20 Tips Menghemat Baterai HP Android Agar Awet dan Tahan Lama

Tips Menghemat Baterai Di Android Biar tidak Boros-Kendala atau masalah yang sering dihadapi oleh pengguna smartphone khususnya OS Android adalah baterai smartphone yang boros. Selain baterai smartphone memang dikenal tidak tahan lama, konsumsi daya pada system operasi android juga menjadi penyebab baterai pada smartphone android boros.
20 Tips Menghemat Baterai HP Android Agar Awet dan Tahan Lama
Konsumsi daya yang besar pada smartphone ber-OS android  bisa disebabkan oleh aplikasi yang berjalan di background. Aplikasi yang berjalan di background atau dibalik layar sangat menguras baterai andorid kita, apalagi jika banyak aplikasi yang berjalan di background, mungkin tidak lebih dari empat jam, kita harus mengisi/chass ulang baterai smartphone android kita.

Lantas bagaimana cara menghemat baterai smartphone android kita? Sebenarnya untuk menghemat baterai smartphone android kita cukup sederhana, dan pada artikel kali ini admin forum komputer akan share tips dan trik menghemat baterai HP android kita agara tidak boros. Berikut penjelasan selengkapnya.

Tips menghemat baterai android paling jitu.
1. Atur kecerahan layar secara manual.
Tips yang pertama adalah silahkan sobat mengatur kecerahan layar secara manual, aturlah kecerahan layar seminimal mungkin dan sesuaikan dengan keadaan pencahayaan disekitar sobat. Misalnya jika dalam kondisi malam hari atau gelap, redupkan layar sampai titik paling redup agar menghemat menggunakan baterai smartphone.

Kebanyakan orang lebih memilih menggunakan pengaturan “otomatis” atau “auto”, dimana layar akan menyesuaikan kecerahan ketika situasi tertentu. Karena auto brightness atau kecerahan otomatis sangat menguras baterai, maka lebih baik anda mengatur kecerahan layar secara manual.

2. Gunakan background warna hitam.
Background warna hitam sangat ampuh sekali dalam mengirit atau menghemat konsumsi baterai smartphone kita, apalagi untuk pengguna smartphone dengan layar jenis AMOLED. Semakin gelap warnanya, maka semakin sedikit pula konsumsi dayanya. Layar AMOLED ini biasanya digunakan pada perangkat Samsung.

3. Hindari penggunaan live wallpaper.
Menggunakan live wallpaper memang sangat menarik untuk dilihat, namun hal ini akan meningkatkan kinerja dari prosessor sehingga menyebabkan baterai android sobat akan cepat sekali terkuras. Agar baterai smartphone sobat tidak cepat habis maka admin sarankan untuk tidak menggunakan live wallpaper pada HP sobat.

4. Matikan mode getar (Vibrate).
Jika tidak begitu dibutuhkan sebaiknya sobat mematikan fitur getar pada smartphone sobat, soalnya untuk menjalankan fitur getaran pada smartphone akan memakan daya yang lebih besar ketimbang hanya menggunakan suara saja. Matikan juga haptic feedback untuk semakin mengoptimalkan penghematan baterai Anda.

5. Matikan koneksi internet dan set mode airplane.
Tips ini bisa sobat jalankan saat sedang bekerja, sedang sholat atau sedang sibuk. Selain tidak mengganggu pekerjaan atau ibadah sobat, hal tersebut juga sangat banyak menghemat penggunaan baterai. Silahkan sobat bereksperimen untuk mematikan internet dan menghidupkan mode air plane selama beberapa jam, tentunya ada perbedaan dalam penggunaan baterai dengan tetap menghidupkan koneksi internet.

6. Gunakan baterai original atau baterai double power (DP).
Jika baterai sobat rusak, gantilah dengan baterai original atau baterai double power dari merk yang terpercaya. Mengeluarkan uang lebih banyak untuk membeli baterai original atau double power sangat jauh lebih baik daripada sobat membeli baterai dengan harga yang murah namun memiliki kualiatas KW yang dapat merusak HP sobat.

7. Kurangi Screen Timeout.
Kurangilah screen timeout atau waktu mati otomatis layar ketika tidak digunakan. Jika saat ini sobat mengaturnya selama 1 menit atau 1 jam, kurangilah menjadi 30 atau 15 detik saja. Selain itu biasakanlah untuk mematikan layar secara langsung ketika sedang tidak digunakan.

8. Matikan Fitur yang Tidak Dipakai.
Beberapa fitur umum seperti GPS, Bluetooth, atau NFC serta fitur khusus seperti air gestures dan smart scrolling memakan cukup banyak daya baterai. Jika sobat tidak menggunakannya, maka sobat dapat fitur-fitur tersebut untuk lebih menghemat baterai.


9. Atur konektivitas Wi-Fi 
Jika sobat terhubung ke internet melalui koneksi Wi-Fi, maka matikanlah koneksi melalui mobile data. Rubah juga pengaturan Wi-Fi di perangkat sobat menjadi ”Always on during sleep” karena hal ini akan mengkonsumsi lebih sedikit daya dibandingkan dengan harus melakukan reconnecting setiap kali smartphone Android sobat menyala.

10. Hapus Widget yang Tidak Diperlukan.
Hapuslah berbagai macam widget yang tidak diperlukan, terutama widget yang terhubung ke internet seperti Facebook, Twitter, ataupun widget cuaca. Menghapus widget yang tidak diperlukan bisa membantu penggunaan baterai smartphone sobat agar lebih irit.

11. Aktifkan mode penghemat baterai.
Walau membatasi kinerja smartphone android, menggunakan mode hemat baterai menjadi pilihan yang bagus untuk menghemat baterai smartphone android. Kita bisa mengatur secara otomatis mode hemat baterai setelah baterai menunjukan beberapa persen saja. Admin sendiri selalu mengaktifkan mode hemat baterai, sehingga baterai android tahan lama.

12.  Nonaktifkan Sinkronisasi Otomatis.
Kita perlu menonaktifkan sinkronisasi otomatis untuk akun yang tidak terlalu dibutuhkan. Tanpa kita sadari, ada faktor yang menyebabkan baterai android cepat habis. Yaitu ketika kita menggunakan banyak aplikasi, terutama Google apps.

Google apps akan melakukan beberapa sinkronisasi di belakangnya, dan admin rasa sobat tidak membutuhkan semuanya. Untuk itu, sebaiknya sobat mematikan saja sinkronisasi otomatis untuk aplikasi yang tidak diperlukan. Caranya masuk ke Pengaturan > Akun.
Pilih aplikasi untuk melihat aplikasi apa yang telah di sinkronisasi (salah satu yang terbesar adalah Google). Di bawah Google, sobat akan menemukan daftar panjang aplikasi. Cara ini bisa dilakukan hampir untuk semua app yang mengharuskan sobat login ke akun. Tetapi tidak semua app memungkinkan untuk dinonaktifkan.

13. Bijak dalam mengaktifkan Tethering.
Tethering atau Hotspot Wi-Fi portabel sangat menguras baterai! Admin sudah membuktikannya sendiri karena hampir setiap hari dmin melakukannya. Jadi cara menghemat baterai android dengan tidak menyalakan tethering. Jika sobat terpaksa mengaktifkan tethering maka setelah menggunakan maka sesegera mungkin untuk mematikannya jika sudah tidak digunakan.

14. Charge Setiap Ada Kesempatan.
Hampir semua handphone Android saat ini menggunakan baterai berjenis Lithium Ion dan Lithium Polymer yang tidak memiliki sistem memory. Artinya, baterai tersebut tidak perlu diisi hingga penuh ataupun dibiarkan kosong hingga penuh. Dengan begitu sobat bisa mengisi ulangnya walaupun hanya sedikit kapanpun dan di manapun agar tidak cepat kehabisan daya.

15. Update Aplikasi. 
Selalu update aplikasi secara berkala untuk mendapatkan performa yang optimal. Para pengembang biasanya memberikan update untuk mengoptimalkan penggunaan baterai serta memori. Selain itu, hapuslah aplikasi yang sudah tidak digunakan agar aplikasi tersebut tidak berjalan di background dan memakan jatah memori serta baterai sobat.

16. Matikan Auto Update Play Store 
Melakukan update aplikasi sangatlah penting untuk menjaga performanya agar tetap optimal. Namun sobat sebaiknya melakukan update aplikasi ini secara manual dan jangan men-setingnya untuk melakukan update otomatis. Hal ini dilakukan agar Play Store tidak melakukan update ketika baterai sobat dalam keadaan low-batt.

17. Gunakan fitur "Doze" pada Android 6.0.
Fitur Doze merupakan sebuah fitur untuk menghemat baterai, ketika smartphone android tidur, Doze akan otomatis bekerja. Dan senangnya kita masih bisa mendapatkan notifikasi dari aplikasi-aplikasi penting.

Dibalik kelebihannya, terdapat satu kekurangan Doze. Doze hanya bekerja ketika smartphone android benar-benar diam. Sehingga Doze tidak akan bekerja ketika sobat menaruh android di saku dan jalan-jalan sepanjang hari.

18. Gunakan Lockscreen Widget.
Jika perangkat Android sobat sudah mendukung fitur lockscreen widget, maka gunakanlah fitur tersebut. Dengan fitur tersebut sobat dapat mengakses aplikasi secara langsung melalui lockscreen tanpa perlu membuka kunci perangkat sobat terlebih dahulu.

19. Bersihkan aplikasi yang tidak diperlukan.
Banyak pengguna hp Android yang menganggap kalau menutup aplikasi sudah cukup untuk membuat hp menjadi lebih enteng. Padahal, itu hanya membuatnya ditutup namun tetap berjalan di background.

Kalau itu dibiarkan terus menerus, maka akan memakan memori ram dan juga baterai. Karena itu, cobalah masuk ke menu multitasking dan cek apa saja aplikasi yang masih berjalan. Kalau ada aplikasi yang sudah tidak terpakai, lebih baik matikan saja.

29. Bijak dalam menggunakan smartphone.
Maksud dari bijak dalam menggunakan smartphone adalah misalnya jika sobat sedang bermain game offline, sebaiknya matikan koneksi internet atau membersihkan aplikasi yang berjalan dibalik layar terlebih dahulu sebelum bermain game atau menggunakannya dalam waktu yang lama. Meski terlihat sederhana namun cukup bagus untuk menghemat baterai.

Selain itu, sebaiknya sobat jalan menggunakan HP sambil di charger, selain membuat baterai cepat rusak atau baterai malah menjadi boros, hal tersebut juga membuat smartphone sobat bisa mengalami masalah seperti mudah panas.

Demikian penjelasan mengenai 20 tips menghemat baterai smartphone android agar awet dan tahan lama. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.



























Related Posts

20 Tips Menghemat Baterai HP Android Agar Awet dan Tahan Lama
4/ 5
Oleh