Cara Mengatasi Laptop Tiba Tiba Mati Sendiri Saat Proses Booting

Cara mengatasi laptop yang tiba-tiba mati sendiri saat booting-Pernah kah sobat mengalami laptop yang tiba-tiba mati sendiri saat proses booting atau memang saat ini masalah tersebut sedang sobat alami? Jika jawabannya Iya maka sobat perlu membaca artikel ini sampai selesai karena admin akan memberikan beberapa tips mengatasi laptop yang tiba-tiba mati sendiri saat booting atau saat sedang digunakan.
Cara Mengatasi Laptop Tiba Tiba Mati Sendiri Saat Proses Booting

Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap perangkat elektronik (dalam hal ini laptop) pasti akan mengalami masalah, baik itu terjadi secara tiba-tiba ataupun memiliki tanda-tanda seperti hardisk laptop atau komputer yang bunyi (dalam istilah komputer "hardisk ngorok") hal tersebut menandakan bahwa perangkat hardisk tersebut sudah saatnya untuk diganti.

Namun apabila masalah pada laptop terjadi secara tiba-tiba seperti laptop yang tiba-tiba mati sendiri baik saat proses booting ataupun saat sedang digunakan maka hal tersebut tentunya tidak begitu jelas dari mana penyebabnya (masih samar).

Laptop yang tiba-tiba mati sendiri saat booting atau saat sedang digunakan bisa disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut.

1. Overheat (Panas yang berlebih).
Faktor utama dari laptop yang mati sendiri adalah overheat pada laptop. Panas sangat berpengaruh sekali dengan kinerja laptop itu sendiri. Selain dapat menyebabkan laptop menjadi lemot, overheat juga dapat menyebabkan laptop mati sendiri secara tiba-tiba.
Overheat yang terjadi pada laptop juga bisa disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut :
  • Debu dan kotoran.
  • Penggunaan laptop yang tidak benar seperti menggunakan laptop diatas bantal atau kasur. Barang-barang seperti bantal, kasur atau lainnya dapat menghambat sirkulasi udara yang ada dibawah laptop, jika sirkulasi udara laptop terganggu maka panas yang dihasilkan oleh prosessor tidak terbuang dengan sempurna.
  • Kipas prosessor bermasalah. Masalah yang terjadi biasanya putaran kipas prosessor melambat karena faktor usia atau memang kipas prosesor tidak berputar karena rusak.
  • Thermal pasta kering.
2. RAM bermasalah. RAM merupakan salah satu komponen utama dari laptop. Biasanya saat RAM mengalami masalah tanda-tandanya layar laptop BSOD yang kemudian langsung restart sendiri. Tapi terkadang juga Laptop langsung mati sendiri jika RAM rusak total.

3. Sistem operasi bermasalah. Kegagalan sistem operasi merupakan masalah yang dapat menyebabkan suatu komputer mati sendiri atau restart sendiri, tidak dapat login, tidak dapat booting tapi tetap dapat mengakses BIOS. Banyak hal dapat mempengaruhi kegagalan sistem operasi dalam beroperasi diantaranya ada file system yang corrupt atau terhapus karena virus, driver yang bentrok, dan lain sebagainya.

4. Baterai laptop rusak atau kemampuannya sudah mulai menurun. Dikutip dari dosenit.com, energi listrik pada laptop sebagian besar bersumber dari baterai, saat kapasitas baterai laptop mulai berkurang, secara normal sistem operasi Windows (atau sistem operasi lain) akan menampilkan peringatan untuk segera menghubungkan laptop dengan charger, apabila tidak juga kita lakukan maka saat baterai benar-benar kehabisan daya, sistem operasi Windows akan mengaktifkan fitur hibernate (pada sistem operasi lain juga mungkin ada fitur yang serupa dengan hibernate hanya mungkin namanya saja yang berbeda).

Saat kemampuan baterai laptop mulai menurun, biasanya kapasitas baterai laptop akan cepat habis, selain waktu yang dibutuhkan untuk mengisi ulang daya (recharge) akan lebih lama dari biasa. Hal tersebut juga berpengaruh terhadap kemampuan sistem operasi dalam menampilkan peringatan baterai lemah dan melakukan hibernate, mungkin saja peringatan baterai lemah tidak ditampilkan dan laptop tiba-tiba hibernate karena daya baterai berkurang dengan cepat sehingga jarak antara (sebut saja) kapasitas baterai 5% (atau 10%) dengan 0% itu hanya beberapa detik, dan waktu yang tersisa digunakan oleh sistem operasi windows untuk melakukan hibernate.

Cara mengatasi laptop yang tiba-tiba mati sendiri. Untuk mengatasi laptop yang tiba-tiba mati sendiri, silahkan sobat simak pembahasan berikut ini.

1. Untuk mengatasi panas/overheat karena debu atau kotoran yang menumpuk, silahkan sobat bersihkan debu-debu dan kotoran yang menumpuk tersebut menggunakan vacum cleaner atau jika sobat mampu membongkar maka dengan membongkar laptop akan lebih memudahkan sobat dalam membersihkan debu yang menempel dibagian dalam laptop itu seperti pada kipas prosessor dan area yang tidak sulit untuk dijangkau seperti pada komponen motherboard.
Cara Mengatasi Laptop Tiba Tiba Mati Sendiri Saat Proses Booting
Lumasi prosesor dengan thermal pasta yang baru jika sudah kering dan gunakan cooling pad untuk membantu proses pendinginan pada prosessor. Jangan menaruh laptop diatas bantal, kasur atau barang-barang lainnya yang dapat membuat sirkulasi udara menjadi terhambat.

2. Untuk mengatasi RAM yang mengalami korosi pada kaki-kaki RAM, sobat bisa membersihkannya menggunakan penghapus pensi yang bertujuan untuk membuang kerak yang timbul dadi panas yang dihasilkan dadi proses kerja RAM itu sendiri.

3. Solusi untuk mengatasi permasalahan yang ditimbulkan dari sistem operasi yang bermasalah mungkin akan melegakan karena masalah tersebut bukan disebabkan oleh hardware yang tentunya sobat tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya. Jika masalah pada sistem operasi sudah terlalu fatal seperti terserang virus atau mungkin sistem operasi tersebut sudah tidak sehat lagi maka lebih baik untuk menginstal ulang sistem operasi sobat akan laptop sobat jadi lebih fresh lagi setelah diinstal ulang.

Tentunya sebelum sobat melakukan proses instal ulang, sobat sudah melakukan langkah-langkah seperti me-repair sistem operasi atau melakukan tindakan restore sistem operasi namun hasilnya masih tetap nihil. Instal ulang merupakan jalan terakhir jika perbaikan ringan pada sistem operasi mengalami kegagalan.

4. Untuk mengatasi permasalah pada baterai laptop, sebaiknya sobat selalu bekerja dekat terminal (colokan) listrik dan charger. Hal tersebut untuk mengantisipasi komputer mati karena baterai yang mulai rusak, selalu dekatkan charger sobat dan bekerjalah dekat terminal listrik, sehingga saat kapasitas baterai mulai berkurang, sobat dapat segera menghubungkan charger laptop sobat untuk mencegah laptop mati. Jika sobat yakin baterai laptop sobat merupakan penyebab utama dari mati-nya laptop, pertimbangkan untuk membeli baterai baru.
Cara Mengatasi Laptop Tiba Tiba Mati Sendiri Saat Proses Booting
Hal tersebut penting karena apabila baterai yang sudah tidak berfungsi normal masih digunakan dalam keadaan terhubung dengan charger (menggunakan laptop dalam keadaan baterai sedang di charge) hanya akan menambah kerusakan pada baterai laptop sobat yang akhirnya baterai laptop benar-benar tidak dapat menyimpan daya sama sekali.

Related Posts

Cara Mengatasi Laptop Tiba Tiba Mati Sendiri Saat Proses Booting
4/ 5
Oleh