20 Bagian Bagian Motherboard Komputer Dan Fungsinya Lengkap Dengan Gambar

Komponen-komponen mainboard komputer-Motherboard atau papan induk komputer terdiri dari berbagai komponen yang satu dengan lainnya saling berkaitan. Secara garis besar, motherboard merupakan papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik yang saling terhubung satu dengan lainnya. 
20 Bagian Bagian Motherboard Komputer Dan Fungsinya Lengkap Dengan Gambar
Bagian-bagian motherboard komputer-Didalam motherboard inilah semua komponen-komponen terpasang seperti socket cpu, chipset, kapasitor, slot RAM dan masih banyak lagi. Untuk penjelasan selengkapnya mengenai pengertian motherboard dan fungsinya, silahkan baca artikel berikut ini : Pengertian motherboard dan fungsinya.

Pada artikel kali ini, admin forum komputer akan menjelaskan secara terperinci mengenai komponen-komponen atau bagian-bagian yang terdapat pada motherboard komputer. Artikel kali ini dikhususkan membahas motherboard komputer, untuk pembahasan bagian-bagian motherboard pada laptop akan dibahas pada artikel selanjutnya.


Bagian-bagian motherboard komputer.
1. Socket prosessor.
Socket prosessor merupakan sebuah tempat dimana prosessor itu berada. Socket prosessor biasanya berbentuk segiempat dan terdapat kaki-kaki pin di socket prosessor tersebut.
Socket prosessor
Istilah socket prosessor telah digunakan secara luas untuk menggambarkan konektor yang menghubungkan antara motherboard dengan prosessor.

2. 4/8 Pin power prosessor.
Bagian motherboard ini berfungsi menyalurkan daya pada prosesor, penggunaan 4 / 8 pin tergantung dari jenis motherboardnya sendiri dan daya yang dibutuhkan prosesor (TDP). 4 pin = 95 watt dan 8 pin = 125 watt.
 4/8 Pin power prosessor
3. Socket kipas prosessor.
Hampir sama seperti 4/8pin power prosessor, socket kipas prosessor juga berfungsi untuk menyalurkan daya dari power supply ke kipas prosessor atau yang biasa disebut HSF.
Socket kipas prosessor
4. Kapasitor/Elco.
Kapasitor (Capacitor) atau disebut juga dengan Kondensator (Condensator) adalah Komponen Elektronika Pasif yang dapat menyimpan muatan listrik dalam waktu sementara dengan satuan kapasitansinya adalah Farad. Satuan Kapasitor tersebut diambil dari nama penemunya yaitu Michael Faraday (1791 ~ 1867) yang berasal dari Inggris. Namun Farad adalah satuan yang sangat besar, oleh karena itu pada umumnya Kapasitor yang digunakan dalam peralatan Elektronika adalah satuan Farad yang dikecilkan menjadi pikoFarad, NanoFarad dan MicroFarad.
Kapasitor/Elco
5. Slot RAM.
Slot RAM merupakan tempat dudukan dari memory RAM itu sendiri, biasanya posisi slot RAM berada disamping socket prosessor.
Slot RAM
6. Slot Konector Kabel IDE.
Slot konector kabel IDE merupakan sebuah konektor jenis lama yang berbentuk memanjang dan memiliki pin-pin didalamnya.
Slot Konector Kabel IDE
7. Slot Konector SATA.
Slot konektor SATA merupakan slot terbaru untuk menghubungan motherboard dengan hardisk atau CD/DVD drive. Slot SATA berbentuk segitipanjang tapi lebih kecil dr slot konector IDE dan tidak terdapat pin-pin didalamnya.
Slot Konector SATA
8. 24 Pin power connector.
24 Pin power connector memiliki fungsi yang sangat vital yaitu menyalurkan arus listrik dari power supplye menuju seluruh bagian mothetboard.
24 Pin power connector
9. Slot PCI express 16X.
fungsinya adalah sebagai tempat dipasangnya VGA Card atau Graphic Card. Kebanyakan motherboard sudah pada menggunakan slot PCI Express untuk penghubung dengan kartu grafis, sedangkan teknologi lama untuk slot VGA adalah slot AGP.
Slot PCI express 16X
10. Slot PCI.
Digunakan untuk menyisipkan Add-on Card, seperti kartu LAN , Kartu Sound , dan kartu TV tuner .PCI adalah singkatan dari Peripheral Component Interconnect.
Slot PCI

11. Chipset Nortbridge.
Letaknya selalu dekat dengan soket prosesor, yaitu merupakan salah satu komponen penting dari motherboard. North Bridge adalah titik fokus dari motherboard, dan disebut juga dengan memory controller hub. North bridge terhubung dengan socket Processor, slot RAM serta slot AGP.
Chipset Nortbridge

12. Baterai CMOS.
Battery CMOS (Complimentary Metal Oxide Semicondutor) merupakan sebuah battery kecil yang digunakan untuk memberi daya pada BIOS dan juga untuk menyimpan semua settingan yang ada pada BIOS. Bentuk seperti battery jam tangan, hanya saja bentuknya yang lebih besar.
Baterai CMOS
Dengan mencabut battery tersebut dari motherboard, itu sama saja kita mengatur ulang settingan BIOS ke pengaturan default, karena semua data yang tersimpan pada battery CMOS tersebut akan hilang. Jadi, jika sobat lupa password BIOS sobat, cabut saja battery  CMOS.

13. Jumper.
Jumper pada sebuah komputer sebenarnya adalah connector (penghubung) sirkuit elektrik yand digunakan untuk menghubungkan atau memutus hubungan pada suatu sirkuit.Jumper juga digunakan untuk melakukan setting pada papan elektrik sepertimotherboard komputer.
Jumper
14. BIOS.
BIOS (Basic Input Output Sistem) merupakan sebuah chip yang berfungsi sebagai pengontrol perangkat keras yang terpasang pada komputer. BIOS bertanggung jawab atas kesiapan komputer dalam melakukan booting dengan mengecek hardware yang terpasang pada komputer.
BIOS
Saat ini, BIOS sudah mulai digantikan dengan UEFI yang hadir dengan teknologi yang lebih canggih. Secara fisik bentuk dari BIOS atau UEFI ini seperti chip, tempatnya pun tidak menentu di setiap jenis motherboard. Tetapi biasanya terdapat bacaan BIOS atau nama produsennya pada alasnya.

15. I/O Port.
Bagian ini biasanya dapat kita gunakan dari luar casing. Merupakan kumpulan port sebagai input maupun output data komputer. Terdiri dari USB, LAN, VGA, SERIAL, PS/2.
I/O Port
16. Pin konektor kabel usb depan dan pin kabel audio depan.
Kedua pin konektor ini fungsinya sama yaitu menghubungkan motherboar dengan port usb dan audio yang ada didepan casing komputer.

17. Slot AGP.
Fungsinya sama seperti slot PCI express 1X dan PCI express 16 kali yaitu tempat memasang peripheral tambahan seperti VGA hanya saja slot AGP merupakan teknologi lama yang saat ini sudah tidak digunakan.

18. Slot PCI dan Slot PCI Express 1X.
Slot PCI dan PCI Express x1 saluran 32 dan 64 bit standar local bus yang mengikat bus ekspansi yang digunakan untuk memasang beberapa macam jenis peripheral tambahan,  seperti untuk meletakkan komponen-komponen seperti VGA card, Sound Card, LAN card dan lain-lain.

Slot PCI Express memiliki dua macam jenis, yakni PCI Express x16 dan PCI Express x1. Slot PCI ini biasanya memiliki slot lebih dari satu pada komponen dalam motherboard komputer.

19. Mosfet.
Metal Oxide Semicondutor Field Effect Transistor atau disingkat MOSFET adalah komponen aktif berupa transistor khusus yang bertugas mengkonversi tegangan 12V dari PSU menjadi tegangan yang dibutuhkan. Komponen MOSFET ini adalah komponen VRM yang paling bekerja keras dan menghasilkan panas yang paling banyak akibat dari tugas konversi yang dilakukannya.
Mosfet
Banyak motherboard yang memiliki kerusakan pada VRM terjadi karena komponen MOSFET yang rusak, baik akibat overload karena pembagian tugas kurang akibat jumlah mosfet yang kurang banyak, overheat, atau kualitas yang memang kurang baik.

20. Chipset Southbridge.
komponen yang terakhir pada motherboard adalah chipset southbridge. chipset  ini merupakan jenis chipset yang  mengontrol bus IDE, USB, dukungan Plug and Play, menjembatani PCI dan Isa, mengontrol keyboard dan mouse, fitur power management dan sejumlah perangkat lainnya.
Chipset Southbridge
Namun untuk teknologi motherboard sekarang ini, untuk memangkas waktu transfer data dan untuk meningkatkan performa dari motherboard dan komponen-komponen lainnya, teknologi chipset southbridge telah dibenamkan atau ditanamkan dalam prosessor sehingga chipset southbridge sudah tidak ada lagi pada motherboard.

Demikian penjelasan mengenai bagian-bagian motherboard dan fungsinya, jika ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar.




Related Posts

20 Bagian Bagian Motherboard Komputer Dan Fungsinya Lengkap Dengan Gambar
4/ 5
Oleh