Tips Membuat PC/Komputer Baru Lebih Baik, Cepat, Kuat Dan Awet

Cara Membuat Komputer Bekerja Lebih Cepat-Mendapatkan PC baru, baik itu dikantor atau dirumah merupakan salah satu momen yang menyenangkan. Kita semua menginginkan PC yang lebih baik, dan lebih cepat. Namun, PC baru masih perlu di-tweak supaya bisa bekerja maksimal dan memberi sobat fondasi yang kuat untuk aplikasi di masa depan dan update operating system.

Sementara itu, bagi sebagian besar orang, browser dan World Wide Web merupakan "Killer Apps" dari PC modern. Internet adalah alasan mengapa sobat membeli PC (meski untuk mengakses internet, kita juga bisa menggunakan smartphone). Namun, terhubung ke internet tanpa memproteksi dan mem-patch PC, otomatis mengundang orang untuk menginfeksi PC sobat.
Tips Membuat PC/Komputer Baru Lebih Baik, Cepat, Kuat Dan Awet

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Sophos, kira-kira 50% kemungkinan PC yang tidak di-patch akan terinfeksi software jahat dalam 12 menit setelah terhubung ke internet. Begitu terinfeksi, hampir tidak mungkin untuk membersihkan PC kembali tanpa menginstalasi operating system secara keseluruhan (kita membatasi pembahasan pada PC windows untuk saat ini).

Supaya tidak frustasi karena harus menginstalasi ulang windows, sobat harus melakukan langkah yang diperlukan untuk meng-update, mengkonfigurasi, dan mem-patch PC sobat yang baru. Perlu diingat bahwa sebaru apapun PC sobat, tentu perlu di-patch dan dikonfigurasi.

Sekuriti untuk ber-internet.
Langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah memasang sekuriti yang diperlukan untuk koneksi ke internet. Work station kantor diinstalasi oleh administrator jaringan, sehingga sebagian besar sekuriti tersebut sudah terpasang, tetapi untuk PC rumah hal ini sangat penting. Menghubungkan PC ke internet tanpa memasang sekuriti akan dianggap orang luar sebagai undangan untuk menginfeksi PC sobat dengan virus, worm, atau trojan.

Aktifkan ClearType dan atur setting desktop.
Salah satu hal pertama yang dilakukan pada waktu kali pertama melihat PC windows baru adalah mengaktifkan ClearType pada display Properties. Buka Control Panel dan kemudian buka applet Display. Dari situ, buka Appearance dan klik tombol Effect. beri tanda centang kotak kedua untuk menghaluskan front dan pilih ClearType. Klik OK dan sobat akan melihat tampilan front dilayar lebih jelas. Untuk mata lelah, bisa mengurangi rasa pusing, terutama jika sobat menatap layar monitor sepanjang hari. Setelah mengintsalasi Microsoft PowerToys untuk mendapatkan tampilan yang lebih sesuai.

Dari situ sobat juga bisa mengatur ukuran icon windows, menampilkan isi jendela pada waktu menyeretnya, memilih themes, memilih model, dan ukuran front. Mereka semua bergantung selera, tetapi bagi kita yang menatap layar sepanjang hari, setting tersebut harus diatur.

Satu hal penting adalah mengubah warna latar teks. Default-nya adalah putih, tetapi sering kali terlalu terang. Ganti ke warna yang tidak terlalu putih untuk mengurangi intensitas dan sakit mata.

Konfigurasi Sistem File.
Kadang perusahaan software besar seperti Microsoft mengkonfigurasi software mereka untuk melindungi kita dari diri kita sendiri. Contohnya adalah tampilan sistem file pada windows Explorer, sistem tidak ditampilkan, ekstension file tidak ditampilkan, dan menggunakan icon yang besar bukannya daftar lengkap.

Beberepa dari setting ini mungkin bergantung pribadi masing-masing, tetapi jika ingin mengetahui betul PC dan windows atas dan bawah, depan sampai belakang, sobat perlu melihat semua informasi mengenai file yang ditampilkan pada setiap daftar yang sobat lihat.

Untuk mengatur tampilan file, buka windows explorer dan klik menu Tools, folder options, dan kemudian buka tab View. Selanjutnya, gulung daftar dan saci salah satu yang berbunyi "Show hidden files and folders". Admin sarankan juga supaya sobat memberi ceklis atau centang "Display the contents of the system folders" dan "Display the full patch in the address bar". Hilangkan tanda centang pada "Hide extensions for known file types" dan "Hide protected oeprating system files (recommended)".

Menampilan file sistem OS yang diproteksi bisa membahayakan jika sobat tipe orang yang suka menghapus file dan baru kemudian memikirkannya, tetapu sepanjang sobat berhati-hati admin rasa manfaatnya melebihi resikonya.

Setelah mendapatkan tampilan folder yang sobat inginkan, klik tombol Apply to all folders supaya tampilan berlaku ke semua folder.

Set Resolusi layar dan Hz serta DPI.
Sekali lagi, saran ini bergantung pada penglihatan masing-masing. Pergilah ke control panel dan buka applet Display. Sobat mungkin ingin mengubah Appearance atau mengaktifkan Screen Saver, tetapi yang menjadi perhatian adalah tab Setting. Resolusi yang ditentukan oleh proses instalasi (termasuk OS) bisa saja bukan resolusi terbaik untuk hardware atau mata sobat.

Untuk monitor LCD, resolusi harus sesuai dengan resolusi asli monitor itu sendiri. Resolusi asli mudah diketahui, itu adalah resolusi maksimum yang bisa ditampilkan monitor LCD. Untuk monitor jadul seperti CRT, resolusi harus diatur sesuai dengan kenyamanan mata sobat.

Untuk monitor ukuran 17 inci atau lebih biasanya menggunakan 1024X768. namun, setting sebenarnya yang masih tersedia ditentukan oleh hardware sobat, yang meliputi tidak hanya monitor tetapi juga video card.

Mungkin yang lebih penting dari resolusi adalah Dot per Inch (DPI) dan screen refresh rate. Ini bisa ditemukan pada tombol Advanced di display properties. DPI, yang bisa ditemukan pada tab General, mempengaruhi ukuran tampilan front. Defaultnya adalah 96 DPI, tetapi untuk resolusi di atasnya 1024X768 sebaikinya ubah DPI ke 120.

Kontrol screen refresh bisa ditemukan pada tab Monitor. Monitor sobat akan menentukan setting yang tersedia di situ, tetapi untuk CRT 17 inci atau lebih sebaiknya gunakan refresh rate lebih tinggi dari 75 Hz. Meskipun sobat tidak menyadarinya, layar monitor terus-menerus berkedip. Jika terlalu lambat kedipan tersebut bisa membuat sobat pusing dan sakit mata, terutama pada CRT, LCD sedikit berbeda. Mereka biasanya dibatasi sampai 60Hz, tetapi itu karena mereka menggunakan teknologi yang berbeda sehingga tekanan ke mata tidak begitu terasa.

Aktifkan Windows.
Pada waktu setup sobat akan diminta untuk mengaktivasi windows (pada linux, sobat akan diminta mendaftar). Dengan melakukan itu, akan memastikan operating system sobat bukanlah bajakan dan memberi fitur support yang lain termasuk forum dan FAQ.

Copy Shortcut Browser.
Bagi sebagian besar dari kita, daftar situs web favorit merupakan refleksi dari kehidupan kita. Itu lebih dari sekedar daftar tempat di World Wide Web, itu merupakan koneksi kita ke dunia virtual. Namun, begitu link dimasukkan kedalam browser sobat tidak perlu mengingat URL yang sering kali sulit tersebut.

Namun, karena tidak perlu mengingat, sobat bisa saja lupa. Inilah sebabnya menyalin browser sangat penting. Pada Microsoft egde ataupun firefox, fitur import/export bisa ditemukan pada menu file. Setelah sobat mengeskpor-nya ke suatu file, copy file tersebut ke PC baru dan kemudian import file tersebut ke browser pada PC yang baru.

Instal aplikasi yang dibutuhkan.
Jika PC yang baru ada ditempat kerja, maka kemungkinan besar aplikasi yang dibuthkan sudah terinstal. Namun untuk PC rumahan, masih ada perkejaan yang perlu dilakukan. Aplikasi yang diintslasi terserah sobat, tetapi tentu saja harus diseleksi. Contoh aplikasi yang harsu diintsal bisa sobat baca pada artikel berikut ini : Daftar aplikasi yang harus diinstal setelah instal ulang.

Setup E-mail dan Home Page.
E-mail client dan browser sudag terinstalasi, sekarang saatnya mengkonfigurasi mereka. Menentukan home page browser selain tidak sulit, tetapi juga perlu. Home page default untuk browser bukanlah kemana sobat ingin pergi setiap kali sobat menjalankannya. Konfigurasi E-mail client akan bergantung kepada aplikasi client dan service provider. Pada outlook, konfigurasi ada di menu tools, email accounts, yang memulai wizard yang akan memandu sobat menyelesaikan proses nya.

Simpan Sistem dan Registry.
Setelah PC yang baru di-setup sesuai dengan keingin sobat, luangkan waktu untuk mem-back-up hardisk dan menyimpan file sistem registry. Dengan membuat restore point, ini adalah keadaan dimana sobat bisa kembali jika terjadi sesuatu dimasa mendatang. Untuk membuat restore point secara manual, silahkan baca artikel berikut ini.

Buat Starter.
Sebelum melepas komputer yang lama, luangkan waktu untuk membuat starter yang berisi versi terakhir dari software antivirus sobat. Supaya lebih mudah dan murah gunakan AVG, tetapi jika sobat lebih memilih Norton atau MCAfee itu tidak menjadi masalah.

Untuk menghemat waktu nantinya, masukkan aplikasi sekuriti lain seperti Spybot Search & Destroy, Adware, dan seterusnya. Akan lebih baik jika sobat memasukkan driver yang mungkin sobat perlukan, driver untuk video card misalnya. Sobat juga harus memasukkan driver untuk perangkat yang nanti akan dihubungkan ke pC yang baru, seperti kamera, scanner, printer, dan perangkat game. Dengan memasukkan semu driver perangkat ke satu CD atau media penyimpanan lainnya, berarti sobat tidak perlu ke internet untuk mendapatkan mereka.

Hapus aplikasi promosi.
Setelah melewati proses setup awal dimana windows mengidentifikasi perangkat sobat mungkin diminta untuk mendaftar dan atau mengaktivasi operating system windows sobat, tunda dulu untuk sekarang, sobat bisa melakukannya nanti. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan sampah yang terapat di PC sobat. Sobat harus menghilangkan semua software promosi dan trial yang tidak akan digunakan.

Instalasi Software Antivirus.
Instal software antivirus yang menurut sobat paling bagus, tapi saran dari admin, silahkan sobat menginstal aplikasi antivirus apa saja tapi cukup satu dan itu harus sudah terupdate.

Aktifkan software firewall.
Sebelum sobat mulai ber-surfing didunia maya, silahkan sobat aktifkan firewall pada windows yang sobat gunakan terlebih dahulu untuk mencegah bahaya-bahaya yang ditimbulkan saat berselancar di dunia maya.

Buat password untuk account administrator.
Salah satu keamanan yang paling jelas adalah PC windows dengan akses administrator yang terbuka lebar ke direktori root. Sobat tidak ingin ada orang lain selain sobat yang mempunyai akses tidak terbatas ke setting pada PC sobat?. Password bisa saja dengan mudah dibobol oleh cracker yang terlatih, tetapi itu akan mencegah penyusup yang kurang berpengalaman.

Buat user account baru dengan password.
Ini hampir sama petingnya dengan mem-password account administrator. Untuk aktivitas biasa sehari-hari, sobat tidak perlu menggunakan account admin. Gunakan user account yang diproteksi password.

Demikian pembahasan mengenai tips membuat PC baru agar lebih baik, cepat dan aman. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.

Sumber : Majalah PC MEDIA.






































































































































































Related Posts

Tips Membuat PC/Komputer Baru Lebih Baik, Cepat, Kuat Dan Awet
4/ 5
Oleh