Cara Partisi Hardisk Di Windows 10 Paling Lengkap Dengan Gambar

Cara Partisi Hardisk Di Windows 10 Lengkap Dengan Gambar-Mempartisi hardisk adalah sebuah cara atau metode untuk membagi (partisi) kapasitas hardisk menjadi beberapa bagian. Dengan mempartisi hardisk, sobat dapat memisahkan data-data atau file pribadi dengan file dari sistem operasi.

Mempartisi hardisk adalah hal yang sangat penting dan bahkan menurut admin sangat diwajibkan untuk mempartisi hardisk komputer atau laptop sobat. Dengan mempartisi hardisk, kita dapat mengelompokkan dan memisahkan antara sistem dengan data. Misalnya partisi C berisi file system windows, partisi D berisi file atau data pribadi dan partisi E berisi data atau file sekolah. Mengenai jumlah partisi, sobat bisa menentukan sendiri berapa jumlahnya akan tetapi sesuaikan juga dengan besarnya kapasitas dari hardisk sobat.

Cara partisi hardisk di windows 10.
Bagaimana cara partisi hardisk di windows 10? Mungkin pertanyaan tersebut yang pertama kali muncul saat baru pertama kali menggunakan sistem operasi windows 10. Untuk membuat partisi di windows 10 sebenarnya caranya tidak jauh berbeda dengan windows-windows sebelumnya, mungkin hanya ada sedikit perbedaan saja.

Pada artikel kali ini admin forum komputer akan menjelaskan secara jelas dan detail beserta gambar mengenai cara partisi hardisk di windows 10. Berikut penjelasan selengkapnya.

Cara Partisi Hardisk Di Windows 10 Lengkap Dengan Gambar.
1. Pertama klik kanan logo windows yang terletak disamping kiri bawah layar desktop, kemudian pilih "Disk management".
Partisi Hardisk Di Windows 10
2. Selanjutnya sobat akan melihat informasi mengenai partisi-partisi yang ada di komputer. Disini hardisk admin telah terbagi (partisi) menjadi 2 yaitu partisi C dan partisi D. Untuk system reserved abaikan saja.
Partisi Hardisk Di Windows 10
Untuk membuat partisi baru maka admin akan membagi partisi D menjadi 2, itu berarti partisi D harus dikecilkan (Shrink Volume). Nah untuk memecah atau membagi partisi menjadi 2 bagian adalah sebagai berikut.

Mengecilkan ukuran partisi hardisk (Shrink Volume).
1. Klik kanan partisi yang akan sobat kecilkan atau bagi dua kemudian pilih "Shrink Volume". Disini admin mengecilkan ukuran partisi D.
Partisi Hardisk Di Windows 10

2. Masukkan besar kapasitas yang sobat inginkan (dalam ukuran MB). Admin mengecilkan ukuran partisi tersebut sebesar 30Gb dari total keseluruhan ukuran partisi D.
Partisi Hardisk Di Windows 10
3. Seperti yang sobat lihat pada gambar dibawah ini, ukuran partisi D yang awalnya 80 Gb sekarang menjadi kurang lebih 50 Gb.
Partisi Hardisk Di Windows 10

Sedangkan yang sobat shrink tadi sekarang menjadi Unallocated. Partisi yang masih Unallocated ini bisa sobat gunakannya untuk membuat partisi baru. Caranya adalah sebagai berikut.

Membuat partisi baru (New Simple Volume).
Untuk membuat partisi baru dari partisi yang sudah di bagi tadi, silahkan sobat ikuti langkah-langkah dibawah ini.
1. Klik kanan "Unallocated", kemudian pilih "New Simple Volume".
Partisi Hardisk Di Windows 10

2. Kemudian klik "Next".
Partisi Hardisk Di Windows 10
3. Selanjutnya tentukan ukuran dari partisi baru yang sobat inginkan. Disini admin memakai semuanya yakni 30 Gb. Jika sudah, silahkan klik "Next".
Partisi Hardisk Di Windows 10
4. Kemudian sobat akan disuruh untuk memilih drive letter pada partisi baru yang akan sobat buat. Drive letter merupakan sebuah identitas dari suatu partisi yang berupa abjad, misalnya A-Z.
Sebagai contoh, admin memilih letter F, jadi nanti partisi yang baru admin buat ini disebut partisi F. Kemudian klik "Next".
Partisi Hardisk Di Windows 10
5. Langkah selanjutnya silahkan beri nama pada partisi baru tersebut atau dibiarkan saja juga tidak apa-apa. Disini admin memberikan nama "FORUM KOMPUTER", kemudian klik "Next".
Partisi Hardisk Di Windows 10

6. Selanjutnya klik finish, dan sobat bisa mengecek partisi yang baru sobat buat pada file explorer atau pada disk management.
Partisi Hardisk Di Windows 10

Demikian penjelasan mengenai cara partisi hardisk di windows 10 lengkap dengan gambar. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.










Related Posts

Cara Partisi Hardisk Di Windows 10 Paling Lengkap Dengan Gambar
4/ 5
Oleh