Pengertian Freeware, Fungsi dan Contohnya (Lengkap)

Pengertian Freeware, Fungsi dan Contohnya-Kata-kata software mungkin sudah tidak asing lagi buat sobat, apalagi sekarang adalah jamannya dunia teknologi, hampir semua lini kehidupan sudah tersusupi oleh teknologi. Berbicara mengenai software, software atau perangkat lunak adalah istilah khusus untuk data yang diformat dan disimpan secara digital termasuk program komputer, dokumentasi dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer.
Pengertian Freeware, Fungsi dan Contohnya (Lengkap)

Software sendiri terbagi menjadi beberapa jenis yaitu Freeware, shareware dan rentalware. Lalu ada juga Adware, open source dan lain sebagainya. Nah pada artikel kali ini, admin forum komputer akan menitiberatkan pembahasan pada Freeware, fungsi serta contoh-contoh dari Freeware. Berikut pembahasan selengkapnya.

Pengertian Freeware.
Freeware adalah sebuah software yang bersifat gratis atau Free, sobat dapat mengunduh dan menggunakan software gratis tersebut namun memiliki batasan dan hak cipta. Biasanya si pembuat software gratis mempunyai kebijakan tertentu yang umumnya disertai syarat seperti tidak boleh memodifikasi dan tidak boleh untuk kepentingan komersial atau diperjual belikan oleh pemakai.

Freeware tentunya memiliki perbedaan dengan open source. Meski sama-sama bersifat gratis atau Free, pada software yang bersifat open source, sobat dapat memodifikasi, menambah atau mengurangi engine dari software open source seperti penambahan fitur, merubah tampilan tanpa menghapus atau menghilangkan kredit atas kontributornya dan harus dirilis dengan menggunakan lisensi yang sama. 

Dalam open source, seseorang bisa memodifikasi software open source menjadi sebuah program opern source lainnya yang berbeda. Salah satu contoh sofware open source adalah sistem operasi Linux.

Sedangkan untuk Freeware merupakan sebuah software yang diberikan dalam bentuk yang matang atau sudah jadi, sobat tinggal menggunakan, tapi tidak boleh memodifikasi. Oleh karena itulah software yang bersifat open source sudah pasti Freeware, namun untuk software yang bersifat freeware belum tentu atau tidak open source.

Software yang bersifat freeware bisa dalam bentuk software aplikasi, game ataupun driver (master device). Sebuah freeware, terkadang dibuat untuk mengiklankan sesuatu, entah itu sebuah produk atau apapun itu, freeware yang seperti itu disebut sebagai Adware (Aplikasi gratis yang dipasangi iklan). Iklan tersebut itulah yang membiayai pembuatan freeware tersebut dan menghidupi pembuatnya. Istilah lain untuk aplikasi seperti ini yaitu sponsored freeware.

Fungsi Freeware.
Dari beberapa point dari penjelasan diatas tentunya sobat sudah dapat mengambil kesimpulan sendiri mengenai fungsi dari Freeware. Admin akan menjelaskan sedikit mengenai fungsi dari Freeware.
Beberapa fungsi Freeware antara lain : 

1. User dapat menggunakannya secara gratis atau Free.
2. Kemudahan bagi penggunanya.

Contoh Freeware.
Software freeware bukan berarti software atau aplikasi tersebut banyak kekurangan atau tidak lebih baik dari software berbayar. Hanya saja si pembuat memang sengaja membuat software freeware agar bermanfaat dan adanya software freeware bisa jadi adalah salah satu trik untuk melambungkan nama nya atau perusahaannya.

Contoh-contoh software freeware antara lain.
1. Contoh browser gratis.
Google Chrome.
Software yang yang dikeluarkan oleh salah satu perusahaan raksasa bernama Google ini sekarang sudah menjadi salah satu peramban internet yang paling diminati. Fungsinya adalah untuk mengakses internet dengan search engine bawaan yakni Google Search yang memang saat ini juga menjadi mesin pencari terbaik.
Pengertian Freeware, Fungsi dan Contohnya (Lengkap)

Pada mobile phone aplikasi ini malah biasanya sudah disetting ada dan digunakan untuk mengakses internet dengan lebih stabil jika dibandingkan dengan Browser bawaan.

2. Contoh antivirus gratis.
Avira Free Antivirus.
Software freeware berikut juga menjadi salah satu yang terbaik dikelasnya. Sesuai namanya, Avira Free Antivirus adalah software penangkal virus untuk komputer anda. Meskipun tergolong software lama dan bersifat gratis namun kehandalan software yang satu ini tidak perlu diragukan.

3. Contoh aplikasi pemutar musik gratis.
GOM Player.

Gom Player adalah aplikasi video player yang bersifat freeware. GOM Player digunakan untuk memutar audio dan video.
Pengertian Freeware, Fungsi dan Contohnya (Lengkap)
4. Contoh aplikasi pembuka file pdf gratis.
Foxit Reader.

Foxit Reader adalah aplikasi pdf viewer yang bersifat freeware. Aplikasi Foxit Reader digunakan untuk menampilkan file-file dengan ekstensi .pdf, .ppdf, fdf, xfdf, dan xdp.

5. Contoh aplikasi jejaring sosial gratis.
Whatsapp.

Whatsaap terdapat pada versi mobile phone dan PC, dan dua-duannya tergolong freeware atau software yang gratis. Meskipun ada Whatsapp untuk kelas business yang berbayar namun pengguna lebih menggemari versi yang biasa karena fungsi utamanya sebagai media komunikasi sudah sangat terpenuhi.

Untuk versi mobile sobat bisa mendapatkan Whatsapp di Play Store atau Google Play, sedangkan untuk versi PC juga bisa didapatkan gratis di website resmi Whatsapp. Dua-duanya memiliki fungsi dan tampilan yang nyaris sama.

Tentunya masih sangat banyak sekali software freeware yang tidak bisa admin sebutkan, namun dari beberapa contoh diatas tentunya sudah dapat mewakilkan.



Related Posts

Pengertian Freeware, Fungsi dan Contohnya (Lengkap)
4/ 5
Oleh

2 komentar

Tulis komentar
avatar
Anonymous
October 5, 2019 at 5:40 PM

terima kasih slur artikelnya, ijin bookmark ya slur buat tugas sekolah

Reply
avatar
October 6, 2019 at 4:39 AM

ok sob sama-sama,, silahkan jika ingin menyimpannya

Reply