplikasi di windows. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.


































Loading...