asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Tips Menghemat Baterai Laptop, Netbook Dan Notebook Paling Ampuh-Bagi sobat yang akan melakukan perjalanan jauh sambil membawa netbook, laptop ataupun notebook, sobat perlu memberikan ekstra perhatian pada baterai laptop sobat karena baterai adalah komponen yang cukup vital saat melakukan perjalanan jauh. Jangan sampai karena masalah pada baterai laptop membuat sobat tidak dapat bekerja secara maksimal. Bagaimana cara menghemat dan mengaturnya? Silahkan ikuti saja langkah-langkah berikut ini.

1. Power Scheme.
Asupan listrik pada laptop atau notebook sebenarnya dapat dibagi menjadi beberapa skema. Dengan membaginya dalam beberapa skema akan memudahkan sobat nantinya diperjalanan, bila misalnya sobat lupa mematikan atau tertidur. 
Tips Menghemat Baterai Laptop, Netbook Dan Notebook Paling Ampuh

Cara mengatur semua yang berkaitan dengan listrik notebook sobat ada dalam Control Panel, Power Options. Dihalaman pertama tentukan setiap beberapa menit layar sobat akan mati ketika tidak sedang di-charger atau ketika sedang di-charger, kapan hardisk akan diistirahatkan, serta kapan masuk ke dalam modul Stand-by. Setelah selesai mengaturnya, sobat dapat menyimpan pengaturan tersebut dengan menekan tombol Save As, berikan saja nama (dalam perjalanan).

2. Alarm.
Sobat juga dapat mengaktifkan alarm baterai sobat bila saja baterai sudah dalam keadaan kritis. Dengan begini, sobat yang sedang bermain atau bekerja akan segera mengetahui kapan harus mencari oulet listrik. Menu alarm tersedia disebelah menu Poer Scheme.
Tips Menghemat Baterai Laptop, Netbook Dan Notebook Paling Ampuh

Ada dua kondisi yang dapat diberikan alat, yaitu saat komputer dalam keadaan low bat dan saat baterai berada dalam kondisi kritis. Sebelum melakukan pengaturan, terlebih dahulu aktifkan opsi ini. Kemudian tentukan persentase yang dimaksud dengan baterai sedikit, dengan baterai kritis. Sebaiknya jangan menggunakan parameter yang terlalu kecil, agar sobat masih memiliki waktu untuk mencari oulet listrik ketika alarm memberikan sinyal.

3. Alarm 2.
Setiap peringatan dapat ditentukan dengan menekan tombol Alarm Action. Misalnya dengan memberikan tanda lewat suara/sinyal, hanya tampilan pada layar saja, bahkan komputer mengambil tindakan secara otomatis. Bila hanya ingin peringatan pada layar tanpa suara, berikan saja tanda centang atau ceklis pada Display messege.
Tips Menghemat Baterai Laptop, Netbook Dan Notebook Paling Ampuh

Jika ingin mendapatkan sinyal suara, berikan tanda pada sound alarm. Suara sound yang muncul dapat diubah pada control panel, Sound and Audio Device, sound, Critical bateray. Jika ingin melakukan tindakan khusus, pilihlah tindakan tersebut dalam drop down menu Alarm Action (untuk opsi standby, shutdown, dan hibernate). Bila ada aplikasi yang akan dijalankan pada kondisi itu, sobat dapat memilih aplikasi melalui tombol configure program.

4. Alarm 3.
Tombol configure program akan membawa sobat membuka taks scheduler yang mengatur jadwal aplikasi pada waktu atau kondisi tertentu. Saat taks scheduler terbuka, tekan tombol browse dan arahkan di mana program yang akan dijalankan disimpan.
Tips Menghemat Baterai Laptop, Netbook Dan Notebook Paling Ampuh

Bila ternyata aplikasi ini membutuhkan tambahan file khusus, maka pada Boks Start in tentukan lokasi dimana file tersebut berada. Pada kolom comment, sobat dapat menuliskan komentar sobat. Bila akan memberikan password pada aplikasi ini, sobat dapat menekan tombol Set password yang ada disebelah kanan Boks Run As. Kemudian tekan Ok.

5. Power Meter.
Power meter berguna untuk memungkinkan sobat memantau terus laju baterai yang sedang digunakan. Power meter ini akan terus memberikan informasi berapa persen energi listrik yang tertinggal dalam baterai yang tengah digunakan oleh laptop atau notebook sobat. Bila komputer sedang dalam kondisi di-charge, power meter akan memberikan informasi berapa energi yang telah disimpan baterai.
Tips Menghemat Baterai Laptop, Netbook Dan Notebook Paling Ampuh

Bila sobat yang menggunakan lebih dari satu baterai sekaligus, informasi yang terlihat memang hanya untuk baterai yang sedang digunakan. Untuk baterai lain yang dalam keadaan standby tidak terlihat. Untuk melihatnya, sobat harus memberikan tanda centang pada opsi Showq details for each baterai.

6. Advance.
Dalam menu ini aada beberapa hal yang dapat sobat lakukan, misalnya untuk memantau baterai dalam perjalanan agar tidak harus mondar-mandir buka control panel. Caranya adalah dengan memberikan tanda centang pada opsi Ahow Icon On The Taskbar.
Tips Menghemat Baterai Laptop, Netbook Dan Notebook Paling Ampuh

Sobat juga dapat mengatur beberapa aksi agar tidak merepotkan. Misalnya komputer akan otomatis mati pada saat sobat menutup layar laptop sobat. Caranya dengan memilih opsi shutdown pada drop down menu When I chose the Lid of My computer. Atau sobat juga dapat memberikan opsi lain pada saat tombol power ditekan yang ada dibawahnya.

7. Hibernasi.
Hibernasi adalah opsi yang cukup bijaksana digunakan bagi sobat yang berada ditengah perjalanan. Opsi ini dapat membuat komputer kembali menyala tanpa harus menunggu proses loading yang cukup lama. Untuk mengaktifkan opsi ini, komputer harus memiliki sedikit ruang pada hardisk C tempat dimana sistem operasi windows disimpan, sebab komputer akan terlebih dahulu merekam apa yang ada pada layar dan menyimpannya sebagai data di ruang itu.
Tips Menghemat Baterai Laptop, Netbook Dan Notebook Paling Ampuh

Info mengenai ruang kosong yang dibutuhkan komputer akan tertera pada halaman hibernate. DIbagian bawah akan ada keterangan beberapa cadangan ruang kosong yang harus dimiliki. Jika ternyata mencukupi, sobat dapat langsung mengaktifkannya dengan memebrikan tanda centang pada opsi hibernation.















































































Loading...