Apa Perbedaan JPG Dan JPEG Pada Gambar

Pebedaan JPG Dan JPEG Pada Gambar-Setiap file baik itu file video, gambar atau lainnya pasti memiliki sebuah format sebagai identitasnya. Contohnya saja pada gambar memiliki beberapa format seperti JPG, JPEG ataupun PNG. Mungkin sobat bisa membedakan antara format gambar JPG dan PNG atau JPEG dan PNG, tapi ada satu masalah yang agak mengusik admin yaitu perbedaan antara format JPEG dan JPG. Apakah keduanya memiliki perbedaan? kalau tidak memiliki perbedaan kenapa fomat tersbeut dibagi menjadi dua yaitu JPEG dan JPG?
Apa Perbedaan JPG Dan JPEG Pada Gambar
Dari pertanyaan-pertanyaan yang terus mengganjal diatas, admin mencoba menelusuri mengenai apa perbedaan antara format JPG dan JPEG. Dan dari kesimpulan yang admin peroleh adalah format antara JPG dan JPEG sama saja dan hanya ada sedikit perbedaan dikarenakan awal pembuatannya. 

Contohnya saja diawal pembuatan format JPG hanya bisa dibuka pada sistem operasi Windows, format JPEG hanya bisa dibuka pada sistem operasi Macintosh. Tapi dengan seiring perkembangan jaman, kedua format tersebut sama-sama bisa dibuka pada kedua sistem operasi tersebut. Dan bukan hanya kedua sistem operasi tersebut, sistem operasi lainnya pun bisa membuka format JPG dan JPEG seperti sistem operasi Android dan iOS pada smartphone.

Apakah masih ada perbedaan lainnya antara JPG dan JPEG?
Jika bertanya mengenai perbedaan dari kedua format tersebut, jika dilihat dari asal usulnya kedua format tersebut maka jawabannya ada perbedaan.

Asal Usul Format JPG dan JPEG.
JPEG sendiri merupakan sebuah singkatan dari Joint Photographic Expert Group. JPEG sendiri merupakan sebuah format yang paling umum pada ekstensi sebuah foto maupun gambar. Ekstensi file JPEG pertama kali dirilis pada tahun 1992 sebagai standar ISO.

Ekstensi JPEG pada saat itu adalah format gambar yang paling umum dipakai untuk ekstensi foto. Format gambar satu ini memang cukup bagus untuk foto yang berwarna maupun jenis gambar yang banyak menggunakan campuran warna seperti gradien. Akan tetapi, format JPEG kurang cocok digunakan untuk gambar yang lebih tajam. Pada saat dicetak, gambar yang menggunakan format JPEG akan sedikit kabur dalam visualnya. Hal tersebut disebabkan metode kompresi yang digunakan adalah metode kompresi lossy.

Apakah masih ada lagi perbedaan antara format JPG dan JPEG?
Admin sendiri menilai tidak ada lagi perbedaan antara format JPG dan JPEG. Jika kita melihat pada kualitas gambar kedua format tersebut maka jawabannya sama saja. Kedua format tersebut akan menurun kualitasnya jika diutak-atik.

Kualitas gambar format JPG dan JPEG akan selalu berubah tergantung pada kompresi gambar yang dilakukan. Apabila file JPG dibuka meskipun tanpa pengeditan lalu di Save As kembali dengan nama baru maka jika kita melihat dari sisi kualitas gambar, ada sedikit perbedaan yang cukup "Kabur" antara foro asli dengan foto yang hasil disimpan tadi.

Hal ini juga sangat terlihat saat kita mengompres gambar dari besar menjadi kecil ataupun sebaliknya. Pada saat sobat mengompres gambar dari ukuran besar menjadi kecil, mungkin terlihat biasa saja, akan tetapi jika gambar diperbesar beberapa kali, maka kita akan melihat banyak noise yang terlihat di dalamnya.

Begitu juga saat sobat mengubah format gambar JPEG yang ukurannya kecil menjadi lebih besar. Sobat akan melihat gambar yang seperti ditarik dibandingkan gambar yang terlihat jernih atau bagus. Jadi, bisa dikatakan kualitas gambar pada format JPEG maupun JPG akan menurun apabila sobat melakukan pengeditan gambar tanpa memperhatikan detail-detailnya.

Kesimpulannya antara format JPG dan JPEG tidak memiliki perbedaan sama sekali kecuali jika kita melihat dari asal usul kedua format tersebut. Namun jika melihat dari kualitas gambar dan dukungan dari sistem operasi maka kedua format gambar tidak memiliki perbedaan.
Demikian penjelasan mengenai Apakah ada perbedaan antara format JPG dan JPEG. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.
















Related Posts

Apa Perbedaan JPG Dan JPEG Pada Gambar
4/ 5
Oleh