asads
U2FsdGVkX1+oAnwbnskvya69szTjdFpGybhS2NzdrKHSjoJTr08Mjc5tbPuHiBiBO8XlWYvlkceixZrnmV7xdQ==

Baca Juga

Pengertian Dan Perbedaan Photoshop CS dan CC-Apa sih pengertian dan perbedaan antara photoshop CS dan CC? Kenapa harus ada dua versi? Bagus mana antara Photoshop CS atau CC? Dan segudang pertanyaan yang mungkin ada dibenak sobat saat baru pertama kali tahu adanya Photoshop CS dan Photoshop CC.
Pengertian Dan Perbedaan Photoshop CS dan CC

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan sobat, kali ini admin forum komputer akan membahas mengenai pengertian dan perbedaan photoshop CS dan photoshop CC. Berikut penjelasan selengkapnya.

Pengertian Adobe Photoshop CS (Creative Suite).
Adobe Photoshop atau biasa disebut Photoshop adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto dan bersama Adobe Acrobat dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. 

Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 , versi keduabelas adalah Adobe Photoshop CS5 , versi (ketigabelas) adalah Adobe Photoshop CS6, dan Versi yang selanjutnya adalah versi(keempatbelas) Adobe Photoshop CS7 . 

Pengertian Adobe Photoshop CC (Creative Cloud).
Sekilas, dari tampilannya, Adobe Photoshop CC memiliki kemiripan 'wajah' dengan Adobe CS6. Dengan balutan warna abu-abu tua dan penempatan tombol-tombolnya juga masih sama seperti versi sebelumnya.

Namun, apabila coba digali lebih dalam, Adobe Photoshop CC ini merupakan senjata yang ampuh bagi para fotografer dan ahli desain karena Adobe sudah melengkapi produk satu ini dengan segudang fitur baru yang tidak dipunyai versi-versi sebelumnya.

Dikutip dari IT Proportal (20/07), terdapat beberapa fitur baru yang dibawa oleh Creative Cloud ini salah satunya adalah fitur yang mungkin akan sangat berguna unuk membantu para fotografer dalam mengedit sebuah foto menjadi lebih baik.

Fitur yang dinamakan Camera Shake Reduction ini dapat menganalisis sudut-sudut kabur dalam sebuah foto dan kemudian menambahkan pixel-pixel yang kosong agar gambar blur itu menjadi lebih tajam. 

Tidak hanya itu saja, pengguna Creative Cloud juga dapat menggunakan tools baru seperti Blur Trace Bounds, Smoothing dan Artifact Suppression. Fitur-fitur ini berfungsi sebagai pencari letak pixel yang menimbulkan gambar kabur dan menajamkannya.
Pengertian Dan Perbedaan Photoshop CS dan CC

Perbedaan antara Photoshop CS dan CC.
1. Jika dilihat dari sisi instalasi.
Untuk sisi intalasinya, Photoshop CS dipasang pada Harddisk layaknya software pada umumnya. Maka dari itu, spesifikasi komputer yang disarankan harus bisa menjalankan Adobe Photoshop versi CS ini.

Untuk Photoshop CC, sobat tidak perlu harus instal softwarenya di komputer maupun laptop. jika sudah memiki lisensinya, masuklah ke halaman website Adobe Creative Cloud dan sobat dapat menggunakannya secara langsung. Hebatnya lagi, sobat dapat mengatur siapa saja yang boleh menggunakan Photoshop CC ini. dengan begitu, aplikasi ini tidak bisa dipakai sembarangan orang.

2. Jika dilihat dari sisi licensi.
Perbedaan yang kedua adalah dari sisi lisensi. Ternyata baik CS maupun CC memiliki sistem lisensi yang berbeda saat sobat membelinya secara resmi. Untuk Photoshop CS, lisensi yang diberikan dapat digunakan seumur hidup. Artinya, saat sobat membeli software ini, sobat dapat menggunakannya tanpa batas lisensi. Selain itu, Photoshop CS ini dapat digunakan pada dua komputer sekaligus.

Sedangkan pada Photoshop CC, lisensi yang diberikan memiliki jangka waktu tertentu. Lisensi yang diberikan sangat bergantung pada jenis photoshop yang digunakan yakni bisnis, desain, serta untuk pendidikan. Jangka waktu yang diberikan pun bermacam-macam. ada yang hanya tiga bulan, enam bulan, bahkan sampai satu tahun. Setelah lisensinya habis, maka sobat harus melakukan perpanjangan lagi dengan membayar uang tertentu.

3. Jika dilihat dari sisi fitur bawaan.
Baik Photoshop CS dan CC memiliki fitur-fitur pendukung yang bisa digunakan untuk mengedit sebuah gambar. Hanya saja, baik CS maupun CC memiliki perbedaan pada bagian fitur. Jika kita melihat dari sisi kelengkapan, Photoshop CC memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan versi CS.

Pada Photoshop CC, terdapat sebuah panel untuk melakukan editing pada bagian shape. Hal ini mampu membantu pengguna untuk memaksimalkan hasil edit foto menjadi lebih baik. Selain itu, pada Adobe Photoshop CC, terdapat  multipath, seleksi shape, dan juga smart sharpen yag jauh lebih unggul dibandingkan versi CS.

4. Jika dilihat dari sisi penyimpanan data.
Karena menggunakan memori Harddisk, maka Photoshop CS hanya dapat menggunakan memori internal yang ada di dalam komputer dan laptop. jika  memori hardisk yang digunakan sangat besar, maka semakin lega dalam menyimpan data-data yang dihasilkan dari Adobe Photoshop CS. Untuk transfer data pun masih menggunakan alat-alat pendukung lainnya seperti flashdisk ataupun email. Akan tetapi, dengan catatan komputer yang bersangkutan harus terinstal program Adobe photoshop juga untuk melakukan pengeditan.

Untuk Adobe Photoshop CC, semua aktivitas sangat bergantung dengan jaringan internet. Penyimpanan data pun dapat dilakukan menggunakan sistem cloud. Photoshop CC menyediakan penyimpanan data sebesar 20GB. Data sebesar itu cukup untuk menyimpan hasil kerja menggunakan Photoshop CC. Jika ingin dikerjakan oleh rekan lain, sobat tinggal memberi akses izin untuk memakainya seperti pada poin kedua dan rekanmu memiliki akses internet yang memadai.

5. Jika dilihat dari sisi tambahan aplikasi.
Pada Phostoshop CC, terdapat program baru yang bernama Lightroom. Lightroom ini memiliki fungsi untuk memberikan filter serta efek editing pada bagian fotografi. Sayangnya fitur lightroom ini tidak ditemukan pada Adobe Photoshop.

Bisa kita simpulkan bahwa Adobe Photoshop CC lebih fokus pada aplikasi secara online sedangkan Adobe Photoshop CS lebih banyak lebih fokus untuk aplikasi secara offline. Meskipun terlihat versi CC memiliki keunggulan yang lebih banya dibandingkan versi CS. Namun hal tersebut dikembalikan pada kebutuhan kamu sebagai pengguna.

6. Jika dilihat dari sisi harga.
Untuk masalah harga, hal ini sangat berhubungan dengan lisensi yang sudah dibicarakan sebelumnya. Untuk Adobe Photoshop CS, harga lisensi resminya bisa mencapai jutaan rupiah. Meskipun dari sisi harga tergolong sangat mahal, namun sobat dapat memakai program ini seumur hidup seperti yang dijelaskan pada poin pertama.

Untuk Photoshop CC, harga yang diberikan lebih murah karena sistem lisensinya lebih mirip dengan menyewa aplikasi. Harga sewanya sendiri rata-rata  ratusan ribu rupiah. Harga tersebut bergantung dengan jangka waktu lisensi yang dipakai. Semakin lama jangka waktu yang diberikan maka semakin tinggi harganya. 



























Loading...