asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Penyebab Dan Mengatasi Laptop Yang Hang Atau Not Responding Paling Jitu-Laptop atau komputer yang nge-hang, macet dan not responding memiliki banyak penyebab, jadi permasalah tersebut tidak selalu komponen itu-itu saja yang menjadi penyebabnya.
Penyebab Dan Mengatasi Laptop Yang Hang Atau Not Responding Paling Jitu
Diantara penyebab dari laptop atau komputer yang hang, macet dan not responding saat digunakan ialah :
1. RAM bermasalah.
Salah satu penyebab dari komputer yang hang atau not responding adalah ram komputer yang bermasalah. Bisa saja ram laptop atau komputer yang sobat gunakan kotor, berdebu atau memang rusak.

Cara mengatasi :
Perbaiki RAM sobat yang bermasalah, jika sudah tidak dapat diperbaiki silahkan ganti dengan yang baru.

2. VGA bermasalah.
VGA atau video graphic adapter merupakan perangkat atau komponen komputer yang berfungsi sebagai output visual atau gambar dan menampilkan dilayar monitor, jika VGA sobat bermasalah, bisa dipastikan sistem operasi sobat juga ikut bermasalah, salah satu tanda-tanda dari VGA yang bermasalah adalah nge-hang, macet dan not responding.

Cara mengatasi :
Jika VGA offboard atau addon yang bermasalah, coba lepaskan dan gunakan VGA onboard. Atau silahkan sobat perbaiki VGA yang bermasalah tersebut jika sobat paham masalah komputer.

3. Spesifikasi komputer atau laptop yang kurang memadai.
Jika sobat menjalankan game ataupun aplikasi desain grafis pada komputer atau laptop dengan spesifikasi dibawah standart dari game atau aplikasi yang dijalankan, sudah bisa dipastikan windows sobat akan nge-hang, lag, macet atau not responding.

Cara mengatasi :
Upgrade komputer sobat ke spesifikasi yang lebih tinggi agar komputer sobat tidak nge-hang, lag ataupun not responding.

4. Virus.
Virus yang menyerang komputer atau laptop sangat berbahaya bagi sistem operasi yang sobat digunakan, karena virus diciptakan untuk merusak. Banyak virus yang dapat membuat sisten operasi sobat menjadi hang atau not responding.
Penyebab Dan Mengatasi Laptop Yang Hang Atau Not Responding Paling Jitu
Cara mengatasi :
Hapus virus menggunakan antivirus yang terupdate agar dapat mendeteksi virus yang masuk ke komputer sobat. Kenapa perlu menggunakan antivirus yang terupdate? Karena tidak semua antivirus dapat mengenali virus yang menyerang komputer sebelum virus yang masuk ke komputer sobat telah ada database nya pada antivirus yang sobat gunakan. Jadi percuma saja jika sobat menggunakan atau menginstal banyak antivirus namun tidak terupdate sama sekali.

5. Arus listrik tidak stabil.
Komputer membutuhkan arus listrik yang stabil untuk dapat terus dijalankan, jika tiba-tiba saja arus listrik mendadak kehilangan daya maka sangat berpengaruh terhadap komputer sobat, salah satu masalah yang disebabkan oleh arus listrik yang tidak stabil adalah komputer menjadi hang, restart sendiri atau bahkan bisa mati sendiri.

Tapi masalah arus listrik tidak berlaku pada laptop, meskipun sobat menggunakan laptop sambil dichas dan tiba-tiba arus listrik bermasalah maka tidak berpengaruh terhadap laptop sobat karena pada perangkat laptop terdapat baterai laptop yang salah satu fungsinya adalah menyetabilkan arus listrik.

Cara mengatasi :
Gunakan UPS untuk menstabilkan arus listrik dari PLN ke komputer sobat. Selain berfungsi untuk menstabilkan arus listrik, UPS juga mampu menyimpan arus listrik beberapa menit sehingga saat terjadi mati listrik, komputer sobat tidak langsung ikut mati karena arus listrik dapat di cover oleh UPS. Jika dirasa terlalu mahal untuk membeli UPS, sobat bisa menggunakan stabilizer untuk menstabilkan arus listrik yang masuk ke komputer.

6. Panas atau overheat.
Panas merupakan salah satu musuh utama perangkat komputer atau laptop, komputer atau laptop yang memiliki suhu tinggi bisa menyebabkan sistem operasi menjadi nge-hang, macet-macet dan not responding.
Penyebab Dan Mengatasi Laptop Yang Hang Atau Not Responding Paling Jitu
Cara mengatasi :
Jaga suhu komputer atau laptop sobat agar tidak terjadi overheat/panas berlebih. Untuk pengguna laptop, sobat bisa menggunakan coolingpad untuk menstabilkan panas.

7. Terlalu banyak program atau aplikasi yang terinstal.
Program atau aplikasi yang terlalu banyak diinstal pada komputer, sedangkan memory penyimpanan komputer sobat hanya sedikit dapat menyebabkan komputer menjadi hang.

Cara mengatasi :
Hapus aplikasi atau program yang dirasa tidak diperlukan, atau sobat juga bisa menguprgade memory penyimpanan sobat ke kapasitas yang lebih lega.

8. Badsektor pada hardisk.
Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh perangkat hardisk ialah badsektor, badsektor sangat berpengaruh dengan kinerja dari hardisk itu sendiri. Hardisk yang sudah terkena badsektor dapat menyebabkan komputer nge-hang, macet dan not responding.

Cara mengatasi :
Badsektor pada hardisk tidak bisa diperbaiki, namun sobat dapat menyiasati badsektor pada hardisk dengan cara melewati pembacaannya.

9. Terlalu banyak program yang berfungsi sebagai "Security program".
Security program seperti program antivirus dan firewall merupakan aplikasi tambahan yang harus ada pada laptop, dengan catatan jangan terlalu berlebihan. Misal dengan menginstall 2-3 program antivirus sekaligus. Terlalu banyak program yang berfungsi sebagai security malah menjadikan komputer sobat menjadi lelet, atau bisa saja nge-hang.

Cara mengatasi :
Cukup instal satu program security tapi dengan catatan program yang berfungsi sebagai security tersebut harus selalu terupdate dengan database yang baru jika developer program tersebut merilis update.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.



Loading...