8 Fungsi Antivirus Yang Tersembunyi Belum Banyak Orang Tahu

8 Fungsi Antivirus Yang Tersembunyi Belum Banyak Orang Tahu

Pada program atau software antivirus di komputer/laptop selama ini selalu identik dengan software untuk membasmi virus saja. Namun, akan tetapi, seiring dengan perkembangannya zaman, kini antivirus memiliki banyak fungsi yang lebih komplek dibandingkan sebelumnya. untuk mengetahui apa saja Fungsi Antivirus Komputer, berikut ulasannya.

1. Menghentikan program-program yang dianggap berbahaya

Selain dapat menghapus berbagai macam virus komputer, Fungsi Antivirus Komputer juga dapat mendeteksi program-program yang dianggap berbahaya bagi sistem komputer. Pada umumnya, program-program atau software yang dianggap berbahaya oleh antivirus ini memiliki file eksistensi “.exe”. Jika terdapat file semacam itu di komputer sobat, maka antivrus akan otomatis mendeteksinya sebagai file yang berbahaya atau danger untuk kalian.

Bagi Anda yang sering melakukan installasi program atau software baru, sebaiknya Anda menonaktifkan terlebih dahulu antivirusnya. Sebab, semua jenis program yang memiliki file eksistensi “.exe” ini akan segera dieksekusi langsung oleh antivirus meskipun file tersebut tidak memilik virus komputer.

2. Memproteksi halaman website

Seiring dengan perkembangan jaringan komputer, kini antivirus pun dapat melindungi pengguna saat sedang berselancar di dunia maya. Memang sebagian besar virus komputer disebar melalui internet. Contohnya bisa kita lihat adanya virus malware yang menjangkiti beberapa browser belakangan ini. virus malware ini disebar melalui iklan yang dikunjungi oleh pengguna saat melakukan browsing di internet.

Banyak cara menghilangkan malware di browser dan cara menghilangkan malware iklan yang sering muncul dalam halaman website. Salah satu caranya adalah dengan memasang antivirus ini. Tidak hanya ampuh dalam menghapus malware, antivirus juga dapat mendeteksi ciri-ciri browser kena virus. Untuk antivirus yang sudah versi full atau pro, umumnya fitur ini sudah tersedia.

3. Pengganti firewall komputer

Salah satu Fungsi Antivirus Komputer ini adalah sebagai pengganti firewall pada komputer. Firewall umumnya sudah ada di dalam sistem komputer bawaan. Saat Anda menggunakan Sistem Operasi Windows, maka secara otomatis firewall ini akan terinstal. Hanya saja windows firewaal ini masih memiliki kelemahan pada beberapa virus tertentu. Maka dari itu, dengan adanya antivirus, fungsi firewall dapat lebih kuat.

4. Dapat melakukan pemindaian pada banyak komputer

Untuk jenis antivirus perusahaan, program antivirusnya dapat digunakan untuk melakukan pemindaian pada beberapa komputer. Hal ini bisa dikatakan 1 program antivirus dapat menjaga banyak komputer client dalam satu perusahaan. Bahkan, untuk melakukan update, komputer client tinggal melakukan update secara otomatis pada komputer server.

5. Dapat uninstall program secara tuntas

Umumnya, ketika kita akan menguninstal sebuah program, kita dapat melakukannya dengan menggunakan program Control Panel. Akan tetapi, kita tidak tahu apakah program yang telah diuninstal tersebut benar-benar terhapus atau masih meninggalkan banyak sampah program. Maka dari itu, dengan adanya update baru sebuah antivirus, sebuah program dapat dihapus secara permanen berserta sisa-sisa sampah didalamnya. Hal ini, umumnya terdapat pada antivirus yang sudah masuk tipe Pro.

6. Dapat mendetekasi ancaman virus di dalam email.

Komunikasi melalui email juga tidak luput dari perhatian antivirus. Kini dengan upgrade terbarunya, sebuah antivirus dapat mendeteksi bahkan dapat langsung mengeksekusi kiriman email yang mengandung virus. Hal ini bisa saja terjadi karena beberapa kasus ada yang membuka sebuah program yang ternyata isinya terdapat banyak virus melalui email. Hal ini sebetulnya tidak jauh berbeda dengan saat kita membuka sebuah situs yang mengandung banyak malware.

Pada umumnya, hampir semua antivirus saat ini dapat mendeteksi kemungkinan virus pada file-file kiriman dari email. Bahkan tidak hanya melalui email saja, sekelas pesan instan pun juga dapat dideteksi saat menggunakan antivirus ini. Contohnya saja seperti kiriman file melalui Whatsapp, Line, dan berbagai macam pesan instan lainnya juga termasuk bagian yang diawasi oleh antivirus.

7. Dapat mengunci program komputer

Ingin sebuah aplikasi tidak dapat dibuka oleh sembarangan orang? Kini Anda dapat melindunginya menggunakan antivirus. Beberapa upgrade yang dialkukan oleh beberapa pengembang antivirus di antaranya adalah dapat mengunci sebuah program. Tujuan penguncian program ini adalah untuk melindungi program tersebut dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Umumnya fitur ini hanya bisa dilakukan pada jenis antivirus yang berbayar.

8. Melindungi komputer dari perangkat yang terhubung

Sering saat kita memindahkan beberapa file menggunakan flashdisk, smartphone, atau perangkat lainnya, secara tidak sadar “kebersihan” perangkat tersebut perlu dipertanyakan. Kita tidak tahu apakah perangkat yang terhubung tersebut terdapat ada virus atau tidak. Maka dari itu, peran antivirus dapat melindungi komputer dari virus yang sudah terinfeksi sebuah virus. Biasanya, antivirus akan langsung melakukan scan secara otomatis setelah perangkat komputer dipasangkan.

Nah itulah beberapa fungsi - fungsi tersembunyi di antivirus yang banyak orang belum mengetahuinya. 8 fungsi antivirus komputer yang belum diketahui banyak orang. dari ulasan di atas, kita bisa simpulkan bahwa antivirus sekarang tidak hanya dapat melindungi komputer dari berbagai macam virus komputer yang berbahaya, tetapi juga dapat digunakan sebagai program tambahan untuk membantu user dalam kesehariannya menggunakan komputer. Anda bisa mempelajari cara menghapus virus trojan di PC atau  cara menghapus virus Trojan dengan Smadav di berbagai sumber terpercaya. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk pembaca semua.

Related Posts

8 Fungsi Antivirus Yang Tersembunyi Belum Banyak Orang Tahu
4/ 5
Oleh