asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Pengertian Adware, Contoh Serta Bahayanya-Apa itu Adware, contoh-contoh dari adware itu sendiri serta apa saja bahayanya? Pertanyaan tersebut mungkin yang muncul dibenak sobat saat mendengar kata Adware. Untuk memahami mengenai pengertian dari Adware, contoh serta bahayanya, sobat perlu searching-searching mengenai apa itu Adware, dan sobat sudah tepat sekali membaca artikel ini karena pada artikel kali ini, admin forkom akan menjelaskan mengenai pengertian Adware, contoh serta bahayanya serta lengkap, detail dan terperinci. Berikut penjelasan selengkapnya.
Pengertian Adware, Contoh Adware, Bahaya Adware Serta Cara Mengatasinya

Pengertian Adware.
Secara bahasa, Adware berasal dari dua suku kata yaitu Ad yang artinya adalah iklan dan Ware artinya perangkat atau aplikasi. Jika disimpulkan, Adware adalah sejenis perangkat lunak yang mampu menginstalasi dirinya sendiri ke komputer user tanpa diketahui oleh user itu sendiri, dan akan menampilkan iklan-iklan saat si user mengakses internet.

Iklan-iklan yang ditampilkan pun sangat bervariasi, ada yang sangat mengganggu seperti menutup hampir seluruh halaman browser, ada iklan jenis pop-up di desktop komputer, dan ada juga iklan yang muncul dibrowser dengan menampilkan mesin pencari khusus.

Bagaimana teknik Adware dalam menginstalkan dirinya di komputer user?
Untuk dapat menginstalkan dirinya di komputer user atau korban, biasanya AdWare memanfaatkan aplikasi atau game gratisan yang diunduh lewat internet atau lewat media lainnya. Didalam aplikasi atau game gratisan tersebut telah tersimpan program AdWare yang sudah terbundle didalamnya.

Maka saat user menginstal aplikasi atau game yang telah terbundle Adware, secara otomatis AdWare tersebut pun juga ikut terinstal. Sebenarnya saat proses instalasi aplikasi atau game yang telah terbundle dengan Adware ada peringatan atau form persetujuan dari user untuk menginstal program AdWare. Namun karena cenderung si user tidak begitu menyadari akan adanya pemberitahuan penginstalan AdWare dan juga karena kebiasaan warga +62 yang tidak mau membaca peraturan dan pedoman saat menginstal maka dengan mudahnya program AdWare terpasang dikomputer user.

Sebenarnya tidak semua Adware atau iklan adalah virus yang berbahaya, jadi jangan diartikan bahwa seolah-olah produk aplikasi atau game tersebut adalah malware. Pada dasarnya beberapa iklan juga sebenarnya memiliki manfaat buat pengguna itu sendiri.

Dampak bahaya AdWare yang terinstal dikomputer.
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tujuan dari program AdWare adalah menampilkan iklan-iklan dikomputer sobat saat sobat mengakses internet, AdWare menampilkan iklan-iklan yang mungkin tidak diharapkan kemunculannya dikomputer sobat dan sangat mengganggu aktifikas berkomputer sobat. Dan yang perlu diperhatikan adalah pengiklan juga dapat memasukkan produk yang mengandung malware atau spyware yang bermaksud untuk melakukan hacking (pencurian data) atau perusakan terhadap perangkat pengguna. Oleh sebab itu, apapun jenis iklan yang ada harus juga diikuti kehati-hatian bagi user itu sendiri.

Kerugian yang ditimbulkan dari Adware.

  • Pengguna akan sangat terganggu dengan munculnya iklan-iklan yang tidak diharapkan dikomputer korban.
  • Pengguna sering kali kesulitan mencari informasi yang diharapkan saat mengakses internet karena hasil pencarian dipenuhi dengan informasi yang merujuk ke situs promosi.
  • Program Adware Mampu menjelma menjadi mesin pencari utama dibrowser korban, namun mesin pencari tersebut memiliki kemampuan yang masih diragukan.
  • Adanya Adware yang memasang iklan yang dapat mengarahkan user ke situs atau aplikasi yang mengandung rootkit, worm, virus atau spyware.
Beberapa contoh dari program AdWare adalah MyStartSearch, WebSearches.com dan masih banyak lagi.
contoh adware
Bagaimana cara mengatasi AdWare?
Untuk mengatasi Adware yang sudah terlanjur terinstal dikomputer sobat, sobat bisa melakukan langkah-langkah berikut ini.

1. Pasang antivirus yang terupdate.
Antivirus merupakan salah satu solusi untuk mengatasi program AdWare yang mengandung jenis malware yang berbahaya. Sobat cukup perlu menginstal aplikasi antivirus satu macam saja namun yang telah terupdate dan wajib diupdate jika ada pembaharuan data base dari si pembuat antivirus tersebut.

2. Hati-hati dan lebih teliti.
Kehati-hatian dan ketelitian sobat saat menginstal aplikasi atau game gratisan yang mengandung AdWare merupakan salah satu kunci dari menghindari bahaya terinstalnya AdWare di komputer sobat. Biasanya membaca pedoman dan peraturan saat menginstal sebuah aplikasi atau game-game yang bersifat freeware.

Hindarilah situs-situs yang menampilkan iklan secara berlebihan, namun jangan menggunakan AdBlock pada browser karena disitulah para publisher atau pemilik website mendapatkan penghasilan dari kegiatan menulis yang dimana tulisan-tulisan tersebut dibagikab secara gratis agar bermanfaat buat pengunjung atau visitor.

3. Hapus AdWare.
Periksa aplikasi yang terinstal dikomputer sobat, terutama aplikasi atau game freeware atau gratisan, biasanya AdWare akan menampilkan iklan saat komputer terhubung ke internet. Uninstal aplikasi atau game yang dicurigai mengandung AdWare.

Selain menghapus AdWare menggunakan antivirus yang sudah terupdate, sobat juga bisa menggunakan tool khusus untuk menghapus AdWare yang ada dikomputer sobat, salah satunya adalah AdwCleaner atau menggunakan tool Malwarebyte Anti Malware.

Demikian penjelasan mengenai pengertian Adware, contoh Adware, bahayanya serta bagaimana cara menanganinya. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.
Loading...