Cara Mematikan Windows Defender Di Windows 10 Secara Permanen dan Sementara

Cara menonaktifkan atau mematikan windows defender-Windows defender merupakan antivirus bawaan dari sistem operasi windows 8.1 dan windows 10. Meski antivirus windows defender adalah antivirus bawaan dari windows 8.1 dan windows 10, antivirus windows defender ini juga mendukung sistem operasi windows XP, Vista, 7 dan windows 8. Buat sobat yang masih menggunakan sistem operasi tersebut diatas, sobat dapat mengunduhnya diinternet.

Windows defender sebenarnya cukup ampuh dalam menghadang virus-virus yang akan masuk ke komputer kita, namun terkadang saat kita akan menginstal sebuah aplikasi kadang dicekal oleh windows defender tersebut karena dianggap virus. Solusi untuk mengatasi hal tersebut biasanya kita disarankan untuk menonaktifkan sementara atau permanen antivirus windows defender tersebut.

Selain itu, jika sobat ingin menginstal aplikasi antivirus pihak ketiga juga tentunya sobat disarankan untuk menonaktikan windows defender terlebih dahulu, karena terkadang antivirus windows defender akan menganggap aplikasi atau antivirus pihak ketiga yang akan kita instal dianggap virus oleh windows defender.

Lalu bagaimana cara menonaktifkan atau mematikan windows defender secara permanen dan sementara? 
Untuk mematikan windows defender secara permanen dan sementara sebenarnya cukup mudah sekali, sobat hanya perlu melakukan beberapa pengaturan saja untuk menonaktifkannya.
Pada artikel kali ini, admin forum komputer akan menjelaskan langkah-langkah cara mematikan antivirus windows defender secara permanen maupun sementara

Disini admin menggunakan sistem operasi windows 10 sebagai medianya, buat sobat yang menggunakan sistem operasi windows 8.1 ataupun dibawahnya maka langkah-langkahnya tidak jauh berbeda dan bahkan sama persis caranya. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai cara menonaktifkan windows defender pada windows 10.

Cara mematikan windows defender di windows 10 sementara.
1. Jalankan aplikasi windows defender, kemudian sobat klik menu "Virus & Threat Protection".
Cara Mematikan Windows Defender Di Windows 10

2. Selanjutnya klik opsi "Virus & threat protection settings".
Cara Mematikan Windows Defender Di Windows 10

3. Kemudian pada menu "Virus & threat protection settings", matikan seluruh proteksi yang ada pada menu tersebut seperti Real-time protection dan cloud-delivered protection dengan cara klik pada toggle tersebut hingga posisi toggle berubah menjadi off.
Cara Mematikan Windows Defender Di Windows 10

Jika sobat ingin menghidupkan kembali windows defender, sobat tinggal masuk ke menu "Virus & threat protection setting" dan kemudian ubah posisi toggle menjadi On.

Cara mematikan windows defender secara permanen.
Untuk mematikan windows defender secara permanen ada 2 cara yaitu melalui "Registry Editor" dan "Services". Berikut penjelasan selengkapnya.

Cara mematikan windows defender secara permanen melalui menu services.
1. Buka menu Run dengan menekan tombol CTRL+R secara bersamaan, kemudian ketik "services.msc" tanpa tanda kutip lalu tekan "Enter".
Cara Mematikan Windows Defender Di Windows 10

2. Pada menu services, kemudian sobat cari "Windows Defender advanced threat protection services" lalu klik 2X kali.
Cara Mematikan Windows Defender Di Windows 10

3. Selanjutnya ubah StartUp Type menjadi "Disable" kemudian klik "Apply" lalu klik "Ok".
Cara Mematikan Windows Defender Di Windows 10


Cara mematikan windows defender secara permanen melalui Registry Editor.
1. Buka menu registry editor dengan cara menekan tombol CTRL+R secara bersamaan kemudian ketik "regedit" tanpa tanda petik lalu tekan "Enter'.
Cara Mematikan Windows Defender Di Windows 10

2. Setelah masuk ke menu registry editor, kemudian klik HKEY_LOCAL_MACHINE > SYSTEM > CurrentControlSet > Services > SecurityHealthService.
3. Kemudian pada jendela sebelah kanan, klik 2X pada opsi "Start".
Cara Mematikan Windows Defender Di Windows 10

4. Selanjutnya ganti Value Data menjadi 4 dan pastikan opsi Base berada pada Hexadecimal. Setelah itu klik "Ok".
Cara Mematikan Windows Defender Di Windows 10

5. Yang terakhir restart komputer sobat untuk menerapkan pengaturan yang telah sobat buat tadi.

Demikian penjelasan mengenai cara menonaktifkan windows defender secara permanen dan sementara. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.





Related Posts

Cara Mematikan Windows Defender Di Windows 10 Secara Permanen dan Sementara
4/ 5
Oleh