asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Cara Cek Kapasitas Hardisk Komputer dan Laptop-Perangkat komputer atau laptop terdiri dari berbagai komponen yang satu dengan lainnya saling berhubungan, dan perangkat komputer yang berfungsi sebagai tempat menyimpan data ataupun tempat dimana file sistem operasi berada adalah hardisk.

Dari jaman ke jaman, perangkat yang satu ini selalu mengalami perkembangan, terutama dalam perkembangan kapasitas penyimpanannya. Saat ini besarnya kapasitas penyimpanan hardisk sudah mencapai ukuran terabyte. Tentunya ukuran terabyte bukan kapasitas yang kecil.

Untuk mengetahui seberapa besar kapasitas hardisk komputer atau laptop yang kita miliki ada beberapa cara, baik itu cara manual seperti melihat informasi yang ada di fisik hardisk tersebut hingga yang menggunakan aplikasi. Nah pada artikel kali ini, admin forum komputer akan menjelaskan secara lengkap mengenai cara melihat kapasitas hardisk komputer atau laptop yang paling mudah. Berikut penjelasan selengkapnya.

Cara cek kapasitas hardisk komputer di windows XP, Vista, 7, 8 dan windows 10.
1. Cek kapasitas hardisk melalui disk management.
Disk management merupakan aplikasi dasar yang hampir ada di seluruh windows, terutama di windows XP, Vista, 7, 8, dan windows 10. Untuk cek kapasitas hardisk lewat disk management adalah sebagai berikut.
  • Tekan "Windows+R" pada keyboard sobat untuk membuka aplikasi Run.
  • Kemudian ketikkan diskmgmt.msc lalu klik Ok atau tekan Enter (lihat gambar dibawah ini).

 Cara Cek Kapasitas Hardisk Komputer

  • Kemudian jendela Disk Management akan muncul informasi dari kapasitas penyimpanan hardisk sobat. Perhatikan di Disk 0, itu adalah hardisk kapasitas penyimpanan hardisk milik sobat.
 Cara Cek Kapasitas Hardisk Komputer

2. Cek kapasitas hardisk melalui file explorer.
Tips yang kedua ini merupakan tips yang paling mudah untuk mengecek kapasitas hardisk komputer atau laptop, sobat hanya perlu melakukan beberapa langkah sebagai berikut untuk melihat kapasitasnya.

  • Buka File Exploler, kemudian arahkan ke This PC / My Computer.
  • Disini contohnya ada 3 buah partisi, untuk partisi E adalah memory flashdisk jadi harddisk yang terpasang pada laptop admin adalah 250GB yaitu pada partisi C dan D yang jika dijumlah sekitar 250GB, jika dijumlah kurang maka kekurangan tersebut dipakai oleh system dan tidak di tampilkan di sini.
 Cara Cek Kapasitas Hardisk Komputer

3. Cek kapasitas hardisk menggunakan aplikasi speecy.
Speecy merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi untuk mengecek spesifikasi hardware komputer atau laptop. Untuk cara melihat spesifikasi komputer atau laptop menggunakan aplikasi speecy, silahkan sobat klik link berikut ini : Cek spesifikasi komputer atau laptop menggunakan aplikasi speecy.

Selain untuk mengecek spesifikasi hardware, aplikasi speecy juga bisa digunakan untuk mengecek kapasitas dari hardisk komputer atau laptop, caranya adalah sebagai berikut :

  • Unduh dan instal aplikasi Speecy Disini.
  • Setelah terinstal, silahkan sobat langsung jalankan aplikasi tersebut.
  • Kemudian klik "Storage".

 Cara Cek Kapasitas Hardisk Komputer

Setelah meng-klik storage, sobat akan melihat tampilan disebelah kiri beberapa informasi. Salah satunya adalah informasi mengenai kapasitas hardisk.

4. Cek kapasitas hardisk melalui system information.

  • Pertama, tekan tombol "Windows + R" di keyboard laptop ataupun komputer sobat.
  • Kemudian ketikkan msinfo32 lalu klik "Ok" atau tekan Enter.

 Cara Cek Kapasitas Hardisk Komputer

  • Kemudian jendela Sistem Informasi akan muncul, klik Kategory Components lalu pilih sub kategori Storage, kemudian klik Drives seperti contoh pada gambar.

 Cara Cek Kapasitas Hardisk Komputer

Dan disitu, sobat akan melihat infomasi dari kapasitas penyimpanan hardisk milik sobat.

5. Cek kapasitas hardisk dengan melihat informasi di fisik hardisk.
Pada fisik hardisk biasanya tertulis informasi dari hardisk tersebut, salah satunya adalah informasi mengenai kapasitas hardisk. Untuk dapat melihat informasi yang tertera pada fisik hardisk, sobat perlu membongkar isi didalam komputer PC untuk mengambil hardisk yang ada didalamnya. Dan untuk mengecek kapasitas hardisk laptop dengan cara ini, dibutuhkan orang yang paham masalah hardware, soalnya jika ingin melihat fisik hardisk laptop, sobat juga diharusnya membuka tutup casing laptop yang ada dibagian dibawah laptop.
 Cara Cek Kapasitas Hardisk Komputer
Demikian penjelasan mengenai 5 cara cek kapasitas hardisk komputer atau laptop. Jika ada pertanyaan, silahkan sampaikan dikolom komentar.
Loading...