12 Tips Memilih Casing PC Gaming Terbaik Yang Kuat dan Berkualitas

Tips Memilih Casing PC Gaming-Casing merupakan sebuah wadah atau tempat dimana hampir semua komponen komputer berada. Meski terlihat sepele namun memilih casing PC yang bagus, aman dan kuat merupakan salah satu tips tersendiri dari admin. Casing komputer sangat berperan dalam proses sirkulasi udara yang ada didalam atau disekitaran casing tersebut, apalagi sebagian dari komponen-komponen yang berada didalam casing menghasilkan panas seperti prosessor. Oleh sebab itu, memilih casing yang bagus dan berkualitas terutama dalam hal sirkulasi udara didalam casing merupakan hal yang cukup penting untuk diperhatikan.

Casing PC yang kuat, aman dan memiliki sirkulasi udara yang baik sangat membantu komponen-komponen didalamnya dalam melakukan proses kerjanya, terutama untuk pengguna komputer yang biasa menggunakan PC untuk bermain game. Nah, untuk menunjang user dalam bermain game tentunya banyak produsen-produsen dari casing komputer yang khusus membuat casing yang diperuntukan user yang suka bermain game. Selain memiliki tampilan yang elegant, para produsen casing gaming juga mendesain casing-casing komputer tersebut sebagus mungkin dalam sisi sirkulasi udara maupun tingkat ketahanan dari bahan-bahan yang digunakan.

Dari banyaknya produsen casing komputer yang memproduksi casing gaming mungkin sobat agak kebinggungan dalam memilih casing gaming yang bagus yang cocok untuk keperluan bermain game sobat. Nah pada artikel kali ini, admin akan memberikan tips buat sobat yang akan memilih casing gaming yang terbaik.

Apa saja tips memilih casing gaming yang kuat, aman dan bagus?
Untuk memilih casing gaming yang kuat, aman dan bagus, admin akan memberikan 12 tips dalam memilih casing gaming yang perlu sobat ketahui. Berikut penjelasan selengkapnya.


12 Tips memilih casing gaming.
1. Ukuran Casing.
Tips pertama yang admin rekomendasikan adalah ukuran casing. Sobat perlu menyesuaikan ukuran casing dengan perangkat yang akan sobat gunakan, pemilihan ukuran casing komputer juga akan mempengaruhi penggunaan komponen yang ada di dalam casing komputer khususnya motherboard.
Ukuran Casing
Umumnya ada 3 jenis ukuran casing yang sering digunakan pengguna komputer untuk merakit komputer idamannya yaitu Mini Tower, Middle Tower dan juga Full Tower. Sobat bisa memilih casing sesuai dengan ukuran CPU yang sobat miliki. Untuk komputer gaming, sobat membutuhkan Casing CPU PC terbaik yang jauh lebih besar karena casing tersebut digunakan untuk menyimpan beberapa komponen komputer didalamnya.

2. Desain Casing.
Untuk memilih casing terbaik khususnya buat keperluan gaming tentunya selain desain dari casing itu sendiri yang memang diperuntukkan PC gaming, sobat juga perlu memilih casing gaming dengan model yang elegant. Model casing gaming yang futurisktik atau elegant tentunya memiliki kesan tertentu buat pemiliknya.
Desain Casing
Beberapa casing komputer tampil dengan desain yang futuristik dengan lekukan tegas yang memberikan kesan bahwa casing komputer ini berasal dari masa depan. Biasanya juga tampil mirip seperti robot atau terkesan seperti robot. Selain itu ada juga casing komputer yang memiliki desain sederhana namun elegan. Dengan desain yang seperti ini tentunya akan memberikan kesan ringkas, sederhana.

3. Kompabilitas Casing Terhadap Motherboard.
Kompabilitas Casing Terhadap Motherboard
Sebelum membeli Casing CPU PC T\terbaik, Anda juga harus mempertimbangkan motherboard pada komputer gaming Anda. Pertimbangkan Form Faktor pada motherboard sebelum Anda membeli Casing CPU PC terbaik. Pada dasarnya CPU memang erat hubungannya ddengan motherboard sehingga saat membeli casing CPU, Anda juga harus memperhitungkan motherboard komputer gaming yang Anda gunakan. 

4. Managemen Kabel.
Memang perlu sedikit ketelatenan saat memasang komponen komputer ke dalam casing komputer yang berukuran kecil salah satu hal yang penting adalah manajemen kabel di dalam casing PC. Manajemen kabel ini penting tidak hanya untuk casing komputer ukuran kecil tetapi juga pada casing komputer ukuran besar (tower). Manejemen kabel ini akan berkaitan dan berpengaruh pada aliran udara di dalam casing komputer. 
Managemen Kabel
Selain berhubungan kelancaran air flow di dalam casing komputer, manajemen kabel juga menyangkut soal estetika. Estetika ini mempengaruhi dengan apa yang ditampilkan, apa yang terlihat dari casing komputer. Apalagi saat ini sedang tren casing komputer dengan bagian samping yang transparan dengan menggunakan tempered glass. Dengan menggunakan casing komputer yang bagian sampingnya terlihat maka bagian dalam casing komputer akan terlihat dengan jelas. Jika bagian dalam casing komputer rapi, maka akan menambah keindahan dari komputer sobat.

5. Brand/Merk.
Brand atau merk memang bukan tips utama buat sobat yang ingin memilih casing gaming, namun meski bukan tips utama, pemakaian casing dengan brand yang cukup terkenal bisa sobat pertimbangkan saat akan membeli casing komputer gaming.

6. Jumlah Penempatan Fan/Kipas Casing.
Dalam memilih sebuah casing komputer, hal penting lainnya yang harus dipertimbangkan adalah ada tidaknya tempat untuk kipas casing tambahan. Keberadaan kipas casing tambahan ini penting dalam hal mengatur aliran udara dalam casing sehingga bisa memaksimalkan proses pendinginan komputer khususnya udara di dalam casing komputer. 
Jumlah Penempatan Fan/Kipas Casing
Secara umum, saat membeli casing komputer, biasanya sudah termasuk dengan satu buah fan (kipas) pada bagian belakang. Kipas tersebut berfungsi untuk menarik udara di dalam casing komputer menuju keluar casing komputer. Terkadang penggunaan kipas ini masih dirasa kurang sehingga perlu ditambahkan kipas lainnya. Pemasangan kipas tambahan ini pun bisa disesuaikan dengan rancangan pola aliran udara di dalam casing komputer yang akan digunakan, apakah menggunakan tekanan negatif, atau positif.  

7. Optical Drive Bay.
Ada tidaknya slot optical drive (CD/DVD drive) pada sebuah casing komputer tentunya tergantung dari kebutuhan sobat sendiri. Apakah sobat memerlukan menggunakan DVD drive? Beberapa orang sudah tidak terlalu sering menggunakan DVD drive lagi atau bahkan bisa dikatakan sudah tidak butuh. 

Teknologi saat ini sudah sangat memudahkan penyimpanan dan pemindahan data. Bahkan data dalam jumlah besar pun sudah tidak menjadi masalah. Pemindahan data yang paling sering dilakukan adalah dengan menggunakan usb flash drive atau menggunakan hard drive portable untuk melakukan back up data. Bahkan juga menggunakan cloud storage, google drive atau dropbox untuk menyimpan semua file secara online.  

Admin sendiri memilih casing yang memang didalam casing tersebut tidak disediakan optical drive bay atau slot optical drive. Semuanya kembali lagi pada kebutuhan. Seberapa sering sobat akan melakukan transfer data dengan menggunakan optical drive akan menjadi sesuatu hal penting dalam memutuskan memilih casing komputer yang akan digunakan. 

8. Front Panel.
Bagian penting yang sering terlupakan, panel depan yang berisikan port usb, port audio yang bisanya terdiri dari port speaker dan port microphone, tombol power, tombol reset dan lampu indikator. Bagian ini merupakan bagian yang sebenarnya paling sering diakses. Saat menyalakan komputer, menancapkan usb flash disk dan melihat aktifitas hard drive melalui lampu indikator.  
Front Panel
Letak front panel ini juga perlu diperhatikan apakah terletak disebelah atas, sebelah bawah atau pada bagian samping kanan atau samping kiri. Kemudahan dalam menjangkau front panel ini perlu dipertimbangkan karena juga berpengaruh dengan peletakan perangkat komputer nantinya. Apakah komputer akan diletakkan di atas meja, di bawah meja atau lantai.

9. Pengalaman Pengguna Lain/Review.
Pengalaman dari pengguna casing komputer lainnya juga bisa menjadi pertimbangan buat sobat yang akan membeli casing komputer. Untuk bisa melihat pengalaman dari pengguna casing komputer, sobat bisa melihatnya lewat komentar atau review yang ada pada kolom komentar pada casing komputer yang dijual lewat media atau situs situs jual beli online.

10. Bahan Casing.
Pernahkah sobat mendengar istilah casing kaleng krupuk? Casing kaleng krupuk bisa dikatakan ”casing yang penting bisa memuat hardware“ dan dari segi bahan memiliki kualitas yang buruk. Memang tidak ada salahnya memilih casing jenis ini, namun sobat juga harus memperhatikan dari segi keamanan. Beberapa casing seperti ini terkadang masih mengalirkan aliran listrik sehingga membuat kita terkena loncatan arus listrik (kesetrum). Perlu diketahui bahwa casing yang baik juga harus memiliki sistem grounding yang baik. 

11. Sirkulasi Udara.
Selain mengedepankan ukuran dan desain dari casing gaming, sobat juga perlu bahkan harus memilih casing komputer yang memiliki sirkulasi udara yang bagus, apalagi jika sobat merupakan gamer yang pasti akan menggunakan komputer sobat dalam jangka waktu yang lama untuk bermain game.
 Sirkulasi Udara
Sirkulasi udara yang baik dan bagus tentu sangat mendukung komponen didalamnya dalam mengalirkan udara dari panas yang dihasilkan oleh komponen-komponen komputer ke luar. Sirkulasi udara yang baik didalam casing komputer juga sangat berpengaruh dengan kinerja dari komputer itu sendiri, soalnya jika komputer terlalu panas maka salah satu efeknya adalah komputer akan nge-lag dan lemot.

12. Buget/Kondisi Keuangan.
Tips yang terakhir adalah kondisi dari buget atau keuangan yang sobat miliki, sobat jangan membeli casing gaming dengan harga yang sangat malah. Dalam dunia komputer memang harga berbanding lurus dengan kualitas, namun jika kondisi buget atau keuangan sobat yang pas-pasn dan menginginkan casing gaming dengan harga yang sangat mahal dikhawatirkan nanti sobat akan mengambil jalan pintas dalam membeli casing komputer dengan harga yang sangat malah tersebut. Bisa saja sobat berhutang, mencuri, menipu atau bahkan merampok untuk mendapatkan barang yang sobat inginkan.

Demikian penjelasan mengenai 12 tips memilih casing gaming. Jika ada pertanyaan, silahkan sampaikan dikolom komentar.

Related Posts

12 Tips Memilih Casing PC Gaming Terbaik Yang Kuat dan Berkualitas
4/ 5
Oleh