Pengertian Root Android, Fungsi, Kelebihan Serta Resiko Rooting

Apa itu Root  HP Android?-Android merupakan sistem operasi yang dibuat untuk smartphone, dari awal diluncurkannya sistem operasi android hingga sekarang, telah banyak perkembangan yang sangat bagus dari sistem operasi tersebut.

Mungkin saat ini sobat forum komputer sudah tidak asing lagi dengan salah satu sistem operasi smartphone ini. Pasalnya bisa dipastikan, hampir 90% pengguna smartphone menggunakan sistem operasi android di HP nya. Namun masih banyak istilah-istilah pada sistem operasi pada smartphone yang tidak banyak diketahui oleh user atau pengguna smartphone.
Pengertian Root Android
Sebut saja salah satu istilah yaitu Root. Apa itu Root android? Apa fungsi dari Root android? Serta apa resiko dari Root? Serta sederet pertanyaan seputar Rooting android yang belum banyak diketahui.

Nah pada artikel kali ini, admin forum komputer akan membahas secara lengkap, jelas dan detail mengenai pengertian Root android, fungsi, kelebihan, kekurangan serta resiko dari Root HP android. Berikut penjelasan selengkapnya.

Pengertian Root Android.
Secara bahasa, Root berarti akar, root android dapat diaebut juga sebagai akar dari suatu sistem android. Yang dimaksud dengan akar dari sistem android adalah dimana terdapat kendali atau akses penuh dari seorang pengguna pada ponsel yang dimilikinya atay suatu system account yang mempunyai kekuasaan mutlak yang berguna untuk menghubungkan dan menyelesaikan semua file, command, system dalam suatu sistem operasi android.

Secara umum pengertian root ini memiliki akses yang tidak dibatas untuk dapat mengubah, menghapus, menambah,hingga menghancurkan semua yang berada di dalam sistem handphone kita. Jadi dengan melakukan Root pada HP android (khususnya) sobat dapat atau memiliki akses penuh dari sistem android tersebut, sehingga sobat bisa bebas mengutak-atik sistem android yang telah di Root.

Apa Fungsi Root HP Android?
Dari berbagai informasi yang admin baca, baik itu media cetak, buku-buku ilmu komputer maupun media elektronik seperti blog, website dan lain-lain, fungsi Root android antara lain :

  • Fungsi Root adalah dapat menambah, mengurangi, maupun memodifikasi file-file atau data yang terletak didalam sistem operasi android tersebut. Untuk HP berbasis android memang beberapa dari file atau sistemnya bersifat locked (terkunci), atau tidak bisa dibuka karena penggunanya tidak memiliki ijin akses pada file-file yang dikunci tersebut.
  • Fungsi root Android adalah untuk meng-unlock file sehingga sobat bisa menjadi administrator untuk kemudian secara bebas bisa melakukan aktivitas. Aktivitas yang bisa sobat lakukan seperti untuk memaksimalkan kinerja Android, meng-overclock prosesor bawaan, serta menghapus aplikasi bawaan Android yang tidak perlu.
  • Proses rooting juga dapat digunakan untuk meng-install ROM custom dari pihak ketiga.
  • Fungsi root Android ini digunakan untuk mem-back up aplikasi serta sistem yang ada di Android.
  • Fungsi root Android juga memungkinkan sobat untuk menjalankan aplikasi meskipun secara spesifikasi aplikasi tersebut tidak mendukung dijalankan di Android. Karena rooting ini merupakan tindakan ilegal maka sobat akan dihadapkan pada beberapa risiko.
Resiko Root Android.
Me-Rooting sistem android memang sangat perlu buat sobat yang ingin mengutak-atik sistem android, namun bukan berarti tanpa resiko! Beberapa resiko dari Root OS Android antara lain :

  • Garansi hangus atau hilang.
Resiko pertama yang akan sobat dapatkan saat melakukan Root pada android milik sobat adalah garansi akan hilang. Oleh karena itu jika masa garansi HP sobat masih berlaku sebaiknya urungkan niat untuk melakukan Root pada HP android sobat. Dan tau sendiri kan resiko dari garansi yang hilang itu seperti apa?

  • Celah keamanan semakin besar.
Saat sobat melakukan Root pada android sobat, itu berarti smartphone sobat memperbolehkan disisipi sistem dari luar. Banyak keuntungan saat kita bisa mensisipi android dari sistem luar, namun hal tersebut juga membuat OS android sobat menjadi sangat retan terhadap bahaya virua ataupun hacker.

Oleh karena itu, jika HP android sobat sudah di Root, maka harus lebih hati-hati lagi dalam hal keamanan HP android sobat, misalnya dengan memasang antivirus yang telah terbukti ampuh menahan serangan virus.

  • Bermasalah saat update sistem operasi.
Setelah sobat me-Root sistem operasi android, sobat dapat dengan leluasa melakukan hal yang istimewa seperti menghapus bloatware atau aplikasi bawaan yang memang kadang tidak begitu berguna. Tapi dengan men-Root android mengakibatkan sobat akan kesulitan melakukan update OS secara OTA (Over The Air).

Meski mendapatkan notifikasi update saat ada pembaharuan sistem, saat dilakukan proses update pasti akan ditolak oleh sistem karena sobat telah menghapus sistem bawaannya.

  • Kesalahan Root.
Kesalahan saat melakukan proses Root dapat terjadi. Hal ini bisa disebabkan karena salah download aplikasi Root, tidak menyelesaikan proses root sampai tuntas atau baterai lemah saat melakukan Root. Akibat dari masalah-masalah tersebut bisa menyebabkan kerja sistem hp menjadi terganggu dan bahkan menyebabkan hp mati total (bootloop).

  • Kinerja sistem menurun.
  • HP jadi lebih cepat panas.
  • Kerusakan hardware.
  • HP bisa restart sendiri/ otomatis.
  • Daya tahan sistem berkurang.
Lantas apa saja kelebihan dari Root android? Kenapa banyak orang melakukan Root pada android mereka. Diantara kelebihan dari sistem operasi android yang sudah diroot antara lain :

  • Meningkatkan performa custom kernel.
  • Bebas mengutak-atik sistem android.
  • Menambahkan kemampuan prosessor.
  • Memindahkan aplikasi.
  • Menambah ruang penyimpanan.
  • Bebas download aplikasi.
  • Kustomisasi ROM.
  • Memblokir iklan.
  • Backup data.
  • Menambah kapasitas RAM.
Demikian penjelasan mengenai Pengertian Root android, fungsi, kelebihan serta resikonya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.

Related Posts

Pengertian Root Android, Fungsi, Kelebihan Serta Resiko Rooting
4/ 5
Oleh