13 Cara Mengatasi Game Android Keluar Sendiri 100% Berhasil

Penyebab dan cara mengatasi game android tiba-tiba force close sendiri pada android-Pernah sobat mengalami force close atau tiba-tiba close sendiri saat bermain game di android? Atau mungkin malah sekarang sedang mengalami game yang sobat jalankan tiba-tiba menutup sendiri? Jika sobat mengalami hal demikian saat bermain game atau membuka aplikasi pada HP android sobat, itu pertanda ada masalah pada smartphone android sobat dan perlu diperbaiki.

Saat game atau aplikasi yang sobat jalankan tiba-tiba berhenti sendiri biasanya muncul peringatan seperti "Unfortunately, Force Closes has Stopped", atau "The Process android. Process. Acore has stopped unexpectedly. Please try again".
10 Cara Mengatasi Game Android Keluar Sendiri 100% Berhasil
Permasalahan game atau aplikasi yang tiba-tiba menutup sendiri saat sedang dijalankan terkadang hanya masalah kecil seperti memory yang terlalu penuh, dan ada juga disebabkan oleh HP android sobat yang memang sudah rusak (dalam hal ini system operasinya yang bermasalah).

Jika smartphone android sobat sedang mengalami masalah tersebut, sobat jangan buru-buru dibawa ke konter service HP. Sebaiknya sobat lakukan analisa terhadap kerusakan yang sedang sobat alami.
Nah pada artikel kali ini, admin forum komputer akan menjelaskan mengenai penyebab aplikasi atau game tiba-tiba menutup sendiri saat sedang dijalankan dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab dan cara mengatasi aplikasi atau game tiba-tiba berhenti sendiri.
1. RAM tidak memadai/Tidak cukup.
RAM atau Random Access Memory merupakan salah satu komponen smartphone yang berfungsi sebagai tranfer data, jika RAM yang ada pada smartphone sobat tidak seimbang dengan transfer data pada sebuah game atau aplikasi bisa menyebabkan aplikasi atau game yang sobat jalankan berhenti sendiri karena RAM tidak memadai.

Permasalahan ini umum terjadi pada HP yang memiliki RAM kecil sehingga ketika RAM penuh maka ketika bermain game akan tidak cukup ruang yang mengakibatkan game keluar dengan sendirinya.

Cara mengatasinya :
Untuk mengatasi RAM yang tidak memadai saat bermain game adalah dengan mengupgrade ke kapasitas RAM yang lebih besar, cara mengupgrade-nya adalah dengan mengganti smartphone sobat. Di playstore memang banyak sekali aplikasi yang berfungsi untuk membantu kinerja dari RAM, namun pengaruhnya hanya sedikit saja. Bahkan bisa admin katakan tidak berpengaruh sama sekali.

Jalan keluar dari RAM yang kurang atau tidak mampu menjalankan game-game dengan grafik yang mumpuni adalah dengan mengganti smartphone android sobat ke smartphone yang memiliki kapasitas RAM yang lebih besar.

Jika sobat tidak ingin mengganti smartphone sobat, sebaiknya sobat memainkan game-game yang ringan saja yang sekiranya mampu dijalankan oleh HP android sobat.

2. Cache penuh.
Setiap kali HP android menjalankan aplikasi baik itu game atau apliksi lain pastinya akan meninggalkan jejak atau cache di memori dan apabila cache tersebut penuh di memori karena tidak segera di hapus maka bisa saja game atau aplikasi yang sobat jalankan akan keluar dengan sendirinya karena sudah tidak memiliki ruang untuk menjalankan aplikasi.

Cara mengatasinya :
Hapus cache yang ada di dalam file yang di tinggalkan game tersebut dengan cara masuk menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Hapus Cache”.
Cara Mengatasi Game Android Keluar Sendiri
3. Game masih versi BETA.
Game yang masih dalam tahap uji coba atau BETA tentu saja terkadang bisa mengalami masalah, bukan Karena smartphone android sobat, tetapi karena memang game itu sendiri yang sedang error. Versi Beta terkadang masih banyak terjadi kesalahan atau bug-bug pada file-file game itu sendiri.

4. System operasi di HP sudah di Root.
Me-Root system operasi pada smartphoen android itu berarti kita bisa mendapatkan akses penuh pada android kita, namun hal tersebut bukan berarti tidak ada dampakknya. Salah satu dampak dari smartphone yang di Root adalah game bisa saja tidak compatible dengan file cwf root yang mengakibatkan sistem tidak cocok atau tidak mengenali library didalam gaem sehingga game akan keluar sendiri saat sedang dijalankan.

5. Smartphone overheat/Panas.
Panas adalah musuh utama bagi perangkat elektronik. Bukan hanya HP yang bisa bermasalah jika mengalami overheat atau panas, perangkat lainnya seperti komputer dan lain-lain juga bila mengalami overheat akan berakibat fatal bagi sistem, dan salah satu akibat yang ditimbulkan jika smartphone mengalami overheat atau terlalu panas adalah game atau aplikasi akan keluar sendiri saat dijalankan.
Cara Mengatasi Game Android Keluar Sendiri
Cara mengatasinya :
Untuk mengatasi maslah yang satu ini cukup mudah, sobat hanya perlu mendiamkan smartphone sobat sampai suhu pada smartphone sobat kembali normal. Sebaiknya jangan bermain game sambil di charger karena membuat HP akan cepat panas.

6. Perangkat tidak kompatible.
Untuk permasalahan ini sendiri tergolong tidak dapat di perbaiki karena dari sistem hardware nya sendiri sudah tidak mendukung untuk menjalankan aplikasi atau game tersebut sehingga ketika di paksa untuk menjalankan aplikasi atau game tersebut bisa saja game akan langsung keluar dengan sendirinya.

Cara mengatasinya :
Jika OS Android sobat tidak compatible maka sobat harus update OS ke versi terbaru. Versi terbaru akan lebih menjamin dibanding versi jadul. Minimal OS Android sobat sudah berada pada Kitkat, Lollipop, Marshmallow, atau yang terbaru saat ini.
Catatan :
Tidak semua sistem operasi pada android bisa di update ke versi terbaru.

7. Koneksi internet terputus.
Koneksi internet merupakan media utama buat sobat yang senang bermain game online, namun saat koneksi internet tiba-tiba terputus maka game yang sobat mainkan bisa force close dengan sendirinya karen atidak ada koneksi internet.
Cara Mengatasi Game Android Keluar Sendiri
Cara mengatasinya :
Cek koneksi internet sobat, jika memang terputus sebaiknya pakai provider yang benar-benar stabil atau pakai Speddy atau Biznet agar koneksi internet sobat tidak menjadi masalah lagi.

8. Aplikasi atau game yang diinstal bukan dari playstore.
Pernahkah sobat mengunduh game atau aplikasi bukan dari playstore? Jika jawabannya iya dan game game atau aplikasi yang sobat unduh bukan dari playstore itu tiba-tiba berhenti atau keluar sendiri saat dijalankan, itu merupakan hal yang wajar. Pasalnya game atau aplikasi yang diunduh bukan dari playstore bisa jadi telah di edit sedemikian rupa pada engine game nya, entah itu disusupi dengan iklan, atau bahkan disusupi oleh sebuah virus. Hal tersebut mengakibatkan game atau aplikasi tersebut bisa bermasalah karena sudah di edit lagi. salah satu masalahnya adalah game atau aplikasi bisa tiba-tiba menutup sendiri.

Cara mengatasinya :
Hapus aplikasi atau game yang sudah terinstal dan unduh kembali lewat playstore karena lebih aman menginstal aplikasi atau game lewat playstore daripada lewat situs-situs yang tidak resmi.

9. OS jadul/ketinggalan jaman.
Jika android sobat masih menggunakan os dengan versi 2.3 kebawah pada smartphone android sobat maka siap-siap saja kamu akan kesusahan untuk bisa memainkan game. karena sekarang game game yang seru memerlukan os 2.3 keatas.

Cara mengatasinya :
Ganti HP android sobat dengan HP yang memiliki sistem operasi yang terbaru.

10. Game tidak update.
Game atau aplikasi yang terinstal pada HP android sobat perlu update atau pembaharuan, hal tersebut bertujuan untuk memperbaiki bug-bug yang ada pada aplikasi atau game tersebut, jika sobat tidak mengupdate game atau aplikasi jika ada pembaharuan dari pihak pembuat game atau aplikasi maka salah satu akibatnya adalah game atau aplikasi bisa keluar sendiri saat dijalankan meski hal tersebut sangat sedikit sekali kemungkinannya namun sobat perlu berjaga-jaga agar game atau aplikasi milik sobat tetap berjalan dengan lancar.

Cara mengatasinya :
Sudah berapa lama sobat tidak meng-update game sobat? Update game tidak hanya mendapatkan fitur terbaru saja, tetapi kerusakan atau bug-bug yang ada di game tersebut juga akan diperbaiki. Untuk itulah sobat perlu melakukan update pada game android sobat agar nantinya game tidak keluar sendiri dan tidak menampilkan pesan pop-up error.
Cara Mengatasi Game Android Keluar Sendiri

Tips lainnya untuk mengatasi game atau aplikasi yang sering keluar sendiri.
11. Restart smartphone sobat.
Saat game atau aplikasi yang sedang sobat jalankan tiba-tiba keluar sendiri, coba lakukan restart smartphone sobat. Bisa jadi, permasalah tersebut hanya karena HP sobat terlalu lama digunakan dan butuh penyegaran ulang.
Cara Mengatasi Game Android Keluar Sendiri
12. Instal ulang/flashing.
Dengan cara menginstal ulang atau flashing merupakan cara yang cukup jitu untuk mengatasi masalah game atau aplikasi yang tiba-tiba menutup sendiri. Namun tips ini boleh dilakukan jik asobat benar-benar paham masalah HP.

13. Masalah hardware.
Aplikasi atau game yang sering force close sendiri juga bisa di sebabkan oleh hardware yang bermasalah. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya sobat serahkan kepada ahlinya.

Demikian penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi aplikasi atau game keluar sendiri saat dijalankan, jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar. Semoga bermanfaat.





Related Posts

13 Cara Mengatasi Game Android Keluar Sendiri 100% Berhasil
4/ 5
Oleh