2 Cara Menjadikan Laptop Sebagai Hotspot Wi-Fi Paling Mudah

Cara membuat hotspot menggunakan laptop-Laptop, netbook dan juga notebook bukan hanya bisa digunakan untuk keperluan kerja, ngegame atau berinternet ria, laptop juga bisa sobat jadikan hotspot wifi sehingga sobat bisa men-share koneksi internet yang ada pada laptop atau notebook sobat ke perangkat lainnya seperti smartphone, PC dan juga laptop.

Apa saja sih manfaat dari membuat laptop menjadi hotspot wifi? Beberapa manfaat yang bisa sobat dapatkan dari manjadikan laptop atau netbook sobat menjadi hotspot wifi antara lain :

  • Jika sobat sering menggunakan WiFi umum, terlebih lagi yang berbayar atau mengharuskan login, maka cara ini akan sangat bermanfaat. Ketika sobat merasa tidak cukup hanya dengan mengunakan Laptop, dan ingin mengakses internet pada Smartphone juga, maka tidak perlu membeli voucher lain, sobat bisa menjadikan Laptop sebagai hostpot yang kemudian akan dikoneksikan pada Smartphone.
  • Sobat bisa saling berbagi file antar komputer, dimana mungkin ditempat sobat tidak tersedia WiFi, sedangkan untuk bisa berbagi file antar komputer harus terhubung ke jaringan yang sama, maka hotspot dari Laptop ini bisa sobat manfaatkan.

Lalu bagaimana cara menjadikan laptop, netbook dan juga notebook sebagai hotspot wifi? Untuk membuat hotspot wifi menggunakan laptop, kali ini admin forkom mempunyai 2 tips yang ampuh untuk merubah laptop menjadi hotspot wifi. Berikut penjelasan selengkapnya.

Cara membuat jaringan wifi laptop menjadi hotspot.
1. Cara pertama : Membuat hotspot tanpa aplikasi.
Untuk tips yang pertama, sobat bisa menggunakan command prompt (cmd). Caranya adalah sebagai berikut :

  • Buka command prompt pada sistem operasi windows sobat, dan sobat harus membuka command prompt lewat "Run Administrator".
  • Pada jendela command prompt, silahkan sobat ketikkan kode dibawah ini, kemudian tekan "Enter" :
netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid="nama wifi" key="password wifi"


  • Silahkan ganti "nama wifi" menjadi nama wifi hotspot yang sobat gunakan, nama inilah yang akan tampil sebagai nama hotspot. Ganti juga "password wifi" sesuai dengan password yang sobat inginkan, dan perlu diingat bahwa passowrd ini tidak boleh kurang dari 8 karakter.

2 Cara Menjadikan Laptop Sebagai Hotspot Wi-Fi Paling Mudah

  • Untuk mengaktifkan hotspot, ketikan kode dibawah ini pada jendela command prompt kemudian tekan "Enter".

netsh wlan start hostednetwork
2 Cara Menjadikan Laptop Sebagai Hotspot Wi-Fi Paling Mudah

  • Untuk mematikan hotspot, ketikan kode dibawah ini kemudian tekan "Enter".

netsh wlan stop hostednetwork

  • Hotspot sudah berhasil dibuat, namun belum bisa digunakan untuk bisa terhubung ke internet. Agar bisa digunakan agar terhubung ke internet, maka sobat harus membagikan koneksi dari adapter yang terhubung ke internet. Untuk membagikan koneksi internet, silahkan buka Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center. Kemudian pada panel sebelah kiri, klik "Change adapter settings".

2 Cara Menjadikan Laptop Sebagai Hotspot Wi-Fi Paling Mudah

  • Pada jendela yang muncul, akan terlihat semua adapter jaringan yang ada pada laptop sobat. Silahkan klik kanan pada adapter yang terhubung koneksi internet, misalnya yang terhubung adalah adapter wifi (bukan LAN atau Ethernet) maka klik kanan pada adapter Wi-Fi. Pada opsi yang muncul pilih "Properties".

2 Cara Menjadikan Laptop Sebagai Hotspot Wi-Fi Paling Mudah

  • Pada jendela Propesties klik tab Sharing. Kemudian centang pada checkbox "Allow other network user to connect through this computer's internet connection" Kemudian pada bagian "Home networking connetion" silahkan pilih hotspot yang telah sobat buat, bisanya bernama "Local Area Connection". Setelah itu klik "Ok".

2 Cara Menjadikan Laptop Sebagai Hotspot Wi-Fi Paling Mudah
Sekarang sobat sudah berhasil membuat hotspot dari laptop, silahkan gunakan hotspot tersebut agar bisa mengakses internet melaui Smartphone kesayangan sobat atau kepada teman.

2. Cara kedua : Membuat hotspot wifi menggunakan aplikasi.
Cara yang kedua yaitu menggunakan aplikasi connectifity. Aplikasi connectifity sebenarnya memiliki dua versi yaitu versi yang gratisan (lite) atau yang berbayar (Pro). Nah pada artikel kali ini admin forum komputer menggunakan aplikasi connectifity versi lite agar sobat tidak repot-repot membeli yang berbayar. 

  • Pertama sobat siapkan aplikasi connectifity lite yang bisa sobat unduh di situsnya langsung atau klik Disini. Setelah terunduh, silahkan sobat instal aplikasi connectifity seperti biasa sobat menginstal aplikasi pada windows.
  • Lalu setting dahulu dengan cara mengisi nama SSID Hotspot dan Password sesuai dengan keinginan sobat untuk mengaksenya nanti, contoh admin mengisi Hotspot dengan connectify-mu dan password yang mudah diingat.
  • Pada bagian Internet pilih jaringan koneksi internet laptop yang akan di sharing, karena kebetulan laptop yang admin gunakan untuk percobaan ini koneksi internetnya menggunakan WiFi bukan Modem GSM/CDMA ataupun Jaringan LAN/Kabel, maka pada bagian Internet ini admin memilih Wireless Network Connection.
  • Pada bagian Advanced biarkan saja apa adanya (default).
  • Kemudian klik tombol Start Hotspot untuk memulai menjadikan laptop sebagai hotspot. lihat contoh gambar dibawah ini.
2 Cara Menjadikan Laptop Sebagai Hotspot Wi-Fi Paling Mudah
  • Setelah semuanya di setting dan di isi dengan benar maka sekarang Laptop sobat sudah bisa menjadi Hotspot, untuk mencobanya silahkan sobat gunakan Devices yang lain seperti Iphone/Ipad dan sebagainya untuk terkoneksi melalui hotspot yang baru sobat buat tadi, atau ajak teman-teman untuk mencoba internetan lewat Hotspot sobat.
  • Untuk melihat/mengetahui siapa saja yang sedang terkoneksi/terhubung dengan Hotspot, silahkan klik Tab Clients. Disini terdapat 2 Devices yang sedang terhubung ke Hotspot laptop, lihat contoh gambar di bawah ini :
2 Cara Menjadikan Laptop Sebagai Hotspot Wi-Fi Paling Mudah

Dalam tutorial kali ini, admin menggunakan sistem operasi windows 7 ultimate 32bit, untuk pengguna windows lainnya seperti windows 8 atau 10, caranya sama saja. Jika ada pertanyaan, silahkan sampaikan dikolom komentar.
















Related Posts

2 Cara Menjadikan Laptop Sebagai Hotspot Wi-Fi Paling Mudah
4/ 5
Oleh